Yuk Simak Keutamaan dan Berkah Ramadhan Serta Kiat Kiat Sukses Menjalankannya Disini - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Uncategorized » Yuk Simak Keutamaan dan Berkah Ramadhan Serta Kiat Kiat Sukses Menjalankannya Disini
Keutamaan dan Berkah Ramadhan

Yuk Simak Keutamaan dan Berkah Ramadhan Serta Kiat Kiat Sukses Menjalankannya Disini

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Tak heran jika seluruh umat muslim berlomba lomba untuk mengisi bulan Ramadhan dengan segala kegiatan positif. Mengapa bulan Ramadhan disebut sebagai bulan yang istimewa? Apa saja kiat kiat sukses agar kita mendapatkan berkah di bulan Ramadhan? Yuk simak selengkapnya sebagai berikut.

5 Hal yang Menjadi Keutamaan Bulan Ramadhan

1. Ramadhan Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bagi umat muslim kehadiran Al-Quran adalah sebuah mukjizat yang sangat besar. Al-Quran menjadi pedoman bagi umat muslim untuk menjalani kehidupan di dunia. Bahkah di dalam Al-Quran kita juga dapat mengetahui hal hal yang terjadi bahkan sebelum kehidupan dimulai dan sesudah kehidupan kita berakhir.

Bulan Ramadhan menjadi sangat istimewa karena pada bulan inilah Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT. Bukti bahwa Al-Quran diturunkan saat bulan Ramadhan menjadi tanda bahwa memang bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keutamaan dan berkah. Oleh karena itu hendaknya kita semakin meningkatkan ibadah untuk mendapat berkah di bulan Ramadhan.

Dalam QS. Al-Baqarah 185 tertulis bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran sebagai petunujuk umat manusia dan mememuat penjelasan penjelasan sebagai pembeda antara yang benar dan batil. Oleh karena itu tentu tidak ada keraguan bagi seluruh umat muslim untuk tunduk dan mengamalkan segala ketentuan yang ada di dalam Al-Quran.

2. Berlipat Gandanya pahala

Saking penuh berkahnya, setiap kelakuan dan amalan soleh umat muslim akan di gandakan di bulan Ramadhan. Bahkan saking besarnya keutamaan bulan Ramadhan, bulan ini dijuluki sebagai bulan Syahrun Mubarak. “Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Agmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi).

Tidak hanya pahala, bentuk berkah lain di bulan Ramadhan adalah saat kita saling mengasihi satu sama lain dan saling membantu. Di bulan ini seluruh umat muslim banyak memberikan sedekah serta nanti diakhir juga memberikan zakat. Bentuk kegiatan ini juga menjadi salah satu bukti nyata bahwa di bulan ini seluruh berkah adalah nyata dapat dinikmati oleh semua orang.

3. Penuh dengan Pengampunan dan Penggugur Dosa

Untuk memohon ampunan bisa dilakukan kapan saja asalkan dengan ketululusan hati, namun pada bulan ini, semua amalan kita dapat menggugurkan dosa yang sebelumnya telah kita lakukan. Rasulullah pernah bersabda yang artinya barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh dengan keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim).

Salah satu amalan di bulan Ramadhan yaitu salat tarawih juga nyatanya dapat menghapus dosa dosa kita. Hal ini dipertegad oleh sabda Rasulullah yang artinya barang siapa yang berpuasa yang melakukan salat malam pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim).

Melalui dua sabda tersebut tentunya kita sudah mengetahui bahwa memang di bulan Ramadhan segala amalan yang kita lakukan dapat menggugurkan dosa kita yang telah lalu. Hendaknya kita memanfaatkan momen tersebut agar di akhirat kelak semuanya menjadi lebih mudah dan kita dapat masuk ke surganya Allah SWT.

4. Bulan Saat Ditutupnya Pintu Neraka dan Dibukanya Pintu surga

Salah satu berkah di bulan Ramadhan adalah ditutupnya pintu neraka dan dibukanya pintu surga. Artinya apa? Allah SWT memberikan kesempatan bagi hamba hambanya untuk masuk ke surge dengan berbekal amal shaleh dan segala ibadah yang pernah dilakukannya pada bulan Ramadhan. Tak heran jika bulan Ramadhan disebut bulan penuh berkah.

5. Pahala Puasa Setara Dengan Puasa 10 Bulan

Pernahkan anda mendengar orang mengatalan bahwa berpuasa di bulan Ramadhan selama satu bulan dan ditambah dengan puasa Syawal selam a6 hari setara dengan berpuasa selama satu tahun? Nyatanya hal ini bukanlah sebuah perkataan tampa dalil. Hal ini ternyata pernah diucapkan oleh Rasulullah dan tertuang dalam HR. Muslim.

Bagaimana sabda Rasulullah terkait dengan hal tersebut? kurang lebih artinya barang siapa yang berpuasa (di bulan Ramadhan) kemudian diikuti berpuasa selama 6 hari pada bulan Syawal maka hal itu sama seperti puasa setahun. Tentu melalui hadis ini telah mampu menjelaskan keutamaan dan berkah di bulan Ramadhan memang lebih banyak dibandingkan bulan lainnya.

Selain itu juga ditegaskan dalam hadis nabi yang lain, Imam Ahmad meriwayatkan Rasulullah bersabda “Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, maka satu bulan sama seperti sepuluh bulan. Dan siapa yang berpuasa setelah itu, berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawawl), hal itu sama nilainya dengan puasa sempurna satu tahun.” (HR. Ahmad).

Kiat Sukses Mengisi Bulan Ramadhan

Keutamaan dan Berkah Ramadhan

1. Memperbanyak Doa

Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan yang paling mustajab jika seseorang memohon sesuatu kepada Allah SWT. Oleh karena itu dengan memperbanyak doa di bulan Ramadhan maka harapannya banyak doa kita yang nantinya akan dikabulkan. Akan sangat baik jika doa yang kita panjatkan dilakukan dalam kondisi yang khusyuk saat sedang berbuka puasa.

2. Banyak Membaca Al-Quran

Momen bulan Ramadhan menjadi salah satu momen yang sangat pas bagi anda yang berencana mengkhatamkan Al-Quran. Harapannya dengan banyak membaca Al-Quran maka pahala yang kita dapatkan akan berlipat ganda dibandingkan bulan lain. Selain itu bulan Ramadhan juga bulan diturunkannya Al-Quran sehingga momen ini sangat tepat.

3. Rajin Salat Tarawih

Melaksanakan salat tarawih menjadi salah satu keutamaan di bulan Ramadhan. Salat tarawih pastinya tidak dapat dilakukan selain di bulan tersebut. memang salat ini menjadi salah satu amalan sunnah yang hanya bisa kita lakukan di bulan Ramadhan. Oleh karena itu akan sangat disayangkan jika anda melewatkan momen salat tarawih saat bulan Ramadhan.

Apabila anda rajin salat tarawih maka anda akan semakin banyak mendapatkan berkah di bulan Ramadhan. Sebenarnya salah satu alasan mengapa orang orang tidak melaksanakan salat tarawih karena memang waktunya yang dilakukan setelah berbuka atau setelah waktu isya sehingga kebanyakan orang sedang bersiap beristirahat atau sedang bersantai setelah berbuka.

4. Iktikaf

Iktikaf atau berdiam diri di masjid merupakan salah satu ibadah yang tentunya dapat menambah pahala kita. Iktikaf hukumnya sunnah bagi laki-laki dan perempuan karena Rasulullah selalu beriktikaf bersama dengan isterinya. Saat beriktikaf anda dapat banyak melantunkan zikir dan doa atau dengan membaca Al-Quran.

5. Banyak Melakukan Sedekah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada bulan Ramadhan segala perbuatan baik kita akan mendapat pahala yang berlipat. Salah satu bentuk kegiatan positif yang dapat kita lakukan adalah banyak banyak bersedekah. Dengan rajin bersedekah maka kita akan mendapatkan berkah di bulan Ramadhan yang lebih besar.

Demikianlah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengisi bulan Ramadhan serta pembahasan mengapa bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa. Kesimpulannya bulan ini merupakan momen yang sangat berharga sehingga hendaknya kita banyak banyak melakukan berbagai kegiatan positif debagai salah satu bentuk ibadah untuk mendapat ridha Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: