Home » Artikel » Blog » Sambut Bulan Penuh Berkah, Yuk Simak 7 Tips Puasa di Bulan Ramadhan
Tips Puasa di Bulan Ramadhan

Sambut Bulan Penuh Berkah, Yuk Simak 7 Tips Puasa di Bulan Ramadhan

Di Ramadhan tiba, Seluruh umat islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh kecuali dalam beberapa kondisi istimewa tertentu. Ketika baru berpuasa, tentunya akan terasa berat dan untuk beberapa orang sulit. Sebenarnya banyak tips dan trik yang bisa kita lakukan agar puasa di bulan Ramadhan terasa lebih ringan. Yuk simak 7 tips puasa di bulan Ramadhan sebagai berikut.

7 Tips Puasa Saat Bulan Ramadhan

1. Jangan Bedakan Menu Makanan di Bulan Puasa dan Hari Hari Biasa

Saat bulan Ramadhan tiba, banyak sekali penjual makanan yang ada di pinggir jalan terutama saat mendekati jam berbuka puasa. Kesempatan yang satu ini seringkali membuat orang orang berbelanja makanan yang terlihat enak tanpa menyadari kemampuan perut yang mereka miliki. Anda dapat membeli makanan yang biasanya anda makan sehari hari.

Saat anda membeli makanan yang akrab anda makan sehari hari mak, perut anda tidak harus melakukan adaptasi lagi kepada jenis makanan yang baru. Terlebih jika anda adalah orang yang terbiasa makan makanan sehat. Janganlah anda memilih makanan berlemak hanya karena momen bulan Ramadhan. Lambung memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan makanan tersebut.

2. Mengontrol Porsi Makan

Tips puasa di bulan Ramadhan yang kedua adalah anda harus mengontrol jumlah asupan makanan yang anda konsumsi. Saat jam berbuka tiba, mulailah dengan minum air putih dan jika memang di sekitar anda ada makanan manis maka anda dapat menyantapnya terlebih dahulu. Kurma adalah salah satu jenis makanan yang bisa anda santap sebagai pembuka hidangan.

Setelah anda makan hidangan pembuka, janganlah anda langsung melahap makanan dalam porsi yang berlebihan. Perut yang kosong seharian perlu anda isi secara perlahan. Jika anda makan dengan porsi yang melebihi kebiasaan justru akan membuat perut menjadi tidak nyaman. Terlebih setelah berbuka masih ada kegiatan tarawih yang harus anda lakukan.

Makan berlebihan saat berbuka dapat membuat anda tak nyaman saat melakukan tarawih, bahkan tak jarang banyak orang yang melewatkan tarawih karena kekenyangan. Tentu hal ini sangat disayangkan karena tarawih adalah salah satu amalan khusus yang hanya bisa anda temukan di bulan Ramadhan.

3. Makan Makanan Dengan Kandungan Gizi yang Lengkap

Tips Puasa di Bulan Ramadhan

Tips puasa di bulan Ramadhan yang ketiga adalah anda harus makan makanan dengan kandungan gizi yang lengkap. Hal ini sebenarnya sangat penting terutama saat anda makan sahur. Makanan yang anda santap saat itu akan menjadi sumber energy anda dalam menjalani hari. Walaupun saat sahur kondisinya sangat ngantuk, usahakan jangan memakan makanan instan.

Lebih baik anda menyempatkan waktu untuk masak atau jika tidak memungkinkan anda dapat menyiapkannya sebelum anda berangkat tidur. Sehingga saat jam sahur anda hanya perlu memanaskan makanan tersebut. Jika makanan yang anda santap tidak bergizi, anda akan mudah lapar terutama di siang hari atau saat menjelang berbuka.

4. Gunakan Karbohidrat Kompleks

Saran ke empat yang bisa anda jadikan tips puasa di bulan Ramadhan adalah biasakan untuk menyantap karbohidrat kompleks. Karbohidrat komplek memiliki struktur yang berbeda dengan jenis karbohidrat biasa. Karbohidrat jenis ini lebih lama dicerna dalam tubuh sehingga, membuat anda tak mudah lapar saat sedang menjalani puasa.

Lantas apa saja bahan makanan yang mengandung jenis karbohidrat kompleks? Makanan yang termasuk dalam karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, dan oat. Semua jenis makanan tersebut dapat dengan mudah anda temukan di supermarket. Banyak pilihan brand yang bisa anda coba karena penggunaan produk tersebut sudah tidak asing di Indonesia.

Memang produk seperti nasi merah, roti gandum, dan oat adalah bahan makanan yang bisa dikategorikan mahal. Hal inilah yang membuat produk tersebut tidak banyak dikonsumsi. Momen Ramadhan merupakan salah satu momen khusus sehingga tak ada salahnya anda mencoba produk makanan tersebut agar anda bisa berpuasa dengan nyaman.

5. Perhatikan Asupan Cairan Untuk Tubuh

Air merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh manusia. Orang yang kekurangan cairan atau yang biasa disebut dengan dehidrasi bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Penyakit yang ditimbulkan juga tidak main main, bisa berupa batu ginjal, syok hipovolemik, hingga infeksi saluran kandung kemih.

Memperhatikan asupan air adalah salah satu tips puasa di bulan Ramadhan. Saat kita sedang berpuasa, kita tidak bisa minum di siang hari. walaupun sedang puasa, anda dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih 8 gelas dalam satu hari. Untuk mensiasati hal ini anda diharuskan minum air putih saat sahur dan buka puasa.

Jangan karena alasan anda ingin memenuhi kebutuhan air dalam sehari, anda langsung minum 8 gelas air dalam satu waktu. Hal ini juga tidak diperbolehkan karena air tersebut hanya akan terbuang sia sia melalui urin. Air tersebut tidak sempat terserap dengan baik oleh tubuh. Minum berlebihan juga bisa membuat anda kembung sehingga tak nyaman beraktivitas.

6. Tidak Boleh Melewatkan Makan Sahur

Tips Puasa di Bulan Ramadhan

Tahukah anda jika hukum sahur itu sunnah? Hukumnya yang sunnah inilah yang membuat pelakunya memperoleh pahala. Sangat disayangkan jika anda tidak sahur saat akan berpuasa sehari penuh. Kesempatan ini seharusnya anda gunakan untuk mengisi kebutuhan gizi dan energy agar puasa anda berjalan dengan lancar.

Saking dianjurkannya untuk sahur, Rasulullah pernah bersabda “Bersantap sahur lah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan,” (HR al-Bukhari). Sabda Rasulullah sudah sepatutnya untuk diperhatikan dan diamalkan oleh seluruh umat muslim. Tak heran jika memang bangun dan makan saat sahur merupakan salah satu tips puasa bulan Ramadhan.

7. Tetap Lakukan Aktivitas Seperti Biasanya

Saat bulan Ramadhan tiba, banyak orang yang mengeluhkan kondisi tubuh yang lemah dan letih karena lapar. Hal ini tidak bisa anda gunakan sebagai alasan tidak beraktifitas di siang hari. Justru karena anda tidak melakukan apapun, menjalankan puasa akan terasa lebih berat. Waktu akan terasa lebih lama sehingga membuat anda menderita.

Dianjurkan bagi seluruh umat muslim untuk tetap produktif selama bulan Ramadhan, walaupun kita berpuasa, hal ini bukan menjadi alasan yang bisa menggugurkan keharusan anda bekerja dan beraktifitas. Aktivitas yang anda lakukan juga harus anda pertimbangkan dengan kemampuan dan kondisi anda. Misalnya anda berolahraga maka jangan lakukan dengan berlebihan.

Olahraga yang berlebihan saat sedang menjalankan ibadah puasa akan membuat energy anda terkuras. Olahraga ringan yang bisa anda pilih seperti jalan pagi, atau stretching ringan. Olahraga saat puasa tujuannya adalah untuk meningkatkan semangat dan metabolisme tubuh sehingga tubuh tetap bugar dan sehat. Tak heran cara ini menjadi salah satu tips puasa di bulan Ramadhan.

Demikianlah 7 tips yang bisa anda coba agar puasa anda di bulan Ramadhan terasa lebih mudah. Tips yang telah disebutkan diatas merupakan salah satu jalan agar, anda tidak merasa bahwa puasa adalah beban yang sangat berat. Lakukanlah puasa di bulan Ramadhan sesuai dengan ketentuan dan jangan lupa untuk memperbanyak ibadah.

 

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: