8 Nama Surga dan Kriteria Calon Penghuninya

Kata surga berasal dari bahasa Arab, Al-Jannah. Dalam Islam, surga merupakan tempat yang kekal dan penuh kenikmatan sebagai balasan terbaik bagi orang-orang beriman yang taat kepada Allah SWT.

Keindahan dari surga banyak dijelaskan di dalam Al-Quran. Allah SWT sendiri yang memberikan gambaran bentuk surga, suasana di dalamnya dan kriteria calon penghuninya. Surga memiliki beberapa tingkatan yang disesuaikan dengan amal perbuatan manusia selama hidup di dunia. Rasulullah Muhammad SAW juga menyebutkan bahwa setiap tingkatan dari surga jaraknya sejauh bumi dan langit.

“Surga itu terdiri dari seratus tingkat. Jarak antara yang satu dan yang lainnya seperti antara bumi dan langit. Dan tingkatan tertinggi adalah Surga Firdaus.” (HR Abu Sa'id Al Khudri)

Berikut ini 8 nama surga dan kriteria calon penghuni di dalamnya yang harus diketahui:

1.  Surga Firdaus

8 nama surga dan kriteria

Nama surga Firdaus mungkin nama yang sangat familiar bagi kita. Firdaus, salah satu bagian surga dengan tingkatan paling tinggi dan mulia yang diciptakan oleh Allah SWT dari emas.

Kriteria calon penghuni surga Firdaus ialah orang-orang yang memelihara salatnya, menunaikan kewajibannya (zakat), memelihara kemaluannya (menjaga diri dari zina) serta menaati segala perintah Allah SWT. Sebagaimana telah disebutkan dalam Al-Quran surah Al-Kahfi ayat 107 yang berbunyi:

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّٰتُ ٱلْفِرْدَوْسِ نُزُلً

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal.”

Surga Firdaus digambarkan sebagai tempat yang di dalamnya terdapat kebun yang dipenuhi pepohonan rimbun dan buah-buahan, mengalir sungai-sungai dan mata air. 

2.  Surga Adn (Jannati ‘Adn)

Surga yang berada di tingkatan kedua di dalam Al-Quran adalah Adn. Allah SWT menciptakan surga Adn dari intan putih. Kriteria calon penghuni surga ini ialah orang-orang yang sempurna iman dan Islamnya. Dan juga bagi mereka yang selalu bersabar tatkala menerima ujian dalam hidupnya.

Di dalam Al-Quran digambarkan mengenai suasana di dalam Surga Adn, yaitu tercantum di surah At-Taubah ayat 72. Bahwa di dalam surga Adn mengalir sungai-sungai yang airnya bisa langsung diminum dari sumbernya.

“Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga ‘Adn. Dan rida Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar.” 

3.  Surga Na’im (Jannatun Na’im)

Pada tingkatan selanjutnya ada surga Na’im. Allah SWT menciptakan surga ini dari perak putih yang di dalamnya berisi segala macam bentuk kenikmatan. Calon penghuni yang pantas berada di sini ialah golongan orang-orang yang beriman dan selalu mengerjakan amal saleh semasa hidupnya di dunia.

Telah disampaikan di dalam Al-Quran surah Luqman ayat 8-9, Allah SWT berfirman tentang surga Na’im, yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan, mereka kekal di dalamnya, sebagai janji Allah yang benar. dan Dialah yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.”

Baca Juga : 3 Keistimewaan Hari Tasyrik dan Amalan yang Dianjurkan

4.  Surga Ma’wa (Jannatul Ma’wa)

8 nama surga dan kriteria

Nama Ma’wa artinya tempat menetap atau tinggal. Surga ma’wa berada pada tingkatan keempat. Kriteria calon penghuni surga ma’wa yaitu golongan orang-orang beriman yang bertakwa kepada Allah SWT, beramal saleh, dapat menahan hawa nafsunya dan meyakini kebesaran Allah SWT.

Sebagaimana telah dijelaskan dalam Al-Quran surah As-Sajdah ayat 19, Allah SWT berfirman yang artinya:  “Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, maka mereka akan mendapat surga-surga tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

Menurut ahli tafsir, dikatakan bahwa Malaikat Jibril beserta malaikat lainnya juga tinggal di dalam surga Ma’wa.

5.  Surga Darussalam

8 nama surga dan kriteria

Surga Darussalam berada di tingkatan surga yang kelima. Diciptakan oleh Allah SWT dari yaqut merah atau batu rubi, sejenis permata. Darussalam artinya rumah keselamatan, tempat yang di dalamnya ada rasa kedamaian karena berada di sisi Allah SWT. Di sini, penghuninya bebas meminta apa pun yang mereka inginkan.

Kriteria para penghuni surga Darussalam adalah golongan orang-orang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Mereka yang selalu mengakui dan mengakui tanda-tanda kebesaran-Nya serta yang mengamalkan ayat-ayat Al-Quran dalam menjalani hidupnya.

Surga Darussalam telah Allah SWT sebutkan di dalam Al-Quran surah Al-An’am ayat 127:

لَهُمْ دَارُ ٱلسَّلَٰمِ عِندَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُم بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Artinya: “Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dialah pelindung mereka karena amal-amal kebajikan yang mereka kerjakan.”

6.  Surga Darul Muqomah (Darul Muqomah)

Nama surga berikutnya ada Darul Muqomah. Darul Muqomah bermakna tempat yang kekal dan abadi. Surga yang diciptakan dari perak putih ini akan dihuni oleh orang-orang yang berpegang teguh akan iman dan islamnya, mengerjakan kebaikan dan selalu bersyukur.

Dalam Al-Quran surah Fathir ayat 34-35 telah dijelaskan sebagaimana firman Allah SWT:

“Dan mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami. Sungguh, Rabb kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang dengan karunia-Nya menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga); di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu”.

Baca Juga : Manfaat Shalat Dhuha dalam Rutinitas Anak Asuh Yatim & Dhu'afa

7.  Surga Maqamul Amin (Al-Maqamul Amin)

Maqamul Amin adalah tempat yang aman dari segala macam keburukan dan marabahaya. Surga ini Allah SWT ciptakan dari emas, sama seperti surga Firdaus. Kriteria calon penghuni yang akan bermukim di dalamnya adalah orang yang memiliki keimanan berada di level Muttaqin. Artinya, orang-orang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT.

Hal ini juga telah Allah SWT sampaikan di dalam Al-Quran surah Ad-Dukhan ayat 51:

إِنَّ ٱلْمُتَّقِينَ فِى مَقَامٍ أَمِينٍ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam tempat yang aman.”

8.  Surga Khuldi (Jannatul Khuld)

8 nama surga dan kriteria

Dan nama surga terakhir yang perlu diketahui adalah Surga Khuldi. Surga khuldi terbuat dari batu marjan merah dan kuning, sejenis permata. Surga khuldi merupakan tempat yang di dalamnya ada taman dengan pepohonan yang teduh dan berbuah.

Kriteria penghuni di dalam surga ini adalah orang-orang yang taat menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya tanpa pilih-pilih. Mereka lah golongan orang yang bertakwa kepada Allah SWT.

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ ٱلْخُلْدِ ٱلَّتِى وُعِدَ ٱلْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَآءً وَمَصِيرًا

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), “Apakah (adzab) seperti itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali bagi mereka?” (QS. Al-Furqan : 15)