Yuk Simak Keutamaan dan Manfaat Menyantuni Anak Yatim Di Bulan Ramadhan - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Yuk Simak Keutamaan dan Manfaat Menyantuni Anak Yatim Di Bulan Ramadhan
Keutamaan dan Manfaat Menyantuni Anak Yatim Di Bulan Ramadhan

Yuk Simak Keutamaan dan Manfaat Menyantuni Anak Yatim Di Bulan Ramadhan

Menyantuni anak yatim merupakan salah satu ibadah yang memiliki pahala yang besar. Terutama bagi anda yang melakukan kegiatan ini di bulan Ramadhan, maka tentunya pahala yang anda terima akan berlipat ganda. Lalu sebenarnya bagaimana keutamaan dan manfaat menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim Saat Bulan Ramadhan

1. Memperoleh Kemudahan Masuk Surga

Menyantuni anak yatim memiliki banyak keutamaan. Saking istimewanya anak yatim, Rasulullah pernah bersabda “Aku dan orang-orang yang mengasuh/menyantuni anak yatim di Surga seperti ini”, saat beliau mengatakan hal tersebut, Rasulullah mengangakt tangannya dan memberi isyarat menggunakan jari telunjuk dan jari tengah seraya merenggangkannya. [HR. Bukhari]

Dari gerakan di atas, tampak bahwa orang yang mengistimewakan anak yatim akan sangat dekat dengan Rasulullah. Terlebih saat anda menyantuni anak yatim saat bulan Ramadhan, tentunya pahala yang anda terima juga akan berlipat ganda. Semakin banyak pahala yang anda peroleh maka tentunya akan lebih mudah bagi anda untuk masuk ke surganya Allah.

2. Tercukupi Segala Kebutuhan Dirinya

Jika anda mensedekahkan sedikit rezeki anda untuk anak yatim, maka sejatinya rezeki itu akan kembali pada anda dalam keadaan berlipat ganda. Terkadang masih banyak orang yang merasa berat untuk bersedekah karena mereka menganggap akan kehilangan hartanya, namun sebenarnya harta yang mereka keluarkan akan dilipat gandakan oleh Allah.

Allah akan memberikan segala kemudahan bagi orang yang menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan. Segala kesulitan akan diangkat oleh Allah dan semua urusannya akan dimudahkan. Bagi orang yang telah bersedekah kepada anak yati, seluruh hidupnya akan dipenuhi dengan berkah dan rezeki sehingga semua masalahnya akan selesai dengan bantuan Allah.

3. Pahala yang Sempurna

Keutamaan dan Manfaat Menyantuni Anak Yatim Di Bulan Ramadhan

Saat bulan Ramadhan, tentyu sudah seharusnya kita mencari pahala sebanyak banyaknya. Tahukah anda jika sebenarnya bulan Ramadhan dapat dikatakan sebagai bulannya anak yatim? Bagi orang yang sadar akan keutamaan anak yatim, momen Ramadhan akan ia manfaatkan sebaik baiknya. Tak hanya karena pahala, namun menyantuni anak yatim akan membuat hati kita bersih.

Salah satu kegiatan sederhana menyantuni anak yatim saat bulan Ramadhan adalah dengan mengajak mereka berbuka bersama. Anda dapat mengunjungi sebuah panti asuhan dan memberikan nasi kotak kepada mereka. Kegiatan seperti ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan namun memang memerlukan niat dan keikhlasan yang besar.

Mengajak anak yatim berbuka bersama sebenarnya sesuai dengan Qs. Al Baqoroh,2:220 yang artinya “Dan mereka bertanya kepadamu mengenai anak-anak yatim. Katakan lah, “Memperbaiki keadaan anak-anak yatim itu amat baik bagimu.” Dari ayat tersebut terlihat bahwa memberi makan anak yatim yang berpuasa akan memperoleh keutamaan yang besar.

4. Mendapat Tempat Terbaik di Sisi Allah

Keutamaan selanjutnya saat menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan adalah anda akan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah. Perintah menyantuni anak yatim merupakan perintah Allah sehingga tak heran jika orang yang melaksanakannya akan mendapat berkah yang sangat besar. Berkah inilah yang dapat mengangkat derajatnya di sisi Allah SWT.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Abu Hurairah, dijelaskan bahwa “Sebaik-baik rumah orang Islam adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim dan diasuh dengan baik. Seburuk-buruk rumah orang islam adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim yang diperlakukan dengan jahat.”

Berdasarkan hadis tersebut dapat diketahui bahwa kita harus memperlakukan anak yatim sebaik mungkin. Kita tidak boleh menghina atau merendahkan mereka karena sejatinya mereka merupakan salah satu jalan bagi kita untuk mencapai ridho Allah. Jika kita berbuat sebaliknya, maka kita akan mendapat ganjaran yang pedih.

5. Mendapat Pahala Menyayangi Sesama Manusia

Anak yatim sama saja dengan anak lainnya, hanya saja mereka tidak seberuntung anak lain yang memiliki orangtua yang lengkap. Tak baik bagi kita untuk mendiskriminasinya. Bagi anda yang menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan maka tak hanya pahala bersedekah saja yang anda dapatkan namun juga pahala menyayangi sesama manusia.

Jika kita telah berbuat baik sesama Manusia, maka Allah juga akan menjauhkan kita dari segala keburukan. Saat melakukan sebuah kebaikan maka anda hendaknya melakukan hal tersebut secara istiqomah. Keistiqomahan inilah yang memiliki nilai sangat besar karena mempertahankan niat dan keikhlasan jauh lebih berat dibandingkan saat kita memulainya.

6. Mendapat Doa Malaikat

Di sekitar kita terdapat malaikat yang senantiasa megawasi setiap perbuatan kita. Saat kita berbuat baik maka tentunya amal kita akan dicatat sesuai dengan yang kita lakukan. Orang yang menyantuni anak yatim akan didoakan oleh malaikat sehingga akan diberikan kepadanya kebaikan yang jauh berlipat dari sebelumnya.

Orang yang sering berbuat baik dan didoakan oleh malaikat akan memperoleh ketenangan sepanjang kehidupannya di dunia dan akhirat. Bayangkan jika anda sering didoakan oleh malaikat maka tentunya anda akan mendapat kemudahan dalam menjalani hidup karena tentunya doa malaikat akan mudah didengar oleh Allah.

Hadis Riwayat Al-Bukhari No. 1442 & Muslim No.1016 telah ditulis bahwa “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat. Lalu salah satunya berkata, “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya berkata, “Ya Allah berikanlah kehancuran kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).”

Dari hadis tersebut terlihat jelas bahwa harta yang kita miliki tidak boleh kita simpan hanya untuk kepentingan diri kita sendiri. Setiap harta yang kita miliki di dalamnya terdapat hak orang lain yang harus kita keluarkan. Jika kita terus menyimpan hak orang lain maka harta kita tidak akan berkah. Salah satu jalannya adalah dengan menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan.

7. Dihapuskan Dosanya

Bulan Ramadhan memanglah bulan penuh berkah untuk umat muslim. Bagi anda yang memohon ampun di bulan Ramadhan maka segala dosa anda akan digugurkan oleh Allah, begitu pula saat anda melakukan sebuah kebaikan maka setiap pahalanya akan berlipat ganda. Salah satu kegiatan yang pasti diberi pahala oleh Allah adalah menyantuni anak yatim.

Pahala menyantunu anak yatim di bulan Ramadhan dapat menggugurkan dosa dosa yang pernah kita lakukan sebelumnya. Jika setiap dosa kita telah terhapuskan maka kita akan hidup dalam hati dan jiwa yang bersih. Melalui hati dan jiwa yang bersih kita akan mudah menjdapatkan jalan atas semua kesulitan yang kita hadapi.

8. Mendapat Pahala Mengikuti Sunnah Rasul

Keutamaan menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan selanjutnya adalah mendapatkan pahala sunnah Rasul. Rasulullah merupakan salah satu priobadi yang tentunya merupakan teladan bagi seluruh umat muslim di dunia. Apa yang beliau lakukan semasa hidupnya tentu dapat kita contoh agar hidup kita penuh dengan berkah dari Allah SWT.

Demikianlah 8 keutamaan menyantuni anak yatim saat bulan Ramadhan. Menyantuni anak yatim merupakan salah satu perbuatan baik yang penuh dengan pahala, terlebih jika kita melakukannya di bulan yang penuh berkah seperti bulan Ramadhan. Tentu pahala yang kita dapat akan berlipat sehingga kita akan memperoleh keutamaan yang lebih di sisi Allah SWT.

 

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: