Home » Artikel » Blog » Seputar Zakat Profesi dan Cara Menghitungnya
Bayar Zakat Profesi

Seputar Zakat Profesi dan Cara Menghitungnya

Bagi sebagian orang zakat profesi atau zakat penghasilan mungkin belum familiar. Akan tetapi zakat profesi ini harus wajib kita ketahui, simak penjelasanya berikut ini.

Apa itu Zakat Profesi?

Zakat Profesi merupakan zakat yang di keluarkan dari penghasilan profesi bila telah mencapai nisab (batas terendah). Pengertian penghasilan disini ialah semua hasil pendapatan seperti gaji, honorarium, upah, dan lain-lain yang didapatkan secara halal, baik yang di dapatkan secara rutin seperti pejabat negara, pegawai atau karyawan, maupun tidak rutin seperti dokter, pengacara, konsultan, dan sejenisnya, serta pendapatan yang diperoleh dari pekerjaan bebas lainnya.

Allah SWT berfirman :

Wahai orang-orang yang beriman infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya, melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya, Maha Terpuji

(Q.S Al-Baqarah [2] : 267)

Ketentuan mengeluarkan Zakat Profesi

1. Harta harus milik pribadi

Harta yang akan di zakati haruslah milik pribadi bukan harta milik bersama dengan orang lain.

2. Hartanya berkembang dan melebihi kebutuha pokok

Jika pendapatan seseorang tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup (diri dan keluarga baik sandang, pangan dan papan) maka dia tidak terbebani kewajiban zakat.

3. Mencapai Nisab (Batas terendah)

Nisab zakat profesi disamakan dengan zakat pertanian yaitu setara dengan 520 Kg beras. Perhitungan nisab zakat profesi di sesuaikan dengan harga beras atau bahan pokok lainnya. Untuk lebih lanjut Anda dapat melihat di Kalkulator Zakat.

4. Terbebas dari hutang

Penghasilan yang sahabat dapatkan haruslah terbebas dari hutang, jadi sahabat dapat melunasinya terlebih dahulu hutang-hutang yang dimiliki, kemudian sahabat baru bisa menghitung dan membayar zakat profesinya.

Bayar Zakat lebih mudah di PYD

Pembayaran zakat profesi dapat dilakukan setiap bulannya atau pun dapat diakumulasikan selama 1 tahun. Agar mempermudah pelaksanaanya sahabat sangat dianjurkan untuk melaksanakannya setiap satu bulan sekali selepas menerima gaji.

Allah SWT berfirman :

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

(Q.S. At-Taubah [9] : 103)

Agar tidak salah sasaran dan sahabat dapat tetap melaksanakan ibadah zakat tiap bulannya dengan mudah, sahabat dapat memanfaatkan PYD (Pondok Yatim & Dhuafa) untuk membayar zakat profesi kamu.

insyaallah dengan menunaikan zakat profesi di PYD, zakat kamu akan di salurkan kepada yang golongan yang berhak menerimanya sesuai dengan perindah dalam Al-Quran surah At-Taubah [9] : 60.

Tunaikan Zakat secara mudah, cepat, dan terpercaya lewa Pondok Yatim & Dhu’afa. Ayo Dirikan Sholat Tunaikan Zakat!

1 komentar untuk “Seputar Zakat Profesi dan Cara Menghitungnya”

  1. Pingback: Perbanyak Sedekah di Bulan Muharram - Pondok Yatim & Dhuafa

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: