Home » Artikel » Blog » Daun Kemangi dan Manfaatnya
daun kemangi

Daun Kemangi dan Manfaatnya

Daun Kemangi memiliki nama latin Ocinum basilicum serta disebut dalam Al Qur’an dengan sebutan Raihan dan juga kerap disebut dengan daun selasih di indonesia ini, umunya dikonsumsi untuk lalapan segar. Dalam Kitab Ath-Thibbun Nabawi, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah menyebutkan,

Sesungguhnya Allah SWT telah memuliakan tanaman Raihan dengan menyebutkannya di dalam Al-Qur’an. Allah SWT berfirman, “Adapun apabila dia (orang yang mati) termasuk orang yang didekatkan (kepada Allah), maka dia memperoleh ketentraman dan raihan (rezeki) serta surga kenikmatan.” (Al-Waqi’ah [56]: 88-89) 

“Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum aromanya. Maka nikmat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (Ar-Rahman [55]: 12-13)

Berikut ini manfaat yang terkandung Daun Kemangi :

1. Daun Kemangi untuk Menghilangkan Bau Badan

Daun Kemangi memiliki khasiat dalam menghentikan produksi keringat yang berlebih, menyerap cairan-cairan di dalam tubuh yang berlebih pula, serta menghilangkan bau yang kurang sedap pada ketiak. Caranya dengan mengoleskan dan dipijitkan ke badan, serta mengkonsumsinya.

2. Daun Raihan untuk Menyembuhkan Luka

 

Memiliki khasiat dalam menyembuhkan jerawat, bisul dan borok di tangan dan kaki serta disekitar kuku, daun kemangi diolah dengan cara menumbuk daunnya sehingga halus kemudian menaburkannya di atas luka.

3. Memperlancar Proses Persalinan

Apabila daun kemangi direbus dan dikonsumsi air rebusannya, maka sangat berkhasiat Memperlancar proses persalinan melalui rahim, memperlancar proses keluarnya tinja dari dubur, juga mengendurkan persendian dan otot-otot yang kaku.

Dawud Al-Anthoki menuturkan seputar khasiat-khasiat tanaman raihan ini di dalam kitabnya At-Tadzkirah li Ulil Al-Bab, “Bahwasanya tanaman raihan ini memiliki fungsi untuk mengharumkan ruangan maupun makanan, mengharumkan bau mulut, dan menyegarkan organ perut. 

Tanaman raihan berkhasiat meredakan otot-otot yang kejang dan kram, sebagai penguat sel-sel urat syaraf apabila stamina badan menurun, menghilangkan penyakit susah tidur (insomnia). Selain itu juga sangat berkhasiat dalam menghentikan rasa sakit saat haid bagi wanita, penyeimbang syaraf-syaraf yang tidak stabil, pusing dan vertigo, rasa mual  dan mulas pada perut, serta stress.

daun kemangi

Tanaman raihan juga memiliki khasiat bagi anak kecil yang merasakan gangguan susah tidur. Sementara itu, tanaman raihan merupakan tanaman yang sangat digemari oleh manusia. Mereka saling menghadiahkan bunga raihan, dan menempatkannya di dalam rumah mereka, baik di atas meja, meja makan, agar wanginya menyebar ke seluruh ruangan serta banyak tersaji dalam menu-menu makanan.” 

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: