Home » Artikel » Blog » Penuh Berkah, Berikut 7 Keutamaan Sedekah Untuk Penghapal Al Quran
Keutamaan Sedekah Untuk Penghapal Al Quran

Penuh Berkah, Berikut 7 Keutamaan Sedekah Untuk Penghapal Al Quran

Dalam rizeki yang kita punya, terdapat hak milik orang lain didalamnya. Sudah sepatutnya kita memberikan hak orang lain yang terdapat dalam harta kita. Banyak pilihan cara bersedekah, salah satunya dengan memberikan santunan di pondok penghafal Al Quran? Tahukah anda jika keutamaan sedekah untuk penghapal Al Quran sangat besar? Simak 7 keutamaannya sebagai berikut.

7 Keutamaan Sedekah Untuk Para Penghapal Al Quran

1. Menghapus Dosa

Penghapal Al Quran merupakan golongan orang yang telah disejajarkan oleh Allah SWT dengan para nabi. Pada zaman Rasulullah, para penghapal Al Quran banyak yang diberi kedudukan diatas Nabi Muhammad. Mereka diangkat menjadi pemimpin delegasi, bahkan Rasulullah akan menilai calon pegawai berdasarkan jumlah hafalan Al Quran yang telah orang tersebut kuasai.

Melihat derajatnya yang cukup tinggi, jika anda beramal kepada mereka, anda akan memperoleh keutamaan yang cukup besar. Memang pada dasarnya bersedekah merupakan salah satu jalan menggugurkan dosa, kemudian bayangkan jika anda memberikan sedekah kepada orang yang sangat dicintai Rasulullah, tentu ganjarannya akan semakin besar pula.

2. Mendapat Naungan Saat Hari Akhir

Keutamaan sedekah untuk penghapal Al Quran yang kedua adalah anda akan diberi naungan saat hari akhir tiba. Jika anda bersedekah kepada para menghafal Al Quran, anda telah memberikan sedikit rezeki anda kepada keluarga Allah di Bumi. Saking mulianya penghafal Al Quran, Allah menganggap mereka sebagai golongan orang yang paling istimewa.

“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia…” Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda menjawab, “yaitu ahli Quran (orang yang membaca atau menghafal Quran dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad)

Dari hadist tersebut tentunya kita semakin yakin jika bersedekah kepada penghafal Al Quran akan mendapat keutamaan yang berlipat ganda di bandingkan bersedekah kepada golongan lain, karena memang artinya anda telah turut mengayomi kelompok orang yang berjuang di jalan Allah. Cahaya Al Quran yang ada pada mereka akan ikut membantu anda di hari akhir.

3. Memberikan Keberkahan Pada Harta Yang Kita Miliki

Keutamaan Sedekah Untuk Penghapal Al Quran

Keutamaan sedekah untuk penghapal Al Quran selanjutnya adalah anda akan memperoleh keberkahan pada harta yang anda miliki. Harta yang berkah adalah harta yang tidak cepat habis dan bisa membuat anda merasa tenang tanpa diselimuti rasa was was akan kehilangan harta tersebut. Harta yang berkah menjadi salah satu hal yang harus anda miliki saat menjalani hidup.

Orang yang hidup bergelimang harta belum tentu merasa bahagia sehingga agar kita bisa hidup bahagia, kita diharuskan menyisihkan sedikit harta kita untuk saudara kita yang membutuhkan. Salah satu golongan yang layak dan pantas untuk diberi sedekah adalah golongan penghafal Al Quran. Sebenarnya masih banyak golongan lai, namun mereka merupajan golongan yang istimewa.

Orang yang bisa menghafal Al Quran memiliki derajat yang tinggi di sisi Allah. Saat mereka berdoa, maka doa mereka akan lebih dekat dengan Allah. Jika anda bersedekah kepada mereka dan mereka mendoakan kebahagiaan anda maka kemungkinan besar hidup anda akan dipenuhi keberkahan, termasuk harta yang anda miliki.

4. Pahala di Lipat Gandakan

Keutamaan sedekah untuk penghapal Al Quran yang ke empat adalah pahala yang anda dapatkan akan dilipat gandakan oleh Allah. Sebenarnya saat anda bersedekah kepada penghapal Al Quran, anda tak hanya mendapatkan pahala sedekah, namun anda juga akan mendapatkan pahala membantu orang yang berjuang di jalan Allah.

Kelebihan yang mereka miliki bukanlah sebuah kelebihan yang tidak bernilai di sisi Allah SWT. Dengan segala keutamaan yang mereka miliki juga dapat turut membantu anda dalam memperoleh pahala dari Allah SWT. Allah sangat menyayangi golongan orang penghapal Al Quran sehingga sudah sepatutnya anda turut mengayomi kehadiran mereka.

5. Akan Masuk Melalui Pintu Surga Khusus

Masuk surge sudah menjadi salah satu hal yang sangat dinantikan oleh seluruh umat mulim. Masuk surge juga bukan merupakan perkara yang mudah. Saking sulitnya godaan di Bumi, Rasulullah sudah sering mengingat kan pada kaumnya jika kehidupan di Bumi bukanlah kehidupan yang kekal. Kehidupan yang kekal adalah kehidupan akherat setelah kita mati.

Sudah sepatutnya sebagai manusia kita memikirkan hal tersebut sehingga tidak terus memikirkan hal keduniawian saja. Harta yang kita punya tidak dibawa mati sehingga sudah sepatutnya kita gunakan untuk bersedekah. Bersedahlah kepada golongan orang yang tepat agar sedekah anda dianggap sebagai sedekah yang berbobot disisi Allah.

Tahukah anda jika keutamaan sedekah untuk penghapal Al Quran sangatlah besar? Dengan bersedekah kepada mereka, anda nantinya akan memperoleh kemudahan masuk surge melalui pintu khusus yang disediakan oleh Allah. “Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surge” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

6. Keimanan Semakin Kuat

Keutamaan Sedekah Untuk Penghapal Al Quran

Semakin anda berusaha mendekatkan diri pada Allah, maka akan semakin erat pula iman yang kita miliki kepadaNya. Keimanan seseorang akan terus diuji oleh Allah, dan jika kita mampu melalui segala ujian yang ada dengan baik maka derajat kita akan diangkat oleh Allah. Salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan keimanan adalah bersedekah.

Bersedekah sebenarnya merupakan salah satu cara yang mudah untuk dilakukan, namun memang tidak semua orang melakukan hal tersebut. orang yang rajin bersedekah kebanyakan bukanlah orang yang hanya berpikir masalah dunia. Mereka adalah golongan orang yang pintar sehingga mempersiapkan kehidupan mereka setelah meninggal dunia.

Jika anda bersedekah, anda dapat memberikannya pada golongan orang yang membutuhkan atau golongan orang yang sangat dicintai Allah SWT. Golongan orang yang dicintai Allah SWT salah satunya adalah para penghafal Al Quran. Tak heran jika keutamaan sedekah untuk penghapal Al Quran sangatlah besar. Anda dapat bersedekah di pondok penghapal Al Quran.

7. Menjadi Pembebas dari Siksa Kubur

Siksa kubur merupajan salah satu hal yang pastinya dihindari oleh seluruh umat muslim. Siksa kubur sangatlah pedih sehingga tak ada satu orang pun yang sanggup melaluinya. Tahukah anda jika sedekah merupakan salah satu hal yang bisa memadamkan siksaan di dalam kubur? Hal ini pernah tertulis dalam sebiah hadist sehingga dapat anda percayai.

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Sahih At Targhib, 873). Beruntung lah jika anda semasa hidup memiliki harta berlebih dan secara rutin menyedekahkannya. Harta yang anda gunakan untuk bersedekah tidaklah hilang, melainkan hanya berubah wujud dan akan kembali kepada anda sebagai penolong.

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan jika anda bersedekah kepada para penghapal Al Quran. Saat anda ingin bersedekah, berikan harta anda kepada golongan orang yang membutuhkan atau kepada golongan orang yang sangat dicintai oleh Allah. Dengan segala keutamaannya, bersedekah kepada penghapal Al Quran adalah salah satu ide yang bisa anda lakukan.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: