Sedekah Online Untuk Yatim Dhuafa

Sedekah Online merupakan kegiatan berdonasi secara online yang mulai dikenal pada zaman digital seperti saat ini. Bersedekah secara online sangat memudahkan dalam memberikan bantuan terbaik kita, khususnya kepada anak-anak yatim dan kaum dhuafa.

Selain itu, jarak dan waktu pun bukan masalah lagi, karena harta yang kita sedekahkan secara online bisa langsung tersalurkan kepada anak-anak yatim dan kaum dhuafa. 

Anjuran Sedekah dari Allah dan Rasulullah

sedekah online

Menjadi salah satu amalan mulia yang dicintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala, anjuran untuk bersedekah sudah banyak disebutkan dalam ayat-ayat Al-Quran dan hadits-hadits Nabi. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 271, yang artinya:

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda, barangsiapa yang bersedekah apalagi dengan anak-anak yatim, beliau mengisyaratkan bahwa kedudukannya di surga akan seperti kerabat dekat beliau bagaikan jarak antara jari telunjuk dan jari tengah.

 

Keistimewaan Sedekah Kepada Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

1.      Didoakan Para Malaikat

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010)

2.      Dilipatgandakan Pahala

Bersedekah tidak perlu menunggu dikala dalam keadaan lapang saja, bahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala menganjurkan untuk bersedakah juga dikala keadaan kita sempit. Karena sedekah tidak akan mengurangi harta, justru Allah akan melipatgandakan kebaikan yang sudah kita berikan dan melapangkan rezeki kita dari arah yang tidak disangka-sangka.

Janji Allah Subhanahu Wa Ta’ala tentang ganjaran bagi orang yang bersedekah tercantum dalam Al-Quran, surah Al-Hadid ayat 18, yang artinya :

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki  maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”

3.      Mencegah Su’ul Khotimah

Sedekah juga mampu mencegah seseorang dari kematian yang buruk (su’ul khotimah). Artinya adalah akhir kematian yang jelek dan tidak diharapkan oleh setiap orang.

Dalam suatu hadits, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam bersabda,

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR. Thabrani)

4.      Menghapus Dosa

Barangsiapa yang bersedekah dengan keikhlasan hatinya, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang sudah dilakukan oleh hamba-Nya sebagaimana air memadamkan api. Dan dosa-dosa kita, Insya Allah dihapuskan dan diganti dengan pahala kebaikan dari sedekah yang kita lakukan.

Hal ini telah ditegaskan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam dalam sebuah hadist, Beliau bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi)

5.      Menaungi Kita Pada Hari Kiamat

Apakah Sahabat Pondok Yatim & Dhuafa tahu, bahwa sedekah yang kita berikan untuk anak yatim dan kaum dhuafa bisa menolong kita pada hari kiamat ?

Ya, sedekah kepada anak yatim dan kaum dhuafa bisa memberikan pertolongan Allah SWT untuk hamba-Nya. Barangsiapa yang membantu dan meringankan kesulitan anak-anak yatim akan dipermudah juga urusannya oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, baik di dunia maupun di akhirat.

Hal ini termaktub dalam sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam, yang artinya:

“Sesungguhnya naungan seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Ahmad No. 18043)

Baca Juga : Keutamaan Sedekah di Hari Jumat Kepada Anak Yatim

Cara Sedekah Online

image

Di zaman yang serba canggih ini, banyak cara mudah untuk kita beramal shalih. Salah satunya dengan bersedekah secara online. Sekarang, menebar kebaikan untuk anak-anak yatim dan kaum dhuafa bisa dilakukan di manapun dan kapanpun. Saat bersih-bersih rumah, kala bekerja di kantor atau bahkan malam sebelum tidur, kita bisa bersedekah.

Mengingat banyak keistimewaan yang kita dapatkan dari bersedekah, sangat disayangkan bila dilewatkan. Lalu, bagaimana cara bersedekah online?

Kini Sahabat Pondok Yatim & Dhuafa tidak perlu bingung, sahabat bisa bersedekah dan menitipkan hartanya ke Pondok Yatim & Dhuafa

Pondok Yatim dan Dhuafa merupakan lembaga sosial yang sudah legal dan amanah untuk mengelola dana dari zakat, infaq, sedekah, wakaf, dan lain-lain, berbasis asrama yang berfokus memberikan pelayanan dan pengasuhan terbaik untuk anak-anak yatim, piatu dan dhuafa.

Dengan bersedekah, Insya Allah keberkahan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu menyertai kita, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Aamiin.