Berikut 8 Tips Pola Hidup Sehat Rasulullah yang Bisa Ditiru - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Berikut 8 Tips Pola Hidup Sehat Rasulullah yang Bisa Ditiru
Tips Pola Hidup Sehat Rasulullah yang Bisa Ditiru

Berikut 8 Tips Pola Hidup Sehat Rasulullah yang Bisa Ditiru

Kesehatan adalah hal utama yang harus dijaga oleh manusia. Segala aktivitas akan terasa lebih mudah jika tubuh kita dalam kondisi yang fit. Sebenarnya apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar? Sebenarnya banyak cara, salah satunya adalah mengikuti pola hidup sehat ala Rasulullah. Berikut adalah 8 tips yang dapat anda tiru.

8 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Ala Rasulullah

1. Tidur Tepat Waktu dan Tidak Begadang

Begadang adalah salah satu kegiatan yang banyak sekali dilakukan oleh anak muda. Sebenarnya apa yang mereka lakukan? Kebanyakan mereka mengerjakan tugas kuliah atau bahkan hanya sekedar nongkrong bersama teman. Hal tersebut sudah menjadi salah satu bentuk kebiasaan. Lalu apakah Rasulullah begadang? Jawabannya tidak.

Salah satu satu tips untuk tetap sehat ala Rasulullah adalah menghindari kebiasaan begadang dan selalu tidur malam tepat waktu. Rasulullah menghindari begadang dengan cara tidak mengobrol atau berbincang bincang setelah waktu isya. Lalu jam berapakah tidur beliau? Rasulullah tidur sebelum pukul 21.30. Di pagi harinya yaitu sekitar jam 03.00 beliau sudah bangun.

Jika kita tidak begadang maka kita dapat bangun lebih awal untuk melakukan sholat malam. Selain itu dengan tidur tepat waktu maka di pagi harinya kita akan merasa lebih segar. Tak heran sekarang banyak sekali orang yang sudah mulai lelah walaupun hari masih pagi. Selain itu dengan tidur malam yang cukup maka tubuh juga dapat istirahat dengan baik.

2. Berpuasa Secara Teratur

Puasa dapat dikategorikan menjadi dua macam. Terdapat puasa sunah yang dapat dilakukan tanpa menunggu datangnya bulan Ramadhan. Salah satu jenis puasa yang sangat sering dilakukan Rasulullah adalah puasa senin kamis. Dengan berpuasa maka kita akan mendapatkan pahala sebagai salah satu bentuk ibadah sunah dan badan juga akan lebih sehat.

Banyak manfaat berpuasa sebagai salah satu cara hidup sehat ala Rasulullah. Apa manfaat rajin berpuasa? Dengan rajin berpuasa maka sistem imun akan meningkat. Selain itu puasa sangat baik dilakukan bagi orang yang menderita penyakit diabetes karena dengan puasa dapat mengontrol gula darah. Tidak hanya itu bahkan puasa dapat meningkatkan kemampuan otak.

3. Tidak Mudah Terpancing Emosi

Tips yang dicontohkan Rasulullah adalah tidak mudah emosi. Emosi dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Saat kita merasa marah maka jantung akan bekerja dengan keras. Saat marah maka detak jantung menjadi tidak stabil. Bagi orang yang menderita darah tinggi maka hal ini akan berakibat buruk. Hal ini dapat menyebabkan stroke.

Mengapa marah bisa menyebabkan stroke? Saat detak jantung tidak beraturan dapat menyebabkan darah menjadi lebih pekat dan menggumpal. Jika hal ini terjadi maka ditakutkan akan menyebabkan tekanan berlebihan pada pembuluh darah. Oleh karena menjaga emosi menjadi salah satu tips hidup sehat ala Rasulullah.

4. Selalu menjaga kebersihan

Sebagai umat muslim pasti sudah sering mendengar bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Melihat hal tersebut maka tak heran jika menjaga kebersihan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Mengapa demikian? Karena nyatanya menjaga kebersihan sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Apabila kita tidak menjaga kebersihan diri dan lingkungan maka berbagai kuman dan penyakit dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita. Maka dari itu kita harus mencontoh Rasulullah karena beliau merupakan pribadi yang rapi dan bersih. Beliau rajin memotong dan membersihkan kuku, mencukur rambut di wajah, dan juga sering menggunakan minyak wangi.

Sebenarnya tidak hanya itu, Rasulullah juga rajin bersiwak untuk menjaga kesehatan gigi. Kegiatan ini masih menjadi salah satu kegiatan yang diwariskan Rasulullah. Tak heran jika cara ini menjadi salah satu sunnah yang sering dijalankan umat muslim. Seluruh kiat menjaga kebersihan yang telah disebutkan diatas menjadi jalan bagi anda untuk tetap hidup sehat ala Rasulullah.

5. Menjaga Pola Makan dengan Baik

Menjaga Pola Makan dengan Baik

Bagaimana pola makan Rasulullah? Rasulullah mengawali pagi harinya dengan minum segelas air dingin yang telah dicampur dengan madu. Selain itu, beliau juga sering mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwa disaat memasuki waktu dhuha. Apakah dua hal tersebut baik untuk kesehatan? Ya, kurma dan madu dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Apa keistimewaan mengkonsumsi kurma dan madu? Kurma dan madu memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan organ pencernaan. Bahkan dengan mengkonsumsi kurma dan madu dapat menetralisir racun yang masuk kedalam tubuh. Ceritanya saat itu Rasulullah sempat diracuni oleh seorang wanita dan beliau sembuh dengan mengkonsumsi madu dan kurma.

Selain madu dan kurma apa yang sering dikonsumsi Rasulullah? Rasulullah sering mengkonsumsi minyak zaitun saat siang menuju sore dan kemudian mengkonsumsi sayur sayuran di malam hari. Semua makanan yang beliau santap memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan makanan tersebut dapat ditemukan dengan mudah saat ini.

6. Rajin Berolahraga dengan Teratur

Bukan rahasia lagi bahwa berolahraga merupakan salah satu tips untuk menjaga kebugaran tubuh. Tubuh manusia memang diharuskan untuk bergerak sehingga bagi anda yang jarang bergerak akan berpotensi terserang berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu, berolahraga menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melepaskan stress.

Stress yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan kita. Sangat tidak baik jika kita memendam emosi karena akan menjadi beban pada pikiran. Beban pikiran yang berlebihan akan mempengaruhi fungsi atau kerja organ yang lain. Sebagai contoh orang yang terkena maag akan mudah kambuh jika dia merasa stress.

Apa yang dilakukan Rasulullah dikala itu? Bentuk olahraga sebagai pola hidup sehat ala Rasulullah adalah berkuda, lari, berenang, dan memanah. Hal tersebut tidak hanya dapat menjaga kesehatan namun juga membuat badan tampak lebih kuat dan bugar. Maka dari itu rajin rajinlah berolahraga agar tubuh tidak terserang penyakit.

7. Rutin Bersilaturahmi

Silaturahmi menjadi salah satu kegiatan yang dianjurkan oleh agama. Dengan silaturahmi maka kita dapat membangun tali persaudaraan dengan lebih erat. Lalu mengapa bersilaturahmi dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat? Dengan bersilaturahmi maka kita tidak hanya berdiam diri di rumah. Jika kita berdiam diri di rumah maka tentunya akan sangat tidak sehat.

Selain membuat tubuh kita bergerak maka sama seperti berolahraga, cara ini juga dapat melepaskan stress. Berbincang bincang dengan teman maupun saudara dapat membuat kita merasa lebih relax. Selain itu kita juga dapat bercerita berbagai permasalahan yang kita hadapi. Tak heran jika cara ini menjadi salah satu tips hidup sehat ala Rasulullah yang patut dicoba.

8. Melakukan Bekam

Bekam adalah salah satu praktek kesehatan yang biasa dilakukan sejak zaman Rasulullah. Untuk tetap menjaga kondisi tubuhnya, Rasulullah sering melakukan bekam. Melalui bekam kita dapat melancarkan peredaran darah. Tak heran jika cara ini sangat baik untuk dilakukan secara rutin terutama bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke.

Demikianlah 8 tips menjaga kesehatan yang sering dilakukan Rasulullah. Tidak ada salahnya kita sebagai umat muslim mengamalkan segala ajaran dan meneladani setiap sikap dan perilaku Rasulullah. Harapannya dengan melakukan tips kesehatan tersebut kita dapat terhindar dari segala macam penyakit sehingga dapat beraktivitas lebih optimal.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: