Home » Artikel » Blog » 3 Olahraga Anjuran Rasulullah SAW

3 Olahraga Anjuran Rasulullah SAW

Kesehatan adalah salah satu hal utama yang sering terabaikan, Padahal sejatinya sebagai orang Islam, hendaknya kita mampu menjaga keseimbangan antara kesehatan spritual, kesehatan fisik dan kesehatan emosional. Allah telah menganugerahi tubuh untuk kita jaga dan bertanggung jawab atasnya. Maka salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah dengan berolahraga.

Saat ini, Olahraga merupakan aktivitas yang banyak dilakukan manusia dari semua usia baik tua ataupun muda. Di dalam Islam, ada beberapa olahraga utama yang Rasulullah SAW anjurkan, bahkan dianjurkan untuk mengajarkannya saat usia dini. Olahraga tersebut adalah berenang, memanah, dan berkuda.

Sahabat Umar bin Khattab mengatakan : “Ajari anak-anakmu berenang, Memanah dan Naik kuda”

OLAHRAGA BERENANG

Dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda: “Ajari anak-anak lelakimu renang dan memanah, dan ajari menggunakan alat pemintal untuk wanita” (HR. Al-Baihaqi 8411)

Manfaat Berenang

1) Secara fisik, berenang sangat baik untuk menyehatkan badan, dengan berenang jantung dapat terjaga, membangun daya tahan kekuatan otot dan kesehatan kadiovaskular. Berenang juga meningkatkan sirkulasi yang sehat dengan mengerahkan semua anggota badan dan otot.

2) Secara mental, berenang dapat meningkatkan hubungan antara otak kiri dan kanan, dapat membantu pembuatan sel-sel baru, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah serta memori otak, dapat mengurangi stres, mengurangi depresi dan kecemasan, menawarkan relaksasi melalui gerakan yang berulang. 

Para peneliti di University of South Carolina menemukan sebanyak 40.547 orang, yang berusia 20 sampai 90 tahun bertahan hidup lebih dari 32 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berenang memiliki tingkat kematian 50 persen lebih rendah dari pelari ,pejalan kaki, atau orang yang tidak berolahraga. 

Meski usia sudah Allah tentukan, Namun perlu diingat bahwa ikhtiar dan doa adalah dua hal yang dapat mempengaruhi ketentuan Allah itu sendiri. Sehingga dengan berusaha merutinkan olahraga renang ini, InsyaaAllah dengan izin Allah dapat meningkatkan kesehatan sekaligus memperpanjang usia kita.

MEMANAH

Dalam sebuah riwayat menceritakan bahwa setiap hari Udbah bin Amir Al Juhani keluar dan berlatih memanah, kemudian ia meminta Abdullah bin Zaid agar mengikutinya namun, sepertinya ia nyaris bosan. Maka Udbah mengatakan, “Maukah kamu aku kabarkan sebuah hadits yang aku dengar dari Rasulullah SAW?” Ia menjawab, “Mau.”

Uqbah berkata, “Saya mendengar beliau bersabda : “Sesungguhnya Allah Ta’ala akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (HR. Ahmad 16699)

Manfaat Memanah

1) Memanah merupakan olahraga kekuatan tubuh yang menggambarkan penekanan pada busur tempat tali pada otot-otot kedua lengan serta dada, bahu dan punggung. Penekanan ini biasanya dipertahankan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan anak panah. Dengan pengulangan, penekanan dan penembakkan busur menyebabkan perkembangan otot di sebagian besar kelompok otot utama dari tubuh bagian atas. Semakin banyak berlatih, maka semakin banyak otot akan terlatih, dan menjadi terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh.

2) Memanah juga dapat membangun kepercayaan diri, Steve Smith seorang pemilik Archery Connection di Phoenix City menyatakan bahwa orang tua dari muridnya mengatakan kepadanya bahwa nilai anak mereka telah membaik sejak mereka mengambil olahraga panahan, dan bahwa mereka lebih fokus pada tugas sekolah mereka.

Konsentrasi dan fokus adalah hal yang diperlukan untuk menjadi seorang pemanah yang baik,” kata Smith. Dia mengatakan beberapa orang tua membawa anak-anak mereka ke Archery Connection karena merasa anak-anak mereka tidak cukup baik dalam olahraga lainnya, tidak cukup terkoordinasi, dan ingin mereka terlibat dalam sesuatu kegiatan fisik daripada bermain video game.

Setelah mengikuti kegiatan memanah, para anak-anak tersebut menjadi lebih mudah berkonsentrasi, lebih mudah fokus dan menjadi jarang bermain-main dengan video game (yang menurut penelitian video game ini menimbulkan banyak dampak buruk terhadap anak).

BERKUDA ATAU MENUNGGANG KUDA

Manfaat Berkuda

1) Menunggang kuda membuat otot-otot inti bekerja dan menstabilkan perut, punggung, dan otot-otot panggul. Berkuda juga bukan hanya tentang kekuatan inti, tapi ada hubungannya dengan koordinasi dan stabilitas juga. Hal ini memberi dampak agar badan tetap dalam keadaan seimbang karena keseimbangan akan semakin susah dicapai ketika kuda bergerak semakin cepat.

2) Kuda adalah makhluk yang sangat sensitif. Kuda bisa mengetahui apakah seseorang takut, marah, senang, dan sebagainya. Kuda melakukan komunikasi dengan bahasa tubuh dan sangat sensitif atas posisi tubuh pengendalinya karena kuda sangat sensitif, maka pawang juga diharapkan harus sensitif.

Ketika kuda melakukan sebuah tindakan, pawang harus bisa menafsirkan apakah kuda itu melakukannya karena takut, marah, atau sakit sehingga harus ditanggapi dengan semestinya. Dengan memahami perasaan kuda yang sensitif ini, maka kita juga belajar mengenali perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain yang juga sensitif. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan emosional (EQ).

Demikianlah olahraga menjadi salah satu aktivitas positif yang memberikan banyak manfaat, bagi setiap orang tak terkecuali anak-anak. Melalui olahraga, anak juga dapat mengasah keterampilan serta memelihara kesehatan badan.

Semoga dengan melakukan olahraga anjuran Rasulullah SAW ini, tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat melainkan juga Allah nilai sebagai ibadah. Aaamin 

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: