11 Jadwal Puasa 2021 yang Dianjurkan dalam Islam - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » 11 Jadwal Puasa 2021 yang Dianjurkan dalam Islam
11 Jadwal Puasa 2021 yang Dianjurkan dalam Islam

11 Jadwal Puasa 2021 yang Dianjurkan dalam Islam

Sebagai umat muslim, anjuran menunaikan ibadah shalat dan puasa memang diatur dan mendatangkan pahala. Selain puasa Ramadhan, ada beberapa jenis puasa wajib dan sunnah yang bisa anda lakukan. Untuk ibadah puasa sunnah hukumnya tidak wajib dilakukan, tapi bila dilaksanakan mendapatkan pahala. Berikut ada jadwal puasa 2021 yang bisa anda ikuti untuk menambah amal.

Mengenal Jenis-Jenis Puasa dalam Agama Islam

1. Puasa Arafah

Ibadah puasa ini hukumnya sunnah yang jika tidak dilakukan tidak berdosa. Namun puasa Arafah sangat dianjurkan bagi umat Islam, terutama bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji. Adapun pelaksanaan puasanya jatuh pada hari Arafah, atau tepat tanggal 9 Dzulhijjah. Sedangkan hari Arafah sendiri merupakan hari yang istimewa, dimana hari kedua ibadah haji ditunaikan.

Adapun puasa sunnah ini memiliki keistimewaan tersendiri, dimana dapat menghapus dosa-dosa dua tahun. Pada hari istimewa tersebut Allah SWT membanggakan hambaNya yang berkumpul di padang Arafah kepada para malaikat. Arafah sendiri merupakan nama gunung tempat dimana Nabi Muhammad SAW menunaikan syiar terakhir kali di depan para umatnya.

2. Puasa Tarwiyah

Masih berhubungan dengan puasa saat ibadah haji, puasa Tarwiyah jatuh pada tanggal 8 Dzulhijjah. Tepatnya dua hari sebelum pelaksanaan hari raya Idul Adha di 10 Dzulhijjah. Keutamaannya hampir sama seperti puasa Arafah, bedanya puasa Tarwiyah dapat menghapus dosa satu tahun. Untuk mengetahui tepatnya kapan anda bisa melihat di jadwal puasa 2021.

Puasa ini tidak hanya untuk umat muslim yang menunaikan haji, sangat dianjurkan bagi semua umat Islam. Tarwiyah sendiri berasal dari kata tarrawa yang memiliki arti membawa bekal air. Ada alasan dibalik maknanya karena pada hari Tarwiyah, para jamaah haji mengantongi bekal air zam-zam sebagai persiapan ibadah dari bukit Arafah menuju ke Mina.

3. Puasa Sya’ban

Bulan Sya’ban memiliki keistimewaan tersendiri dimana umat Islam dianjurkan mencari pahala sebanyak-banyaknya. Pemeluk Islam sering menyebut bulan ini sebagai syahrul qurra’, artinya bulan para pembaca Al-Qur’an. Di bulan inilah disunnahkan untuk berpuasa semampunya dan mendapat pahala lebih. Diutamkan puasa Nisfu Syaban yang jatuh pada hari ke-15 bulan Sya’ban.

4. Puasa Ayyamul Bidh

Sebenarnya umat Islam disunnahkan berpuasa minimal tiga kali dalam sebulan. Baiknya dilakukan setiap pertengahan bulan, kecuali ketika bulan Ramadhan. Puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan pada hari ke 13, 14, dan 15 sesuai kalender Hijriyah atau kalender Islam. Karena jatuhnya tanggal berbeda-beda pada kalender Masehi, anda dapat mengeceknya di jadwal puasa 2021.

Ayyamul Bidh memiliki arti hari putih sebab pada hari-hari tersebut, malamnya bulan purnama bersinar berwarna putih. Disamping itu, banyak manfaat menjalani puasa ini teruatama masalah kesehatan. Dengan puasa Ayyamul Bidh, lemak di dalam tubuh semakin berkurang. Sistem imun tubuh pun menjadi lebih baik dan proses detokfikasi mampu bekerja maksimal.

5. Puasa Senin dan Kamis

Ibadah puasa memang dianjurkan dalam Islam untuk menahan hawa nafsu. Sekaligus menjadi bentuk kepedulian kepada sesama muslim yang kurang mampu. Tak sedikit pula yang menjadikan puasa Senin dan Kamis sebagai bentuk tirakat kepada Allah, bila ingin mencapai hajat tertentu. Puasa ini hukumnya sunnah apabila dilaksanakan bisa mendapatkan pahala.

Anda bisa mengandalkan jadwal puasa 2021, untuk melihat apakah diantara Senin dan Kamis tersebut ada jenis puasa lain atau tidak. Amalan baik ini berawal dari Nabi Muhammad SAW saat memerintahkan umatnya untuk berpuasa Senin dan Kamis. Hari Senin merupakan hari kelahiran Rasulullah, sedangkan hari Kamis adalah hari pertama kali Al-Qur’an turun ke dunia.

6. Puasa Daud

Puasa sunnah ini cukup unik dimana pelaksanaannya dilakukan selang-seling. Maksudnya sehari puasa dan sehari tidak, serta tidak ada ketentuan tanggal. Amalan ini ditujukan untuk meneladani puasa yang dilakukan Nabi Daud AS sepanjang hidupnya. Bahkan puasa Daud ternyata sangat disukai oleh Allah SWT. Karena ibadah ini mengajarkan umat Islam menjadi pribadi yang istiqamah.

Untuk menyesuaikan waktu puasa anda bisa melihat pada kalender jadwal puasa 2021. Sehingga tidak berbenturan dengan jenis puasa dalam Islam lainnya. Selain itu puasa Daud sangat bermanfaat bagi anda yang ingin diet untuk alasan kesehatan. Karena saat berpuasa kadar hormon pertumbuhan dan norepinefrin meningkat, sehingga memecah lemak menjadi sumber energi.

7. Puasa Nazar

Mungkin anda pernah memiliki hajat tertentu dan berjanji akan berpuasa jika hajat sudah terpenuhi. Setelah janji tersebut diikrarkan maka hukum puasa ini adalah wajib dilaksanakan. Misalkan apabila anda diterima bekerja akan puasa selama 3 hari. Berarti anda wajib menunaikan ibadah sesuai dengan apa yang diucapkan pertama kali.

8. Puasa Ramadhan

Jenis puasa ini sifatnya wajib bagi seluruh umat muslim di muka bumi. Sesuai dengan jadwal puasa 2021, kemungkinan bulan Ramadhan akan jatuh pada tanggal 12 April 2021. Pada bulan penuh berkah ini segala amal kebaikan nilai pahalanya berlipatganda. Semua orang akan berlomba-lomba melakukan aktivitas positif dan meningkatkan kualitas ibadah.

Puasa ini berlangsung selama 30 bulan penuh hingga takbir hari kemenangan berkumandang. Sifatnya memang sedikit memaksa, bagi yang berhalangan karena masalah urgent wajib diganti dengan puasa setelah Ramadhan atau membayar denda. Pada bulan kemuliaan ini Allah menurunkan malaikatNya untuk mencatat amal baik dan memberi ampunan selebar-lebarnya.

9. Puasa Syawal

Pasca melalui puasa Ramadhan anda dianjurkan untuk berpuasa kembali pada bulan Syawal. Namun hukum melakukan 6 hari puasa Syawal ini sunnah, boleh dilakukan boleh tidak. Pada praktiknya anda baru melakukan puasa pada hari kedua Syawal. Selain itu, anda dibebaskan untuk melakukan puasa berurutan atau tidak. Asalkan ibadah masih dilakukan pada bulan Syawal.

Keutaman menunaikan puasa Syawal ialah layaknya berpuasa sepanjang hari. Pahalanya terus mengalir tanpa henti selama setahun. Selain itu budaya ibadah sunnah ini ditujukan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai selama Ramadhan. Karena biasanya setelah puasa Ramadhan seolah ingin makan sepuasnya, maka perlu dikawal dulu agar tidak menjadi serakah.

10. Puasa Kifarat

Salah satu jenis puasa wajib ini merupakan puasa untuk mengganti denda. Maksudnya denda yang perlu dibayar atas pelanggaran hukum wajib. Biasanya sering dilakukan oleh para perempuan yang datang bulan saat puasa Ramadhan. Melalui puasa kifarat inilah pelanggaran tersebut diganti untuk menghapus dosa.

11. Puasa Assyura

Pelakasaan ibadah sunnah ini jatuh pada tanggal 10 bulan Muharram, pada kalender Islam. Meskipun sebenarnya pada bulan Muharram disunnahkan untuk memperbanyak puasa. Baik di awal bulan, pertengahan, atau akhir hanya saja yang paling utama adalah Yaumu Asyura.

Puasa merupakan salah satu ibadah yang cukup sulit dilaksanakan, namun berkah yang didapatkan sangat banyak. Dengan menahan hawa nafsu hingga adzan magrib berkumandang, anda ikut peduli kepada sesama muslim. Puasa menjadikan anda menjadi pribadi yang istiqamah dan mampu menahan emosi, serta sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: