Home » Artikel » Blog » 7 Amalan agar bangun tidur berpahala
7 amalan bangun tidur

7 Amalan agar bangun tidur berpahala

Nikmat yang harus disyukuri saat memulai hari yaitu nikmat bangun dari tidur. Dimana dengan izin Allah, Dia masih memberi kesempatan bagi hambanya untuk hidup dan melanjutkan perjalanannya dalam mengumpulkan amal shalih.

Bagi seorang muslim hendaknya selalu bersikap hati-hati dalam setiap kegiatannya termasuk saat bangun dari tidur, ia tidak melupakan Allah ketika mulai membuka matanya juga ketika mulai menggerakkan anggota tubuhnya untuk beraktivitas.

Bangun tidur berpahala

Dari Abu Hurairah RA, dia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Setan membuat ikatan-ikatan pada ubun-ubun kepala salah seorang di antara kalian ketika sedang tidur sebanyak tiga ikatan, di mana setiap ikatan dikatakan kepadanya malam masih panjang. “Teruslah tidur,” kata setan.

Dan apabila dia terbangun lalu berdzikir kepada Allah maka satu ikatan terlepas. Apabila dia berwudhu maka satu ikatan lagi terlepas.

Apabila dia shalat, maka seluruh ikatannya terlepas sehingga dia menjadi bersemangat dan memiliki jiwa yang baik. Jika tidak dia menjadi orang yang buruk jiwanya sehingga malas.” (HR. Bukhari)

Lalu, Bagaimanakah agar bangun tidur kita melibatkan Allah dan bernilai pahala? Mari simak 7 amalan ketika bangun tidur dibawah ini.

1. Membaca Doa Bangun Tidur

Ketika seorang muslim telah bangun dari tidurnya, alangkah indahnya jika disertai dengan dzikir kepada Allah. Sebagaimana dalam hadits dari Hudzaifah Al-Yaman mengatakan tatkala Rasulullah menuju tempat tidurnya, maka beliau mengucapkan:

“Dengan namaMu Ya Allah aku hidup dan mati.” Apabila bangun, maka beliau mengucapkan. الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan hanya kepadaNya kami kembali.” (HR. Bukhari)

2. Mengambil Air Wudhu

Wudhu merupakan ibadah untuk membersihkan diri dari hadats dan najis, begitupula ketika kita tidur dimana kita tidak tau apa yang kita perbuat, maka setelah bangun dari tidur Rasulullah memerintahkan untuk berwudhu. Hal ini tertuang dalam hadits,

“Jika salah seorang dari kalian bangun tidur, maka hendaknya segera wudhu dan beristintsar sebanyak tiga kali” (HR. Bukhari)

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang dari kalian bangun tidur, maka hendaknya beristintsar (mengeluarkan air dari hidung) sebanyak tiga kali karena setan bermalam di lubang hidungnya.” (HR. Muttafaqqun Ilaih)

3. Menunaikan Shalat Sunnah pada Sepertiga Malam

Diantara cara menjemput pahala saat bangun dari tidur ialah dengan menunaikan shalat sunnah pada sepertiga malam yang di dalamnya Allah memberikan banyak ganjaran kebaikan.

Allah Ta’ala dalam FirmanNya, “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Rabbmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” [QS. Al-Isra’:79]

4. Menunaikan Shalat Sunnah Fajar

Shalat Sunnah lainnya yang dapat dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur ialah Shalat Fajar. Rasulullah mengistimewakan shalat sunnah ini dengan menyebutkannya dalam hadits,

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
“Dua rakaat shalat fajar lebih utama dari dunia dan seisinya” (HR. Muslim)

5. Shalat Shubuh

Allah mengistimewakan orang yang menunaikan ibadah shalat subuh dengan jaminan dari Allah Ta’ala

”Siapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka, jangan kamu mencari jaminan Allah dengan sesuatu (selain dari shalat), yang pada saat kamu mendapatkannya justru kamu tergelincir ke dalam api neraka.” (HR Muslim).

6. Dzikir Pagi hari

Dzikir pagi merupakan amalan yang banyak keutamaannya, orang yang membaca dzikir di pagi hari maka akan mendapat perlindungan hingga sore hari.

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata : “Dzikir pagi dan petang seperti baju besi, semakin bertambah ketebalannya maka pemiliknya semakin tidak terkena (bahaya).

Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda :

“Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah mulai dari (waktu) salat Subuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Ismail AS. Dan aku duduk dengan orang-orang yang berdzikir kepada Allah mulai dari (waktu) salat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak.”

7. Sedekah Shubuh

Bangun tidur semakin menghasilkan pahala juga mendatangkan karunia Allah dengan melakukan sedekah subuh, Rasulullah menerangkan dalam hadits,

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu malaikat mengatakan: “Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.” Malaikat yang satu mengatakan: “Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari Muslim)

Baca juga keutamaan sedekah subuh

Inilah 7 amalan yang bisa dilakukan pada waktu pagi agar bangun tidur kita tidak hanya aktivitas pagi belaka tetapi juga bernilai pahala di sisi Allah.

 

 

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: