Home » Artikel » Blog » Memiliki Tubuh yang Sehat sesuai Ajaran Islam
Memiliki Tubuh Sehat Sesuai Ajaran Islam

Memiliki Tubuh yang Sehat sesuai Ajaran Islam

Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk yang paling sempurna, Tak lupa Allah juga memberikan kenikmatan berupa kesehatan agar manusia bisa dengan mudah menjalani kewajibannya di dunia.

Nikmat sehat adalah anugerah Allah yang sangat besar bagi manusia. Sebab, kesehatanlah yang menentukan terhadap semua aktivitas, baik dalam hal ibadah ataupun dalam hal muamalah.

Nikmat sehat menurut rasulullah adalah salah satu nikmat yang banyak dilupakan manusia sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW bersabda, “Dua kenikmatan yang banyak manusia melupakannya adalah kesehatan dan waktu luang” (HR. Bukhari)

Tubuh yang sehat

Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan manusia karena dengan tubuh yang sehat menjadi penunjang dalam melaksanakan ibadah-ibadah kepada Allah secara maksimal. Begitu pentingnya kesehatan bagi manusia, Islam-pun memberikan perhatian besar terhadap kesehatan.

Rasulullah SAW adalah teladan dalam segala hal termasuk dalam aspek kesehatan. Maka sebagai ummatnya kita perlu meneladani pola hidup beliau guna menghasilkan tubuh yang sehat. Berikut Tips untuk menghasilkan tubuh yang sehat sesuai ajaran islam dan sunnah Rasulullah SAW

1. Pola  Tidur yang Teratur

Tidur untuk tubuh sehat

Tidur adalah suatu kondisi ketika seseorang tidak sadar namun dapat dibangunkan kembali. Tidur penting bagi kelangsungan sistem imun tubuh, sehingga apabila tubuh kurang tidur dapat menyebabkan sakit. Rasulullah biasa tidur secara teratur untuk menjaga tubuh agar tetap dalam keadaan yang sehat dan prima dalam melaksanakan dakwah.

Rasulullah membiasakan tidur setelah selesai menunaikan shalat isya dan bangun lebih cepat di sepertiga malam terakhir untuk menunaikan shalat malam hingga menjelang masuk adzan subuh. Ini dilakukan Rasulullah untuk memulihkan tubuhnya dari aktivitas seharian.

Penelitian yang dilakukan di Jepang dan AS yang diikuti oleh usia 30-120 tahun selama 6 tahun menyimpulkan, bahwa orang yang biasa tidur lebih dari 8 jam sehari memiliki resiko kematian yang lebih cepat.

2. Selalu Bangun Pagi Sebelum Subuh

Bangun Tidur

Orang yang bangun pagi sebelum subuh memperoleh banyak manfaat antara lain, udara subuh masih sangat segar, bersih dan bebas dari polusi sehingga bagus untuk kesehatan paru-paru. Rasulullah juga memanfaatkan waktu sebelum subuh untuk memperoleh limpahan rahmat dan mendekatkan diri kepada Allah lewat shalat tahajud dan witir dimana waktu tersebut adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

3. Menjaga Kesehatan dengan Pola Makan

pola makan

Tubuh yang sehat tidak hanya datang dari pola tidur yang teratur, tetapi juga menjaga pola makan sebagaimana Rasulullah mencontohkan pola makan yang baik seperti tidak berlebihan dalam makan dan teratur setiap harinya. Rasulullah menganjurkan untuk membagi isi perut dengan tiga hal secara seimbang, yaitu sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air, dan sepertiga untuk bernapas. 

Allah Ta’ala berfirman, “Wahai anak adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid. Makan dan minumlah dan janganlah berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf : 31)

4. Menjaga Kebersihan

Kebersihan

Faktor lain untuk memiliki tubuh yang sehat adalah aktif menjaga kebersihan baik itu kebersihan lahir maupun bathin. Allah Ta’ala menerangkan dalam firman-Nya, “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan yang mensucikan diri” (QS. Al-Baqarah:222)

Rasulullah menganjurkan kebersihan dalam banyak hal seperti kebersihan diri mulai dari kebersihan rambut, kuku, hingga gigi. Kemudian kebersihan pakaian sebagaimana dalam firman Allah, “Dan pakaianmu, maka bersihkanlah” (QS. Al Mudatsir : 3), Serta kebersihan tempat tinggal.

Hal terpenting lainnya yang harus di perhatikan kebersihannya adalah ketika hendak melakukan ibadah shalat dimana sebelum memulai shalat diwajibkan untuk wudhu sebagai bentuk menjaga kebersihan diri.

5. Memiliki Tubuh Sehat dengan Berolahraga

Olahraga

Rahasia lain untuk memiliki tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga. Olahraga berperan penting untuk menjaga stamina dan keseimbangan tubuh. Diantara bentuk olahraga yang sering Rasulullah lakukan adalah berjalan kaki atau lari-lari kecil. Beliau melakukannya ketika hendak ke pasar, pergi dan pulang dari masjid juga ketika hendak ke rumah para sahabatnya.

Ketika berjalan kaki keringat mengalir deras ke sekujur tubuh, Pori-pori terbuka, dan Peredaran darah berjalan secara normal serta jantung semakin stabil. Selain berjalan kaki, Rasulullah memiliki kegiatan olahraga favorit sebagaimana Beliau juga menganjurkan dalam sabdanya, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (HR. Bukhari Muslim)

Demikianlah Tips-Tips untuk mewujudkan tubuh yang sehat sesuai ajaran islam dan Sunnah Rasulullah SAW. Semoga kita dapat meneladani pola hidup Rasulullah dalam kesehatan sehingga tercipta generasi yang memiliki tubuh serta jiwa yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: