Home » Artikel » Kabar Asrama » Hafalan anak asuh yatim dan dhuafa di uji melalui Tasmi’ Al Qur’an
Hafalan Al Qur'an

Hafalan anak asuh yatim dan dhuafa di uji melalui Tasmi’ Al Qur’an

Hafalan Al Qur'an

Kegiatan Tasmi’ Hafalan Al Qur’an Pondok Yatim & Dhuafa berlangsung pada hari Ahad(26/12) yang di ikuti oleh anak-anak asuh dari Asrama Yatim & Dhuafa.

Bertempat di Asrama yatim & dhuafa Kembang Kerep, Meruya. Kegiatan tersebut di awali dengan sambutan dari Bapak Ali Sedin selaku Manager Pendidikan di pondok yatim & dhuafa. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini yakni sebagai ajang untuk menguji hafalan anak-anak asuh yang telah mencapai Juz 29&30.

Tasmi’ ialah kegiatan menyetorkan hafalan Al Qur’an kepada penguji tanpa melihat mushaf. Selain itu dalam kegiatan ini beberapa anak asuh yang mencapai nilai terbagus dalam Tasmi’nya juga mendapatkan sertifikat serta hadiah sebagai motivasi agar mampu meningkatkan hafalan Al Qur’an mereka kedepannya.

 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa hafalan Al Qur’an memiliki banyak sekali keutamaan diantaranya ialah  dalam haditsnya Rasulullah SAW bersabda:

يَجِىءُ الْقُرْآنُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَيَقُولُ يَا رَبِّ حَلِّهِ فَيُلْبَسُ تَاجَ الْكَرَامَةِ ثُمَّ يَقُولُ يَا رَبِّ زِدْهُ فَيُلْبَسُ حُلَّةَ الْكَرَامَةِ ثُمَّ يَقُولُ يَا رَبِّ ارْضَ عَنْهُ فَيَرْضَى عَنْهُ فَيُقَالُ لَهُ اقْرَأْ وَارْقَ وَتُزَادُ بِكُلِّ آيَةٍ حَسَنَةً

Al Qur’an akan datang pada hari kiamat, lalu dia berkata, “Ya Allah, berikan dia perhiasan.” Lalu Allah memberikan hafiz qur’an tersebut mahkota kemuliaan.

Kemudian Alquran meminta lagi, “Ya Allah, tambahkan untuknya.” Lalu Allah memberikan pakaian dan perhiasan kemuliaan. Kemudian dia minta lagi, “Ya Allah, ridhai dia.” maka Allah-pun meridhainya. Lalu dikatakan kepada hafiz quran, “Bacalah dan naiklah, Allah akan menambahkan untukmu pahala dari setiap ayat yang kamu baca.” (HR. Turmudzi 3164)

Hafalan Al Qur’an sendiri merupakan salah satu program pondok yatim & dhuafa bagi anak-anak asuh yang bermukim di asrama yatim & dhuafa. Mari terus dukung dan doakan agar anak-anak asuh kami menjadi generasi penghafal Al Qur’an yang Bertaqwa, Cerdas dan Mandiri.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: