Keutamaan Sedekah di Hari Jumat Kepada Anak Yatim - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Sedekah Yatim » Keutamaan Sedekah di Hari Jumat Kepada Anak Yatim
Keutamaan Sedekah di Hari Jumat Kepada Anak Yatim

Keutamaan Sedekah di Hari Jumat Kepada Anak Yatim

Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan bagi seluruh umat muslim. Hari terbaik bagi anda untuk melakukan sedekah adalah hari Jumat, sedangkan golongan orang yang layak sebagai penerima sedekah salah satunya adalah golongan anak yatim. Berikut adalah ulasan mengenai keutamaan sedekah hari Jumat kepada anak yatim.

Hadist Mengasihi Anak Yatim

Mengasihi anak yatim merupakan salah satu kegiatan yang sangat baik untuk dilakukan. Tidak hanya bertujuan untuk meringankan beban mereka namun ini juga dapat menambah amal ibadah orang yang melakukannya. Banyak hadits yang mengingatkan dan menganjurkan kita bahwa menyantuni dan mengasihi anak yatim merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan.

Salah satu hadis berasal dari riwayat Imam Bukhari dari Sahl bin Sa’ad r.a yang berisi sabda Rasulullah yang artinya “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini.” Rasulullah mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya yang diregangkan seolah Rasulullah menjelaskan bahwa ia akan berdampingan dengan orang yang memelihara mereka.

Selain itu juga diriwayatkan bahwa Nabi Daud a.s pernah berkata bahwa “Bersikaplah kamu kepada anak yatim sebagaimana seorang bapak yang penyayang.” Oleh karena itu sudah sepatutnya kita menyayangi dan memperlakukan anak yatim dengan sangat baiks seperti saat kita memperlakukan anak kandung kita sendiri.

7 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat Pada Anak Yatim

1. Keutamaan Seperti Sedekah di Bulan Ramadhan

Seperti yang telah kita tahu bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang paling stimewa bagi umat muslim. Namun sayangnya bulan ramadhan hanya terjadi selama satu bulan. Bayangkan jika bulan ramadhan terlaksana lebih satu bulan maka berapa banyak amalan yang dapat kita lakukan dan berapa banyak pahala yang dapat kita peroleh dalam beribadah.

Bagi anda yang ingin bersedekah, maka dianjurkan untuk sedekah hari Jumat. Sedekah di hari lain juga boleh, namun memang sedekah di hari Jumat memiliki keutamaan istimewa. Keistimewaan bagi anda yang bersedekah di hari Jumat adalah anda akan memperoleh keutamaan seperti saat anda melakukan sedekah di bulan Ramadhan.

Hadis yang menjelaskan terkait dengan hal ini berasal dari Ibnu Qayyim yang berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya.” Menyambut hal ini maka banyak ulama yang sependapat jika sedekah di hari Jumat memiliki ganjaran yang lebih besar.

2. Pahala Sedekah Berlipat Ganda

Hari Jumat adalah hari yang istimewa karena pada hari ini sebenarnya seluruh amalan kita akan dilipat gandakan oleh Allah. Salah satu amalan yang dapat anda lakukan adalah bersedekah. Anda dapat memberikan sebagian harta anda kepada dolongan yang berhak, salah satunya adalah golongan anak yatim.

Jika anda sedekah hari Jumat kepada anak yatim maka tentunya pahala yang anda terima akan semakin besar. Anda telah mengamalkan salah satu bentuk mengasihi anak yatim dan juga mengamalkan sedekah di hari Jumat. Oleh karena itu kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang akan sangat baik jika dilakukan secara rutin.

3. Dapat Memperkuat Iman

Beribadah menjadi salah satu jalan yang dapat dilakukan untuk memperkuat iman dan ketakwaan seseorang. Tak heran jika anda bersedekah secara rutin maka keimanan anda juga akan semakin meningkat. Terlebih jika sedekah yang anda lakukan tepat sasaran. Anda bersedekah kepada orang yang memang sudah dianjurkan untuk menerimanya.

Anda dapat semakin meningkatkan iman anda jika anda bersedekah kepada anak yatim. Anda juga akan semakin introspeksi diri atas seluruh berkah yang telah Allah berikan kepada anda. Melalui hal tersebut maka rasa terima kasih anda kepada seluruh rezeki yang Allah berikan akan meningkat, dengan begitu iman anda akan semakin kuat kepada Allah.

4. Mendapat Pertolongan Allah yang Tidak Terduga

Keutamaan Sedekah di Hari Jumat Kepada Anak Yatim

Allah akan selalu menolong hambanya yang sedang dalam kesulitan, namun memang bantuan yang Allah berikan seringkali tidak manusia sadari. Jika kita menyantuni anak yatim terlebih dengan memberikan sedekah di hari Jumat maka tentu kita akan mendapat ganjaran yang baik dari Allah. Allah kan memberikan kita bantuan yang tak terduga.

Bantuan yang Allah berikan tidak selalu berupa materi. Bantuan yang Allah berikan dapat berupa kesehatan atau tenaga sehingga kita dapat memperoleh kemudahan dalam segala hal yang kita lakukan. Dengan anda rutin sedekah hari Jumat maka sejatinya anda tidak kehilangan dan tidak akan merasa rugi melainkan rezeki anda akan dilipat gandakan oleh Allah.

5. Dapat Mempererat Tali Silaturahmi

Sebagai manusia, kita tidak akan pernah mengira kapan kita akan memerlukan bantuan orang lain. Dengan banyak bersedekah maka secara tidak langsung kita telah menyambung tali silaturahmi dengan orang lain. Kita telah membuat hati orang tersebut senang sehingga bukan tidak mungkin suatu saat dia akan membantu kita saat kita dalam kesulitan.

6. Merupakan Amalan Mulia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa keutamaan sedekah di hari Jumat akan sama seperti saat kita melakukan sedekah di bulan Ramadhan sehingga hal ini termasuk salah satu amalan mulia yang akan dicatat sebagai bentuk ibadah kita kepada Allah. Sebenarnya banyak peristiwa yang terjadi di hari Jumat sehingga tak heran jika hari Jumat menjadi hari yang mulia.

Tahukah anda peristiwa apa saja yang terjadi di hari Jumat? Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat dan beliau juga diturunkan ke bumi pada hari Jumat. Tak hanya itu kelak peristiwa kiamat juga akan terjadi di hari Jumat. Melihat banyaknya peristiwa yang terjadi di hari Jumat maka hendaknya kita rutin sedekah hari Jumat.

7. Dilimpahkan Karunia Kepada Orang yang Bersedekah

Dilimpahkan karunia merupakan salah satu bentuk balasan yang Allah berikan karena kita telah melakukan sebuah kebaikan. Oleh karena itu bagi anda yang telah bersedekah maka sudah menjadi hak anda untuk mendapat karunia dari Allah terlebih jika anda mengamalkannya di hari Jumat. Sedekah Jumat menjadi salah satu jalan bagi anda yang ingin menjemput karunianya.

Hari Jumat menjadi hari dimana Allah melimpahkan segala rahmat dan karunianya kepada setiap hambaNya. Ibnul Qayyim Rahimahullah pernah menjelaskan keutamaan hari Jumat yaitu “Bahwasanya sedekah di hari Jum’at dibandingkan semua hari dalam sepekan seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan selainnya.”

Ibnul Qayyim Rahimahullah juga bersaksi bahwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah apabila selalu membawa roti atau selainnya saat hendak salat Jumat dan menyedekahkan apa yang ia bawa secara sembunyi sembunyi di jalan yang ia lalui. Hal ini sebenarnya merupakan contoh sedekah hari Jumat yang dapat ditiru oleh laki laki yang hendak salat Jumat.

Demikilanlah alasan mengapa kita harus bersedekah kepada anak yatim di hari Jumat. Pada dasarnya memang hari Jumat adalah hari yang penuh dengan rahmat dari Allah sedangkan golongan anak yatim merupakan golongan yang harus diayomi oleh seluruh umat muslim. Tak heran jika melakukan kegiatan ini mendapat ganjaran yang besar dari Allah.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: