Waktu Emas untuk Bersedekah yang Sering Terlupakan

Allah SWT menyediakan waktu 24 jam dalam sehari untuk hambanya melakukan amal kebaikan, salah satunya bersedekah. Tapi, Tahukah kamu, bahwa ada satu waktu emas untuk bersedekah yang sering terlupakan? 

Tentang Waktu

Siang dan malam silih berganti Allah ciptakan agar manusia dapat mempergunakannya dengan baik mulai dari aktivitas bangun tidur, beribadah, bekerja dan aktivitas lainnya agar manusia terus berkembang menjadi hamba Allah di muka bumi. Diantara aktiviatas manusia yang padat setiap harinya, ada manusia pilihan yang menggunakan waktunya untuk berbuat baik bahkan pahala kebaikan terus mengalir darinya.

Manusia pilihan Allah ini menggunakan waktunya untuk beramal sholeh, diantaranya dengan sedekah. Dalam pengertian umum, sedekah yaitu memberikan secara sukarela harta yang dimiliki untuk membantu memenuhi kebutuhan orang lain. Tidak ada aturan terkait jumlah tertentu untuk bersedekah, artinya siapa saja dengan berapapun jumlah harta yang dimiliki bisa melakukan sedekah.

Waktu Emas untuk Bersedekah yang sering Terlupakan

waktu emas untuk bersedekah

Bersedekah bisa dilakukan kapan saja, namun ada waktu-waktu tertentu yang memiliki keistimewaan untuk manusia berbuat kebaikan, diantara waktu emas untuk bersedekah yaitu di waktu pagi hari. Dalam hal ini, Rasulullah SAW bersabda, 

"Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu diantara keduanya berdoa, "Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak". Sedangkan yang satunya lagi berdoa, "Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya." (Hr. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga Keutamaan Sedekah untuk Buka Puasa Anak Yatim dan Dhuafa

Inilah keistimewaan sedekah subuh atau sedekah yang dilakukan di pagi hari, di waktu ini para malaikat turun ke bumi untuk mendoakan manusia yang bersedekah di waktu pagi. Adapun waktu istimewa lainnya untuk bersedekah yakni di hari jum'at, Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Qayyim Rahimahullah, "Sedekah di hari Jum'at memiliki keutamaan dari hari lainnya. Seperti sedekah pada bulan ramadhan lebih utama dibandingkan dengan sedekah di seluruh bulan lainnya. " (Zaadul Ma'ad)

Namun, Diantara waktu-waktu istimewa diatas, ada satu waktu yang paling istimewa sehingga disebut waktu emas untuk bersedekah karena ketika bersedekah di waktu ini, maka Allah akan memberi ganjaran ampunan serta surga yakni bersedekah di waktu sempit. Allah SWT berfirman,

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (133) (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (134) Qs. Ali Imran : 133-134

Bersedekah di Waktu Sempit

sedekah yatim

Mengapa bersedekah di waktu sukar/sempit menjadi waktu paling istimewa? Karena ketika di waktu sukar biasanya manusia sangat menjaga harta yang ia miliki untuk dirinya sendiri, ia beranggapan bahwa harta yang sedikit akan berkurang jika ia berikan untuk membantu orang lain padahal Allah telah menjamin bahwa harta yang disedekahkan akan Allah ganti bahkan dengan yang lebih baik lagi. 

Tidak hanya itu, harta yang diberikan kepada orang lain karena mengharap ridho Allah juga akan Allah balas dengan berlipat-lipat ganda sehingga hartanya bukan berkurang justru bertambah lebih banyak di sisi Allah.

Oleh karenanya, Marilah kita gunakan setiap waktu baik dalam keadaan lapang maupun sempit untuk selalu beramal sholeh dan bersedekah. InsyaaAllah akan Allah ganti setiap uang yang dikeluarkan dan akan Allah tambah setiap uang yang berkurang.

Sahabat mau sedekah? Kini sedekah lebih mudah melalui Sedekah Yatim di Pondok Yatim dan Dhu'afa