7 Keutamaan Zakat yang Wajib Kamu Tahu!

Zakat ialah ibadah wajib bagi umat Islam yang memiliki banyak keutamaan luar biasa di dalamnya. Ibadah ini hukumnya fardhu ‘ain atau wajib. Apabila seseorang menjalankannya, maka Allah akan melipatgandakan pahala untuknya, pun bagi seseorang yang tidak menunaikan zakat padahal mampu, sungguh azab Allah sangat pedih.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala banyak menyeru kepada manusia dalam firman-Nya untuk senantiasa berzakat. Selain menghapus dosa-dosa kita yang telah lalu, zakat juga mampu membuka pintu rezeki yang lebih luas lagi.

Di antara banyaknya keutamaan dari zakat, Pondok Yatim dan Dhuafa telah merangkum 7 keutamaan berzakat bagi umat Islam yang wajib diketahui.

1. Diampuni Dosa-dosanya

Keutamaan zakat yang pertama ada pada janji Allah Subhanahu Wa Ta’ala, bahwa barangsiapa yang beriman kepada-Nya dan Rasul utusan-Nya serta menunaikan zakat, maka akan diampuni dosa-dosanya dan dimasukkan ke dalam surga. Janji Allah kepada orang yang berzakat termaktub dalam Al-Quran surah Al-Maidah ayat 12 berikut:

وَلَقَدْ أَخَذَ اللَّهُ مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ وَبَعَثْنَا مِنْهُمُ اثْنَيْ عَشَرَ نَقِيبًا وَقَالَ اللَّهُ إِنِّي مَعَكُمْ لَئِنْ أَقَمْتُمُ الصَّلَاةَ وَآتَيْتُمُ الزَّكَاةَ وَآمَنْتُمْ بِرُسُلِي وَعَزَّرْتُمُوهُمْ وَأَقْرَضْتُمُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا لَأُكَفِّرَنَّ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَلَأُدْخِلَنَّكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ فَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَلِكَ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاءَ السَّبِيلِ

“Dan sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka orang pemimpin dan Allah berfirman: Sesungguhnya aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Ku-masukkan ke dalam surga yang mengalir air di dalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus.”

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Seperti yang kita tahu bersama, zakat merupakan bagian dari rukun Islam yang ketiga. Dengan menunaikan zakat berarti kita telah meraih salah satu keutamaannya yakni lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sebagai seorang hamba, menjalani kewajiban berzakat juga berarti menunjukkan ketaatan kita kepada Rabb yang Maha Pengasih.

3. Menyempurnakan Ibadah Rukun Islam

Zakat merupakan bagian dari pondasi rukun islam yang ketiga, setelah syahadat dan salat. Dengan menunaikan zakat, maka akan semakin sempurna ibadah seseorang dalam menjalankan perintah-Nya. Tentu hal ini menjadi tujuan utama setiap muslim demi meraih ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Baca Juga : Keutamaan Sedekah Untuk Buka Puasa Anak Yatim dan Dhuafa

4. Sifat Penghuni Surga

keutamaan zakat

Menunaikan zakat juga merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh para penghuni surga. Sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah berfirman dalam Al-Quran surah Adz-Dzariyat ayat 15-19, yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (jannah) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.”

5. Membuka Pintu Rezeki

 keutamaan zakat 1

Keutamaan berzakat lainnya yang Allah janjikan yakni dapat membuka pintu rezeki. Sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah berfirman dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 276:

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.”

Sesungguhnya, Allah memerintahkan manusia untuk senantiasa bersedekah, termasuk zakat dan melarang keras kepada setiap umat manusia untuk melakukan riba. Karena sejatinya, sedekah itu tidak akan mengurangi harta, menambah keberkahan dan membuka pintu rezeki kita lebih luas lagi.

6. Mensucikan Harta dan Jiwa

Sahabat, harta yang kita punya sejatinya hanyalah titipan dari Yang Maha Memiliki. Di dalamnya ada bagian untuk mereka yang lebih berhak menerimanya. Sebab itu, Allah menurunkan perintah kepada manusia untuk berzakat guna membantu mensucikan harta kita dari zat yang tidak halal dan mensucikan jiwa manusia dari sifat kikir dan serakah.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al Qur’an surah At-Taubah ayat 103, yang berbunyi:

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

“Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

Dengan membayar zakat, juga membantu umat muslim untuk lebih peduli dengan sesama.

7. Mendapat Naungan Allah Pada Hari Kiamat

keutamaan zakat 2

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, bagi seseorang yang bersedekah (zakat), Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan menaungi atau memberikan perlindungan untuknya dari panasnya hari Kiamat kelak.

Dari Abu Hurairah radliallahu‘anhu dari Nabi Shallallahu ’Alaihi Wasallam bersabda: “Ada tujuh (golongan orang beriman) yang akan mendapat naungan (perlindungan) dari Allah di bawah naungan-Nya (pada hari kiamat) yang ketika tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu; …, seseorang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dikeluarkan oleh tangan kanannya, ….” (HR. Bukhari No. 660)

Pelajaran yang bisa kita ambil dari hadits di atas, bahwa dengan menunaikan zakat akan melindungi seseorang dari gejolak panas di Padang Mahsyar yang siapa pun itu pasti tidak akan sanggup menghadapinya kecuali dengan naungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

Itulah 7 keutamaan zakat yang banyak membawa manfaat bagi kita. Keutamaan berzakat tidak hanya kita dapatkan manfaatnya dalam urusan duniawi saja, tapi kelak di akhirat juga. Selain 7 keutamaan di atas, membayar zakat juga dapat membuat kita lebih bersyukur atas harta yang kita miliki dan menyebarkan pengaruh kebaikan untuk sesama. 

Sahabat Pondok Yatim dan Dhuafa, jangan lupa untuk menunaikan kewajiban zakat, baik zakat fitrah maupun zakat mal apabila telah memenuhi syarat wajib menunaikan ya. Salah satunya berzakat di Pondok Yatim dan Dhuafa. Dengan menunaikan zakat, mudah-mudahan rahmat dan ridho Allah Ta'ala senantiasa menyertai kita.