Manfaat Tanaman Lidah Buaya

Tanaman sejak zaman dahulu sudah dijadikan bahan pengobatan alternatif termasuk di dalamnya tanaman lidah buaya atau yang dikenal dengan aloe vera. Berikut pembahasan mengenai manfaat tanaman lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan.

Tanaman Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya mendapat julukan “makanan keabadian” karena sudah ada dan digunakan sejak zaman bangsa mesir kuno di tahun 1500 M. Tidak hanya itu, pada abad pertengahan lidah buaya diperkenalkan ke eropa oleh para penjajah spanyol kemudian tanaman ini menyebar ke seluruh dunia dan menjadi populer sebagai tanaman hias dan obat.

Selanjutnya pada abad ke 20, lidah buaya mulai dipelajari secara ilmiah dan banyak bermunculan produk-produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai bahan utamanya. Saat ini, lidah buaya dianggap sebagai tanaman multi manfaat yang memiliki berbagai khasiat dalam dunia kesehatan dan kecantikan.

Kandungan dan Manfaat Lidah Buaya

Aloe vera berbadensis yang merupakan nama ilmiah dari lidah buaya memiliki banyak senyawa aktif seperti saponin dan athrakuinon. Selain itu kandungan lainnya yakni enzim, vitamin B1, B2, B6, B12 dan C, Kalium, Mangan, Seng, Polisakarida, Asam amino, Lemak, Karbohidrat, dan Flavonoid. Semua kandungan ini memilki manfaat masing-masing untuk kesehatan tubuh.

1. Lidah Buaya untuk Penyakit Lambung

manfaat tanaman lidah buaya

Kandungan giberelin dan polisakarida pada lidah buaya mampu mengatasi penyakit tukak lambung atau luka pada saluran pencernaan lainnya serta mampu mengobati penyakit radang pada tenggorokan. Sebuah buletin farmakologi belanda menyebutkan bahwa efek pencahar dari lidah buaya disebabkan oleh kandungan glikosida, yaitu zat aktif aloin yang diubah menjadi emodin dan pentose di dalam usus kecil.

2. Lidah buaya untuk Kesehatan Saluran Pernapasan

Tanaman lidah buaya berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan anti inflamasi, Kandungan pada ekstrak lidah buaya mampu menghambat bakteri Staphylococcus aureus dan Shigela sehingga mengefektifkan tanaman ini sebagai obat untuk saluran pernapasan, pencernaan dan infeksi saluran kencing.

Baca Juga Jus Buah dan Sayur untuk Kesehatan Tubuh

3. Obat untuk Diabetes dan Hipertensi

Lidah buaya juga digunakan sebagai obat diabetes karena kandungan mukopolisakarida di dalamnya. Penggunaan lainnya yakni untuk komplikasi diabetes seperti hipertensi karena kandungan flavonoidnya mampu menghambat jalannya ACE Inhibitor sehingga menurunkan kadar angiostensisn II. Angiostensisn II adalah pengatur cairan yang masuk kedalam ginjal, jika kadar angiostensisn menurun maka terjadi vasodilatasi dari pembuluh darah, akhirnya tekanan darah akan menurun.

4. Merawat Kulit & Mengurangi Tanda Penuaan

lidah buaya

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aloe vera memiliki anti-inflamasi, anti-oksidan dan anti-mikroba yang mampu membantu merawat kulit, mengurangi peradangan dan melindungi kulit dari infeksi. Tidak hanya itu, Senyawa anti-oksidan pada lidah buaya mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

5. Merawat Rambut

Rambut adalah asset berharga tidak hanya bagi wanita tetapi juga bagi para pria. Penggunaan lidah buaya bermanfaat merawat rambut karena didalamnya terdapat kandungan enzim proteolitik yang mampu membersihkan kulit kepala, merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah ketombe.

Selain kaya akan manfaat, tanaman lidah buaya juga mudah ditemukan di tanaman sekitar lingkungan rumah. Meski begitu, pengolahannya secara mandiri juga harus sesuai prosedur kesehatan.