Home » Artikel » Bayar Zakat » Pengertian Zakat, Jenis dan Manfaat Melakukan Zakat bagi Umat Muslim
Pengertian Zakat, Jenis Dan Manfaat Melakukan Zakat Bagi Umat Muslim

Pengertian Zakat, Jenis dan Manfaat Melakukan Zakat bagi Umat Muslim

Pengertian Zakat, Jenis dan Manfaat Melakukan Zakat bagi Umat Muslim!  Umat muslim tentu sudah akrab dengan istilah berzakat. Zakat merupakan konsep penting dalam Islam yang menjadi bagian dari 5 rukun Islam dan wajib dilakukan bagi mereka yang mampu. Zakat juga memainkan peran penting dalam hal keuangan atau menyisihkan sebagian kecil hartanya.

Di mana umumnya, seseorang yang membayar zakat berarti sudah mengeluarkan kekayaan tambahan bagi mereka yang membutuhkan. Tapi perlu diingat agar sebelumnya mereka harus memenuhi dulu kebutuhan utamanya. Seperti halnya kebutuhan untuk makan, tempat tinggal, dan pakaian pokok. Dengan begitu, mereka layak membayar zakat dan diwajibkan untuknya.

Hukum zakat ini wajib bagi yang mampu tanpa pengecualian atau bisa dikatakan fardhu ‘ain. Berdasarkan pengertian zakat, ada pun jenis dari zakat itu sendiri yang meliputi zakat fitrah dan zakat mal. Lalu apa saja pengertian apa itu zakat fitrah, mal, hingga zakat penghasilan? Berikut ini penjelasannya.

Bayar Zakat
Bayar Zakat

Jenis dan Pengertian Zakat yang Wajib Dikeluarkan Umat Muslim

Zakat Penghasilan

Apa itu zakat penghasilan? Mungkin Anda akan bertanya-tanya mengenai hal ini. Zakat penghasilan sebenarnya merupakan bagian dari zakat maal yang diwajibkan atas pendapatan yang dimiliki oleh seseorang. Secara garis besar, zakat ini wajib dikeluarkan oleh mereka yang berpendapatan atau memiliki penghasilan dan cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Berdasarkan pengertian zakat, mereka adalah orang yang berpenghasilan rutin dan dari pekerjaan yang halal. Zakat bisa dilakukan setiap bulan atau dijumlahkan dalam 1 tahun sesuai Peraturan yang dikeluarkan oleh Menteri Agama No. 52 tahun 2014. Besarnya zakat penghasilan yaitu 2,5 % dari total penghasilan seseorang setiap bulan.

Zakat Mal

Sesuai tujuannya, zakat mal yang keberadaannya ditujukan untuk mereka yang berhak. Misalnya saja mereka dari golongan fakir miskin atau sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Jika bertanya apa itu zakat mal, jenis zakat ini mencakup hasil laut, hasil ternak, perniagaan, pertanian, pertambangan, emas dan juga perak.

Zakat Fitrah

Sesuai pengertian zakat, zakat fitrah juga disebut dengan zakat Nafs /jiwa. Ini menjadi zakat wajib bagi setiap muslim saat menjelang Hari Raya Idul Fitri di bulan suci Ramadhan. Besarnya zakat ini adalah 2,5 kg untuk setiap umat muslim atau 3,5 liter beras atau makanan pokok lainnya. Beras atau makanan pokok bisa diganti dengan uang senilai sama dengan besarnya beras atau makanan pokok yang dizakatkan.

Uang zakat bisa Anda berikan pada lembaga penyalur zakat untuk kemudian dibagikan pada mereka yang membutuhkan atau yang berhak. Kewajiban membayar zakat ini bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga diwajibkan membayarkan zakat fitrah atas semua orang yang di dalam tanggungannya

Apa Saja Manfaat Bayar Zakat?

Menjawab mengenai apa saja manfaat bayar zakat, adapun berbagai manfaat jika seorang muslim mengeluarkannya. Hal ini sesuai pengertian zakat bila mereka memberikannya kepada yang lebih berhak. Beberapa manfaat tersebut di antaranya seperti berikut.

Membersihkan Hati dan Diri

Mampu membersihkan hati dan diri menjadi manfaat berzakat pertama bagi mereka yang diwajibkan Saat seseorang mengeluarkan zakat, berarti ia telah termasuk ke dalam sekelompok orang dermawan dan mencerminkan jauh dari sifat kikir.

Zakat akan mudah dilakukan apabila seseorang sudah terbiasa memberi dan ikhlas membagikan harta yang dimilikinya dalam bentuk apapun. Melalui informasi dan pengertian zakat ini, maka ia telah memberikan sesuatu yang lebih berarti bagi orang lain. Baik itu materi atau pun jenis kebaikan lainnya yang membuat dirinya merasa lebih lengkap setelah berbagi.

Meningkatkan Kedekatan dengan Allah SWT

Zakat juga dapat meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT jika dilakukan secara ikhlas. Ketika seseorang mengeluarkan zakat, maka ia tidak akan membuat rugi apapun dan justru semakin banyak nikmat yang Allah berikan. Apapun yang kita keluarkan sebagai amal baik akan selalu kembali menjadi kebaikan.

Menenangkan Hati

Salah satu manfaat berzakat bagi umat Islam adalah menenangkan diri dan dapat melatih umat Muslim untuk ikhlas dalam memberi dan berbagai harta. Jika zakat dilakukan secara ikhlas dan tanpa terpaksa, maka hal ini bisa melatih diri kita menjadi pribadi yang lebih ikhlas dan tulus. Terutama dalam melakukan kebajikan pada orang lain yang lebih membutuhkan bantuan kita, sesuai dengan informasi pengertian zakat.

Menghapus Dendam

Manfaat berzakat selanjutnya adalah mampu menghapus dendam dan perasaan sakit hati dari orang-orang tak mampu mengendalikannya. Bukan hal baru jika perbedaan nasib dan takdir sering sekali menimbulkan rasa iri hati atau pun memunculkan rasa dendam.

Terutama terhadap mereka yang berlebihan harta. Sehingga mengatasi hal ini, kita diwajibkan untuk mengeluarkan zakat untuk menghilangkan rasa dendam dan membuat orang yang kurang mampu tidak merasa iri. Atas dasar pengertian zakat dan manfaatnya, mereka akan merasa tetap diperhatikan.

Menyempurnakan Iman

Zakat memiliki manfaat menyempurnakan iman yang merupakan salah satu pilar agama Islam. Setiap muslim pasti berusaha melaksanakan amalan ini, karena sesuai dengan kewajiban yang diberikan agamanya untuk mereka yang berhak.

Menghapus Dosa

Adapun manfaat zakat selanjutnya adalah mampu menghapus dosa yang dilakukan. Saat seseorang melakukan kebaikan, maka Allah akan senantiasa memberikan pahala dan mengurangi dosa yang dilakukannya. Menurut pengertian zakat dan manfaatnya,  dengan berzakat Allah SWT akan menghapus dosa-dosanya.

Menjaga Keseimbangan

Manfaat zakat dapat membantu menjaga keseimbangan antara mereka yang berasal dari kalangan mampu dan kurang. Jika seluruh masyarakat memanfaatkan cara berzakat, maka terjadinya konflik status ekonomi bisa dikurangi untuk menjaga keseimbangan dan keharmonisan dalam masyarakat.

Membersihkan Harta

Saat tahu pengertian zakat dan tujuannya, mungkin Anda sudah sering mendengar membayar zakat mampu membersihkan harta. Hal ini memang benar, karena membayar zakat akan membersihkan harta kaum Muslim dan memberikan hak bagi yang membutuhkan.

Dilipatgandakannya Rezeki

Mengeluarkan zakat, seseorang akan mendapat rezeki lebih yang akan meningkatkan pertumbuhan hartanya. Jadi bisa disimpulkan ketika Anda memberikan zakat penghasilan, maka penghasilan atau rezeki Anda juga akan semakin akan meningkat.

Membantu Orang Lain

Seperti pengertian zakat di atas, zakat diberikan bagi mereka yang berhak untuk mendapatkannya. Dengan kata lain, zakat Memberikan manfaat untuk membantu orang lain dalam hal pembagian rezeki. Sehingga mereka juga bisa merasakan rezeki atau kenikmatan yang Anda peroleh.

Ajakan Bayar Zakat ( Online atau Offline)

Ajakan bayar zakat ( online atau offline) tertera dalam HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Daru Quthni yang berkaitan dengan zakat fitrah. Adapun ajakan untuk berzakat, juga tertera di dalam kitab Al Majmu’ Syarah karangan imam An-Nawawi Juz 6 halaman 87 – 88. Bahkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 23 tahun 2020 juga terkait hak dan kewajiban berzakat.

Baik itu untuk Zakat Penghasilan, Zakat Mal, Zakat Fitrah, Manfaat Zakat, Bayar Zakat, Bayar Zakat Online ataupun jenis zakat lainnya. Setiap orang yang mampu diharuskan untuk membayar zakat supaya mendapatkan manfaat dari harta yang dikeluarkan.

Selain itu, melakukan zakat juga akan memberikan kemudahan dan bantuan bagi mereka yang berhak dan dirasa lebih membutuhkan. Semoga saja dengan memahami pengertian zakat, jenis, hingga manfaatnya membuat Anda lebih rajin dalam berbagi.

Bayar Zakat Penghasilan dan Zakat Maal

Sahabat Pondok Yatim & Dhuafa , Yuk Tunaikan Zakat Penghasilan dan Zakat Maal anda di Akhir Tahun ini supaya Harta yang Allah SWT berikan menjadi bersih dan  berkah.

Rekenin Zakat
Rekening Zakat

Rekening Zakat

Bayar Zakat Online sekarang via Transfer ke Rekening Zakat, Ovo, Dana, Gopay dan Shopee Pay. Berikut No Rekening Bank untuk Pembayaran Zakat Penghasilan atau Zakat Maal.

BNI SYARIAH : 8287474747

MANDIRI SYARIAH : 7001404436

Atas Nama : Yayasan Amal Sholeh Sejahtera

20 komentar untuk “Pengertian Zakat, Jenis dan Manfaat Melakukan Zakat bagi Umat Muslim”

  1. Alhamdulillah , mendapatkan pemahaman ttg zakat, menghilangkan keraguan untuk menunaikan zakat , Jazakumullah khoiron katsiron 🙏🙏

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: