Home » Artikel » Blog » Adab-Adab Bersedekah

Adab-Adab Bersedekah

Adab-adab Sedekah

Sedekah adalah Amalan Sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan sedekah seperti dalam hadits, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Dan Sungguh sedekah menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR. At Tirmidzi).  Sudahkah kita memperhatikan  Adab-Adab Bersedekah ketika hendak menunaikan amalan ini?

Adab-Adab Bersedekah

Dalam bersedekah terdapat beberapa Adab yang harus diperhatikan, diantaranya sebagai berikut.

1. Mengharapkan Pahala dari Allah

Seorang muslim hendaknya selalu mengharap pahala pada tiap sedekah yang diberikannya. Hal ini Sebagaimana dalam Sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam

“Seorang muslim yang memberi nafkah kepada keluarganya dengan berharap pahala darinya,nafkah itu menjadi sedekah baginya” (HR. Muttafaq ‘alaih)

2. Harta yang disedekahkan hendaknya harta yang halal dan baik.

Allah adalah Dzat yang Maha baik dan Menyukai kebaikan serta Dia tidak menerima kecuali yang baik saja.

Hal ini didasarkan pada hadits Abu Hurairah RA, dia berkata; Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam Bersabda:

“Wahai Manusia, Sesungguhnya Allah itu Maha Baik dan Dia tidak menerima kecuali yang baik saja. Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada orang-orang beriman sebagaimana yang Dia perintahkan kepada para rasul. Dia Berfirman: “Wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan. Sungguh,Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mu’minun:51) Dalam ayat lainnya disebutkan: “Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.” (QS. Al Baarah:72). (HR. Muslim)

3. Tidak boleh meremehkan pemberian sedekah

Janganlah meremehkan sedekah apa pun, meskipun hanya sebutir kurma. Seperti dalam Hadist Rasulullah yang berbunyi “Jauhilah neraka walaupun dengan bersedekah sebutir kurma, maka siapa saja yang tidak mendapatkannya, maka hendaklah (bersedekah) dengan kata-kata yang baik.” (HR Bukhari dan Muslim).

4. Bersegera dan Berlomba-lomba dalam Bersedekah.

Hal ini tertuang dalam Firman Allah SWT “Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Maha kuasa atas segala sesuatu.” (QS Al Baqarah:148)

5. Bersedekah secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan dengan mengharap pahala yang besar dari Allah Ta’ala.

Ketika seseorang bersedekah secara terang-terangan, maka sedekah itu mampu memotivasi orang lain supaya mengikutinya, sehingga ia mendapat pahala dari orang yang mengikutinya.

Sebagaimana Firman Allah Ta’ala “Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan. (QS.Al Baqarah : 271)

6. Bersedekah dengan sesuatu yang disenangi oleh si penerima.

Hal yang utama dalam bersedekah ialah memberikan sesuatu yang disenangi oleh si penerima. Allah Ta’ala Berfirman : “Wahai Orang-orang yang Beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya, Maha Terpuji.” (QS.Al Baqarah : 267)

Demikianlah beberapa Adab-Adab dalam Bersedekah, Maka sudah sepatutnya bagi kita untuk memperhatikan Adab-Adab dalam bersedekah sebagai bentuk memuliakan amalan tersebut. Semoga Allah SWT selalu memberikan kita kelapangan rezeki untuk menunaikan amalan sedekah.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: