Dikutip dari Al-Quran, Berikut 8 Nama Neraka Beserta Para Penghuninya

Sahabat, apa yang terlintas di pikiran kalian saat mendengar kata ‘Neraka’? Dapat dipastikan yang terlintas adalah tempat menyeramkan, tempat yang dipenuhi api yang sangat panas, tempat disiksanya orang-orang jahat dan hal mengerikan lainnya. Semua pernyataan itu benar. Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah mendeskripsikan gambaran neraka secara jelas melalui ayat-ayat dalam Al-Quran. 

Kata neraka berasal dari bahasa Arab yaitu “naar” yang artinya api atau gejolak. Sedangkan menurut istilah, neraka merupakan tempat pembalasan yang disediakan untuk orang-orang yang tidak mau taat kepada aturan Allah serta mengingkari para Nabi dan Rasul.

Banyak disebutkan dalam Al-Qur’an, bagaimana Allah SWT memaparkan kondisi neraka, rupa dan perilaku malaikat penjaganya serta para manusia yang kelak akan menghuninya. Dalam firman-Nya, neraka dikatakan sebagai seburuk-buruk tempat kembali. 

Dikutip dari Al-Quran, berikut ini 8 nama neraka beserta kriteria orang-orang yang akan menghuninya :

1.  Neraka Jahannam

8 nama neraka beserta penghuni

Jahannam adalah salah satu nama neraka yang paling banyak disebut dalam Al-Qur'an. Neraka Jahannam merupakan tingkatan neraka yang paling tinggi, yakni hunian yang diperuntukkan bagi orang-orang yang durhaka kepada Allah SWT dan para utusan-Nya (Nabi dan Rasul).

Sebagaimana firman Allah dalam surah Maryam ayat 86, yang artinya, “Dan Kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahannam dalam keadaan dahaga.”

Dikutip juga dari beberapa ayat di Al-Quran tentang penghuni yang mendekam selamanya di neraka Jahannam, di antaranya orang-orang munafik, orang yang mengabaikan perintah-Nya dan menjalankan larangan-Nya (kafir) hingga orang yang bakhil atau pelit.

Di dalam neraka Jahannam, mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya, tidak pula mendapat minuman, kecuali air yang mendidih atau nanah. Inilah pembalasan yang setimpal bagi orang-orang yang melampaui batas berdasarkan firman Allah SWT, surah An-Naba ayat 21-26.

2.  Neraka Lazha

Dikutip dari Al-Quran surah Al-Ma’arij ayat 15, kata ‘Lazha’ bermakna api yang bergejolak. Neraka Lazha diperuntukkan bagi mereka yang suka mengumpulkan harta benda lalu menyimpannya untuk diri mereka sendiri dan tidak mau bersedekah. Begitu pula dengan mereka yang berpaling dari perintah Allah dan Rasul-Nya. Mereka kekal di dalam neraka Lazha, yang di dalamnya berisi api yang bergejolak yang dapat mengelupaskan kulit kepala. Penjelasan akan neraka Lazha tertera di dalam Al-Quran surah Al-Ma’arij ayat 15-19. 

3.  Neraka Hutamah

Neraka Hutamah adalah salah satu neraka yang disebutkan dalam Al-Quran. Kata ‘Hutamah’ dapat berarti hancurnya sesuatu. Oleh karena itu, para penghuni neraka Hutamah akan dibuat merasakan kehancuran oleh api yang membakar seluruh bagian tubuh sampai ke hati mereka.

Allah SWT menyediakan neraka Hutamah bagi manusia yang suka mencela, menumpat, perhitungan akan harta yang dimilikinya serta tidak mau bersedekah. Di dalam sini, mereka yang kikir akan dikumpulkan bersama harta bendanya dan diikat pada tiang-tiang panjang kemudian dibakar. Penjelasan mengenai neraka Hutamah tertulis dalam Al-Quran surah Al-Humazah ayat 1-9.

Baca Juga : Qurban Sebagai Sarana Pembersihan Hati dan Mendekatkan Diri Kepada Allah

4.  Neraka Jahim

Neraka Jahim merupakan sebuah tempat di dasar jurang yang diisi dengan api besar yang menyala-nyala. Neraka ini diperuntukkan bagi orang-orang musyrik, yaitu mereka yang menyembah kepada selain Allah SWT (syirik). Sewaktu di dunia, mereka menyembah berhala dan mendustakan ayat-ayat Allah. Sesuai firman-Nya dalam surah Asy-Syuara ayat 91-95, orang-orang yang menyekutukan Allah SWT akan diazab bersama berhala yang mereka sembah kala itu.  

Dalam Islam, syirik adalah salah satu dosa terbesar. Perbuatan syirik dapat diartikan menyembah kepada selain Allah SWT atau percaya bahwa ada makhluk yang lebih hebat atau setara dengan Allah. Syirik adalah dosa yang tidak akan diampuni oleh Allah, kecuali pelakunya bertaubat nasuha. 

5.  Neraka Saqar

Neraka Saqar adalah tempatnya api yang menyala-nyala hingga menghanguskan kulit manusia. Allah SWT memperingatkan di dalam surah Al-Muddassir ayat 42-46, bahwa neraka Saqar adalah hunian bagi manusia yang tidak shalat, tidak memberi makan orang miskin, orang yang berbincang perihal keburukan dan yang tidak percaya akan datangnya hari pembalasan.

6.  Neraka Sa'ir

8 nama neraka beserta penghuni

Dalam bahasa Arab, kata ‘Sa’ir’ artinya menyala, sesuatu yang berkobar, dan tidak padam sejak diciptakan. Karena itu, neraka Sa’ir dapat diartikan sebagai tempat dengan api yang membara.

Neraka Sa’ir adalah peringatan bagi orang-orang yang tidak membayar zakat padahal mampu, memakan harta anak yatim, menentang dakwah nabi dan rasul, serta memakan harta yang bukan haknya (korupsi).

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surah An-Nisa ayat 10, bahwa orang-orang yang memakan harta anak yatim akan diisi perutnya dengan api.

“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).”

Baca Juga : Mengenal Assabiqunal Awwalun, Golongan Orang Pertama yang Memeluk Islam

7.  Neraka Wail

Wail adalah neraka yang diperuntukkan bagi orang-orang yang licik dan suka berlaku curang dalam berniaga. Contohnya, para pengusaha atau pedagang yang suka mengurangi takaran timbangan, berbohong mengenai kondisi barang dagangan agar mendapatkan keuntungan.

Hal ini telah disebutkan dalam Al-Quran surah Al-Muthaffifin ayat 1-3, yang artinya:

“Celakalah bagi orang-orang yang curang, (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi. Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi.”

Apabila berbuat demikian, Allah akan membalasnya dengan membakar seluruh barang dagangan mereka dan memasukkannya ke dalam mulut mereka.

8.  Neraka Hawiyah

Disebutkan dalam beberapa ayat dalam Al-Quran bahwa neraka Hawiyah adalah neraka yang berada di tingkatan paling dasar (bawah). Dikutip dari surah Al-Qari’ah ayat 10-11, Allah SWT menyebutkan bahwa neraka Hawiyah merupakan api yang sangat panas. Maksudnya, panas api dari neraka Hawiyah amat sangat dahsyat, panasnya melebihi dari semua api yang dikumpulkan dari seluruh dunia.

Kriteria manusia yang kekal menghuni neraka Hawiyah adalah mereka yang lebih ringan timbangan amal baiknya dan lebih berat timbangan amal buruknya ketika ditegakkan Al-Mizan. Mereka berasal dari termasuk golongan orang-orang munafik, yaitu mereka yang mengaku beriman padahal hati mereka kufur.

Api di dalam neraka Hawiyah berwarna hitam dan sudah terbakar 1.000 tahun lamanya waktu akhirat. Api ini tentu sangat panas dan menjadikan apa saja yang masuk ke dalamnya hancur lebur. Wallahu a’lam.

.

Sahabat, di atas merupakan 8 nama neraka yang disebutkan dalam Al-Quran. Sesungguhnya, Allah SWT telah menurunkan wahyu kepada para utusan-Nya sebagai pembawa kabar gembira sekaligus pemberi peringatan.

Karena sejatinya manusia diciptakan oleh Allah hanya untuk beribadah kepada-Nya. Apabila manusia enggan beribadah kepada Allah dan mendustai ayat-ayat-Nya, sungguh azab Allah sangat pedih. Semoga kita termasuk hamba-hamba yang dijaga oleh Allah SWT dari panasnya api neraka.