Yuk Simak Niat, Tata Cara, dan Manfaat Puasa Senin Kamis Di sini - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Yuk Simak Niat, Tata Cara, dan Manfaat Puasa Senin Kamis Di sini
Puasa Senin dan Kamis

Yuk Simak Niat, Tata Cara, dan Manfaat Puasa Senin Kamis Di sini

Puasa di hari senin dan kamis merupakan salah satu amalan puasa sunah yang bernilai ibadah. Puasa ini merupakan salah satu puasa sunah yang sangat istimewa karena nabi Muhammad SAW sangat sering mengamalkannya. Tak heran jika puasa ini banyak orang yang melakukannya. Simak niat, tata cara, dan manfaat puasa Senin Kamis berikut.

Niat Puasa Senin dan Kamis

Bagi orang yang menjalankan amalan puasa di hari senin dan kamis maka ia akan mendapatkan pahala, namun bagi orang yang tidak melakukannya juga tidak akan berdosa karena puasa ini tidak diwajibkan. Bagi Umat Muslim akan lebih baik jika kita mengamalkan puasa ini sebagai salah satu bentuk ibadah sunnah. Saat ingin melakukannya maka tentu harus diawali dengan niat.

Lafaz niat puasa senin dan kamis berbeda dengan niat puasa Ramadhan pada umumnya. Niat puasa yang dilafalkan pada hari senin dan kamis juga berbeda. Niat puasa di hari Senin jika ditulis dalam tulisan latin yaitu “Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillahi Ta’aala.” Lafaz tersebut memiliki arti “Saya niat puasa sunnah hari senin, sunnah karena Allah Ta’ala.”

Bagaimana dengan lafaz niat saat hendak berpuasa di hari kamis? Lafalnya mirip namun memang sedikit berbeda, yaitu “Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillahi Ta’aalaa.” Lafal yang berbeda sebenarnya hanya penyebutan harinya saja. Lafaz tersebut memiliki arti “Saya niat puasa sunnah hari kamis, sunnah karena Allah Ta’ala,”.

Tata Cara Puasa Senin dan Kamis

Pada dasarnya puasa adalah kegiatan atau upaya untuk menahan diri dan hawa nafsu. Manusia yang menjalankannya harus menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya matahari hingga tenggelamnya fajar. Puasa senin kamis ini juga sama seperti itu cara pelaksanaannya sehingga memang tidak jauh berbeda dari puasa sunah lainnya.

Tahukah anda bahwa sebenarnya tidak ada lafaz niat puasa yang dituliskan dalam hadis? Niat puasa memang tidak dituliskan dalam hadis shahih karena diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya tidak melafalkan niat saah hendak berpuasa di hari senin dan kamis. Semua ulama sepakat karena tempat niat memang berada di dalam hati.

Lalu masihkah kita harus membaca niat? Memang niat bukan merupakan salah satu syarat utama untuk dilafalkan namun jumhur ulama menjelaskan bahwa hukumnya adalah sunnah karena dengan niat maka hati kita akan lebih yakin dalam melakukan sebuah amalan. Memang dengan mengucapkan niat maka kita akan merasa lebih mantap dalam melakukan sebuah hal.

Niat Puasa Senin dan Kamis

Walaupun begitu, masih terdapat ulama yang berpendapat bahwa niat lebih baik tidak dilafalkan karena tidak bersumber dari Rasulullah SAW. Semua itu kembali lagi kepada anda, jika anda lebih merasa nyaman dengan menggunakan niat maka silahkan anda melafalkan niat. Sedangkan bagi anda yang puasa senin kamis tanpa melafalkan niat maka hal ini juga tidak salah.

Setelah niat, terdapat pula doa yang dapat dibaca jika hendak berbuka puasa. Lafal doanya dalam tulisan latin adalah “Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.” Cukup familiar bukan? Memang doa berbuka puasa ini merupakan doa yang biasanya dibacakan saat buka puasa di bulan Ramadhan.

Sebenarnya apa arti dari doa berbuka puasa? Artinya lafaz tersebut yaitu “Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.” Bagi anda yang hendak berbuka maka anda dapat membaca doa tersebut sebelum anda mulai untuk membatalkannya.

Manfaat Puasa Senin dan Kamis

Manfaat Puasa Senin dan Kamis

1. Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Saat berpuasa maka kita harus menahan rasa lapar dengan tidak makan ataupun minum mulai dari terbitnya fajar hingga waktu maghrib atau tenggelamnya matahari. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka masuknya kalori kedalam tubuh kita juga menjadi lebih sedikit. Oleh karena itu dengan melakukan puasa senin kamis dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu mengapa puasa dapat menurunkan berat badan? Karena saat kira berpuasa maka hormone tubuh seperti insulin dan norepinefrin mengalami penurunan. Akibat penurunannya, lemak di dalam tubuh dapat terbakar dengan lebih baik. Lemak lemak tersebut akan dibakar menjadi sumber energy sehingga berat badan akan mengamai penurunan.

2. Dapat Mengontrol Gula Darah

Gula darah yang tinggi menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes. Semakin kesini maka penderita diabetes tak hanya orang tua saja, namun nyatanya anak muda juga banyak yang mulai mengidap diabetes. Pola hidup yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu penyakit ini. Banyak makan makanan instan juga menjadi hal yang memicu diabetes pada kalangan muda.

Salah satu tips yang dapat dilakukan adalah berpuasa senin kamis. Dengan melakukan puasa ini maka gula darah di dalam tubuh dapat lebih terkontrol. Hal ini telah diuji oleh beberapa peneliti dan hasilnya menunjukkan bahwa diabetes tipe 2 dapat teratasi dengan melakukan puasa jangka pendek secara rutin. Cara tersebut dapat menurunkan gula darah secara signifikan.

Anda tidak perlu ragu terkait dengan manfaat yang satu ini karena penelitian telah dilakukan berkali kali dan hasil yang diberikan tetaplah sama. Hasilnya adalah puasa memang sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Bahkan hasil penelitian ini telah ditulis dan dimasukkan dalam jurnal internasional, World Journal of Diabetes.

3. Meningkatkan Fungsi dan Kemampuan Otak

Apa hubungan puasa dengan peningkatan fungsi dan kemampuan otak? Puasa yang dilakukan sevara rutin dan berselang ternyara dapat membantu pertumbuhan sel di dalam tubuh. Dengan cepanya sel dibentuk maka regenerasi sel juga lebih cepat sehingga sel dalam tubuh dalam bekerja dengan baik. Melalui kerja sel yang baik maka akan berpengaruh terhadap kerja otak.

Selain itu penyebab puasa senin kamis dapat meningkatkan kemampuan otak yaitu karena kadar hormon di otak meningkat. Hormon yang mengalami peningkatan adalah hormon brain-derived neurotrophic factor. Hormon ini merupakan hormone yang memiliki peran penting dalam melindungi kerja otak sehingga dapat mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Selain manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, puasa di hari senin dan kamis dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Mengapa demikian? Karena dengan melakukan puasa maka tekanan darah, kolesterol, dan gula darah mengalami penurunan. Pembuluh darah jantung akan lebih sehat sehingga resiko penyakit jantung menurun.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh anda haruslah bekerja dengan baik agar kesehatan anda terus terjaga. Sistem imun yang lemah akan menyebabkan virus, bakteri, ataupun jenis penyakit lainnya mampu dengan mudah menginfeksi manusia. Dengan melakukan puasa maka sistem imun akan meningkat sehingga anda tidak mudah sakit.

Demikianlah niat, tata cara, serta manfaat jika anda rutin melakukan kegiatan puasa di hari senin dan kamis. Melihat banyaknya manfaat maka tak heran jika puasa yang satu ini sangat dianjurkan untuk dilakukan. Tak hanya manfaatnya yang banyak namun anda juga bisa memperoleh pahala dengan selalu mengamalkan puasa sunah yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: