5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Penawar Racun hingga Mencegah Penuaan

Kelapa merupakan buah yang tumbuh diberbagai negara. Kita bisa menemukan buah ini pada sebuah pohon dengan ukuran yang relatif tinggi. Semua bagian dari buah kelapa bisa dimanfaatkan dengan baik termasuk Air Kelapa Muda dengan segudang manfaatnya.

Pohon Kelapa

image

Pohon kelapa telah dikenal diberbagai tempat mulai dari di berbagai kepulauan Indonesia hingga di kepulauan lautan Pasifik. Selain bentuk pohonnya yang tinggi, pohon kelapa memiliki akar yang kuat sehingga pohon ini seringkali ditemui di daerah pesisir pantai.

Pohon kelapa terdiri dari daun,batang,bunga,buah dan akar yang bisa mencapai umur 50 tahun. Bahkan bisa hidup hingga kisaran 80-100 tahun lamanya. Selain itu, Pohon kelapa dapat tumbuh di berbagai jenis tanah mulai dari jenis tanah berpasir hingga yang berlempung.

Buah Serba Guna

Buah kelapa dengan nama latin Cocos nucifera merupakan buah serba guna dengan banyak sekali manfaat mulai dari tempurungnya,daging buahnya hingga air yang dihasilkan di dalam buah kelapa juga menyimpan sejuta manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Buah kelapa memiliki bentuk bulat dengan ukuran yang cukup besar. Diameter pada buah kelapa mencapai 10-20 cm atau lebih besar. Selain itu, Ketika mengkonsumsi buah kelapa, tempurung dan sabut kelapa tidak dibuang begitu saja, melainkan bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan dan bahan bakar berupa arang pada bagian tempurungnya.

Kemudian pada bagian sabut kelapa bisa dimanfaatkan menjadi keset, pot bunga anggrek dan tali anyaman. Di dunia pertanian, sabut kelapa bisa digunakan sebagai cangkok tanaman. Sementara itu, untuk pengobatan tradisional sebagai obat wasir.

5 Manfaat Air Kelapa Muda

image

Air Kelapa Muda (coconut water) merupakan air yang steril dan mengandung kalium serta kalori yang tinggi. Di negara Filipina, air kelapa banyak dijadikan berbagai minuman seperti jelly dan nata de Coco. Karena kandungan vitamin yang begitu banyak pada air kelapa tak jarang dijadikan berbagai alternatif untuk mengobati macam-macam penyakit. Berikut 5 manfaat Air Kelapa Muda:

1. Penawar Racun

Air kelapa muda mengandung Tanin yaitu bioenzim yang dapat menjadi zat anti racun dengan cara menguraikan dan mengeluarkannya dari tubuh. Selain itu, kandungan tanin juga memiliki fungsi sebagai antioksidan yang menangkal terjadinya penumpukan Reactive Oxygen Spesies (ROS) yang dapat merusak jaringan tubuh.

2. Mengobati Penyakit Ginjal

Dr. Macalag, seorang orologist di Filipina pada tahun 1989 melaporkan pada kasus peradangan ginjal bahwa selama 12 tahun melakukan penanganan di 1.670 kasus penyakit ginjal, hanya 134 kasus yang penyakitnya kambuh dengan menggunakan air kelapa muda yang diminum langsung atau langsung disuntikkan melalui urat nadi. Ini telah terbukti bahwa air kelapa muda efektif mencegah dan mengobati penyakit ginjal serta mereduksi dan melarutkan semua batu ginjal.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Air Kelapa Muda adalah salah satu alternatif yang bagus digunakan dalam mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan kalium yang tinggi pada Air Kelapa mampu mempertahankan tekanan darah agar tetap dalam batas normal.

4. Menambah Asupan Cairan Tubuh

Dr. Peddy mengemukakan dalam majalah men’s Health (2015) bahwa air buah kelapa mengandung makronutrien seperti protein, karbohidrat, dan lemak sedangkan mikronutriennya yakni berupa mineral dan vitamin. Sementara itu, air kelapa juga mengandung elektrolit dan glukosa yang bersifat isotonik sehingga sangat baik untuk diminum. Selanjutnya Dr. Peddy menambahkan bahwa kandungan kalium, kalsium, natrium dan gula pada air kelapa dapat mengatasi dehidrasi para atlet olahraga yang melakukan aktivitas olahraga berat.

5. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan sitokini pada air kelapa muda memiliki efek anti-penuaan pada jaringan dan sel sehingga dapat menurunkan resiko penyakit degeneratif dan usia.

Ternyata begitu banyak manfaat dari tanaman kelapa yang biasa tumbuh di sekitar kita. Dengan demikian, buah kelapa juga airnya  bisa dijadikan salah satu konsumsi yang menyegarkan juga menyehatkan.