9 Tips Menyambut Bulan Suci Ramadhan Agar Lebih Berkah - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » 9 Tips Menyambut Bulan Suci Ramadhan Agar Lebih Berkah
Tips Menyambut Bulan Suci Ramadhan

9 Tips Menyambut Bulan Suci Ramadhan Agar Lebih Berkah

Hampir sebagian besar umat muslim di dunia berbahagia menjelang datangnya bulan Ramadhan. Bagaimana tidak, di bulan penuh berkah ini semua amalan baik akan dilipatgandakan pahalanya. Tak heran bila orang berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan. Agar fisik dan hati kuat, berikut beberapa tips untuk menyambut bulan Ramadhan yang penuh kemuliaan.

Sambut Bulan Puasa dengan Rasa Suka Cita

1. Olahraga Rutin

Allah menjanjikan pengampunan dosa bagi umat muslim yang menjalankan puasa dan berbuat kebaikan. Banyak keistimewaan dan keutamaan apabila melakukannya dengan hati tulus dan ikhlas. Kewajiban berpuasa selama sebulan penuh dan terus meningkatkan perbuatan baik, pastinya menguras banyak tenaga. Maka dari itu anda perlu persiapan fisik sebelumnya.

Sangat disayangkan saat tiba bulan puasa datang tetapi anda malah jatuh sakit. Padahal bulan penuh ampunan Allah ini hanya datang sekali dalam setahun. Selain itu kesempatan untuk mendapatkan pahala yang berlipatganda bisa terlewati begitu saja. Itulah mengapa pentingnya olahraga rutin, baik menjelang Ramadhan maupun saat menjalankan puasa.

2. Perbaiki Kualitas Ibadah

Untuk menyambut bulan Ramadhan ada baiknya meningkatkan kualitas ibadah saat ini. Anda bisa mulai dari menertibkan shalat wajib dengan ibadah di awal waktu, atau pergi jamaah ke masjid terutama bagi laki-laki. Diselingi dengan membaca Al-Quran lebih sering dan menunaikan ibadah sunnah. Entah itu shalat dhuha, shalat tahajjud, ataupun puasa Senin dan Kamis.

Dari rutinitas ibadah yang tertata inilah akan menjadi kebiasaan saat menjalani Ramadhan nantinya, bahkan berlangsung terus menerus. Jadi tubuh tidak kaget dengan perubahan ritme beribadah yang drastis, karena sudah terbiasa dilatih sejak lama. Dengan begitu, tak perlu khawatir kesehatan tiba-tiba drop ataupun hati terasa berat menunaikannya.

3. Membayar Hutang Puasa

Salah satu persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan adalah melunasi hutang puasa dari tahun sebelumnya. Hal ini berlaku bagi umat muslim yang tahun lalu tidak menjalankan puasa sebulan penuh. Baik alasan kesehatan atau halangan lainnya, terutama bagi wanita karena terhalang masa haid. Sesegera mungkin melakukan qadha puasa agar Ramadhan kali ini tidak terbebani.

Tidak perlu dirapel dalam waktu singkat apalagi puasa terus menerus pada satu bulan sebelum Ramadhan. Ada luang 11 bulan untuk mencicil qadha puasa, tentunya di waktu-waktu tertentu saja. Misalnya di hari Tasyrik berarti anda tidak boleh menjalankan puasa apapun. Sehingga fisik menjadi lebih tahan banting saat menjalani puasa 30 hari, karena sudah kebiasaan.

4. Hindari Perilaku Tercela

Hindari Perilaku Tercela

Manusia memang tempatnya khilaf karena terkadang tanpa sadar berkata dan bertindak kurang terpuji. Bermula dari hal-hal kecil yang tercela kemudian dilakukan setiap hari hingga menjadi kebiasaan buruk. Salah satu contohnya bergosip tentang keburukan seseorang, bahkan kini kegiatan bergosip pindah ke sosial media. Hal sederhana seperti ini justru mengurangi pahala.

Maka untuk menyambut bulan Ramadhan, anda harus mulai menghilangkan tindakan tak patut tersebut. Dimulai dari menyadari terlebih dulu bahwa apa yang dilakukan adalah perbuatan salah. Kemudian isi hari-hari dengan aktivitas positif, seperti ikut pengajian atau menjadi relawan. Dengan begitu ketika menjalani puasa anda hanya fokus pada aktivitas yang mendatangkan pahala.

5. Mengatur Gaya Hidup

Pada hari-hari mendekati bulan puasa, orang-orang kerap berpikiran harus memenuhi keinginan nafsu makan. Beranggapan bahwa saat puasa nanti tidak bisa lagi menikmati makanan yang menggiurkan. Padahal pemikiran seperti ini salah besar, justru semakin terbiasa untuk terus mengisi perut. Bahanyanya bila kebiasaan berlanjut saat menjalani puasa Ramadhan nanti.

Jadi dalam rangka menyambut bulan Ramadhan sebisa mungkin mengontrol hawa nafsu. Alangkah baiknya jika mengatur gaya hidup, seperti pola makan yang disesuaikan dengan jam-jam seharusnya. Lalu mengurangi sedikit porsi makan agar saat berpuasa nanti anda tidak kalap di waktu berbuka. Tanamkan kesadaran untuk sudahi makan sebelum perut kekenyangan.

6. Atur Pola Tidur

Selama Ramadhan pola tidur anda akan berubah, dimana ada kewajiban untuk sahur saat dini hari. Kebiasaan tidur larut malam biasanya membuat anda malas bangun guna menuaikan sahur. Padahal sahur ini adalah bekal tenaga untuk beraktivitas seharian penuh. Pilihan tidak sahur justru menyiksa tubuh, karena badan lebih lesu dan tidak bertenaga.

Ada pula yang memilih untuk bangun sahur dan tidak tidur lagi sampai matahari terbit. Tidak sedikit juga yang tidur setelah shalat subuh tapi berakhir badan pegal semua. Maka solusinya ialah mulai mengatur pola tidur sejak sekarang. Sesuaikan jam tidur dengan kuantitas aktivitas yang telah anda lakukan seharian. Pilihan tidur lebih cepat sangat tepat agar bangun tampak fresh.

7. Konsultasi ke Dokter

Konsultasi ke Dokter

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit bawaan, ada baiknya kosultasi ke dokter terlebih dahulu. Karena untuk menyambut bulan Ramadhan kesehatan tubuh harus menjadi poin utama. Sesi konsultasi ini diperlukan untuk mendapat jawaban boleh atau tidaknya melakukan puasa. Takutnya di tengah jalan nanti kesehatan menurun dan kondisi tidak memungkinkan.

Meskipun dalam ajaran agama Islam, melaksanakan puasa justru menyehatkan organ tubuh. Jarang sekali ada orang yang beribadah puasa lalu jatuh sakit setelahnya. Untuk anda yang punya riwayat sakit, dokter akan memberikan vitamin khusus untuk menopang daya tahan tubuh. Sehingga anda bisa menjalani puasa tanpa khawatir mengganggu kesehatan.

8. Bersedekah dan Zakat

Penting sebelum bulan puasa menyiapkan bekal harta untuk beramal baik. Sebagian harta tersebut disisihkan untuk sedekah dan zakat. Mengingat pahala kedua amalan itu dilipatgandakan pada bulan Ramadhan. Agar tidak merasa berat, anda dapat memulai sedekah di hari-hari selain bulan puasa. Sehingga tanpa terasa hal ini menjadi kebiasaan baik saat Ramadhan.

Selain itu sedekah membersihkan harta yang selama ini anda dapatkan. Tujuannya agar harta menjadi lebih berkah, karena di dalamnya terdapat hak untuk orang yang membutuhkan. Begitupun dengan zakat fitrah yang wajib dilakukan di bulan penuh berkah ini. Seorang muslim yang berzakat fitrah akan digugurkan dosa-dosanya.

9. Membersihkan Rumah

Suka cita menyambut bulan suci diwujudkan dengan membersihkan keseluruhan rumah. Mulai dari pekarangan, teras, ruang tamu, ruang keluarga, hingga area dapur. Anda bisa memotong rumput, membersihkan selokan, dan bersih-bersih lantai sampai bersih. Rumah yang wangi dan bersih dari najis sangat disukai malaikat.

Kegiatan ini dapat anda lakukan sehari sebelum puasa, atau seminggu sebelumnya. Tujuannya agar penghuni rumah merasa bersemangat untuk menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Disamping itu rumah yang bersih membuat hati senang dan menjalani amalan baik dengan kebahagiaan. Ditambah ada nilai pahala dari aktivitas baik yang dilakukan ini.

Puasa Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Pada bulan ini segala amalan baik mempunyai nilai pahala yang berlipatganda. Tak ayal orang-orang berlomba untuk menyambutnya dengan hati senang. Sekaligus mulai menata hati dan bersiap melakukan aktivitas positif, yang mengundang banyak kebaikan untuk diri sendiri serta orang lain.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: