Home » Artikel » Blog » Buah Anggur dan Manfaatnya
buah anggur dan manfaatnya

Buah Anggur dan Manfaatnya

“Dia menumbuhkan bagi kalian dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, buah anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan”. (Qs. An-Nahl :11)
Dalam sejarah, anggur telah ada sejak 5000 SM. Manusia pada zaman dahulu memanfaatkan buah hitam manis ini sebagai makanan dan minuman. Sementara itu dari banyak sumber menyebutkan bahwa buah ini berasal dari sekitar Armenia.

Kandungan Gizi Buah Anggur

Anggur merupakan buah yang memiliki nilai gizi luar biasa yakni mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, dan mineral. Kandungan vitamin B6 pada anggur penting untuk otak agar dapat berfungsi normal, membantu membentuk protein, hormone dan sel darah merah.

Rajin mengkonsumsi anggur dapat menjaga kesehatan jantung karena adanya kandungan flavonoid dalam anggur yang mempunyai efek biologis sangat kuat sebagai anti oksidan, menghambat penggumpalan keping-keping sel darah serta merangsang oksidasi nitrit yang dapat melebarkan pembuluh darah.

Selain itu dalam sebuah jurnal dari kanada, Applied and Environmental Microbiology menyebutkan, bahwa jus anggur dapat mencegah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit infeksi virus, seperti Influenza, polio, dan herpes simpleks tipe I.

Anggur Mengobati Kesulitan Tidur

Sebuah penelitian di Italia menunjukkan bahwa anggur mengandung melatonin yaitu suatu hormon yang bisa mengatur jam biologis manusia. Hormon ini umumnya akan muncul pada malam hari, sehingga mengantarkan orang untuk tidur pulas.

Memakan Buah Anggur dengan Kulit dan Bijinya

Jika ingin mengkonsumsi buah anggur, alangkah baiknya juga memakan buah beserta kulit dan bijinya. Hal ini karena pada biji buah anggur mengandung zat antioksidan pycnogenol yakni senyawa untuk penguat Kolagen dan meningkatkan pembuluh darah. Senyawa ini juga bersifat antiaging sehingga menghambat proses penuaan.

Lain halnya dengan kulitnya, anggur memiliki kulit yang kaya akan kandungan flavonoid yang memiliki peran untuk merawat dan membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan sehingga menghindari risiko stoke dan darah tinggi.

Jhon D. Folts, PhD dari University Of Winconsin Medical School Mengatakan dalam riset yang ia lakukan bahwa flavonoid anggur memiliki antioksidan yang lebih besar dibandingkan vitamin C. Selain itu anggur juga tinggi akan kandungan mineral kalium yang mampu mengontrol tekanan darah tinggi dan mencegah serangan stroke.

Ibnul Qayyim Mengatakan, bahwa anggur merupakan buah yang paling baik serta paling banyak manfaatnya. Dapat dimakan dalam keadaan basah maupun kering, masih hijau maupun sudah masak. Anggur adalah buah bagi buah-buahan yang lain, makanan pokok diantara makanan pokok yang lain, sebagai obat bila dibandingkan dengan obat-obatan dan minuman apabila digabungkan dengan aneka minuman lainnya. (Kitab Ath-Thibbun Nabawi)

 

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: