8 Hikmah Sedekah di Bulan Ramadhan yang Mendatangkan Pahala - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Sedekah » 8 Hikmah Sedekah di Bulan Ramadhan yang Mendatangkan Pahala
Hikmah Sedekah di Bulan Ramadhan

8 Hikmah Sedekah di Bulan Ramadhan yang Mendatangkan Pahala

Ramadhan merupakan bulan suci dimana orang berlomba-lomba untuk mendatangkan pahala. Karena Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda dari biasanya bagi yang melakukan amal baik. Termasuk sedekah yang keutamaannya diperjelas di dalam Al-Qur’an dan Hadist shahih. Berikut ada beberapa keutamaan sedekah di bulan Ramadhan yang bisa menjadi semangat untuk beramal.

Raih Pahala dan Ampunan Allah di Bulan Ramadhan

1. Dapat Menghapus Dosa

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu oleh semua umat muslim di dunia. Pada bulan suci ini pahala pengampunan yang datang dari berbagai penjuru. Pahala dan ampunan Allah itulah yang membuat manusia kembali fitroh setelah hari kemenangan. Salah satu pintu amalan yang terbuka lebar ialah melalui sedekah, dan memang dianjurkan oleh agama Islam.

Sebagaimana inti sari dalam Hadist Riwayat Tirmidzi bahwa sedekah dapat menghapus dosa-dosa seseorang. Namun diampuninya dosa harus disertai dengan taubat yang sebenar-benarnya di hadapan Allah SWT. Bukan sengaja bermaksiat dan melakukan larangan Allah, lalu merencanakan sedekah agar impas setelahnya. Baik bertaubat dan bersedekah jalannya harus beriringan.

2. Pahala Berlipat Ganda

Sebenarnya sedekah bisa dilakukan kapan saja, namun ketika melakukan di bulan Ramadhan nilai pahalanya lebih istimewa. Hanya di bulan penuh berkah inilah sedikit jumlah sedekah diganti dengan pahala yang berlipat. Bahkan melakukan sedekah di bulan Ramadhan sekaligus menjadi penyempurnaan ibadah. Serta janji kelapangan rezeki dari Allah di kemudian hari.

Asalkan sedekah dilakukan dengan hati yang tulus dan ikhlas tanpa ada unsur riya’. Sebab terkadang beberapa orang di luar sana menjadikan sedekah sebagai ajang pencitraan. Amalan baik ini harus berasal dari lubuk hati, dengan niat untuk mencari ridha Allah SWT. Tidak pandang bulu siapapun atau apapun yang menjadi objek sedekah, yang terpenting berasal dari keikhlasan.

3. Naungan di Hari Akhir

Hikmah Sedekah di Bulan Ramadhan
Hikmah Sedekah di Bulan Ramadhan

Dalam inti Hadist Riwayat Bukhari No. 1421, Rasulullah SAW menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan saat hari akhir, salah satunya seorang yang bersedekah. Dengan syarat ketika aktivitas bersedekah dilakukan hanya semata-mata untuk mencari ridho Allah SWT. Tanpa ada orang lain yang mengetahui selain anda, orang yang diberi, dan Allah.

Sedekah yang diberikan pun tidak harus bersifat materi, seulas senyum tulus bisa mendatangkan banyak pahala. Apalagi bila dilakukan di bulan penuh ampunan Allah ini, nilai sedekah menjadi berlipat ganda. Anda tidak bisa mengukur berapa jumlah pahala dari sedekah di bulan Ramadhan. Hanya lakukan berdasar panggilan hati, soal nilai amalan semua hak preogratif Allah.

4. Menumbuhkan Sifat Empati

Setiap manusia dianjurkan untuk berempati kepada semua manusia lainnya. Tidak peduli berasal dari suku mana, ataupun dari status sosial yang berbeda. Rasa empati antar sesama inilah yang menciptakan kedamaian di muka bumi. Anda bisa menunjukkannya lewat sedekah sebagai bentuk rasa peduli sesama manusia, sekaligus membangun habluminannas.

Kebiasaan sifat empat ini akan sangat baik ketika diterapkan di bulan puasa. Sebab pada dasarnya ibadah puasa dijalankan untuk memerangi rasa haus dan lapar, agar turut merasakan apa yang dialami oleh orang-orang kurang mampu. Pada saat itulah anda turut berempati kepada semua orang, terutama bagi sesama muslim.

Sedekah di bulan Ramadhan bisa dalam bentuk apapun, asalkan termasuk hal-hal yang diperbolehkan oleh Allah. Misalnya mengadakan Jumat Berkah dengan membagikan makanan atau sembako kepada yang membutuhkan. Dengan begitu anda turut melepaskan satu kesusahan yang dialami oleh seorang muslim. Maka di esok hari anda akan dihidarkan dari kesusahan lainnya.

5. Hati Tenang dan Damai

Hikmah Sedekah di Bulan Ramadhan
Hikmah Sedekah di Bulan Ramadhan

Tidak dipungkiri menahan hawa nafsu memang sulit, apalagi suasana di lingkungan sekitar kurang mendukung. Terkadang pula rasa lapar dan haus membuat sebagian besar orang menjadi lebih emosi. Maka untuk mendinginkan hati yang panas anda bisa membaca istighfar dan bersedekah. Dijamin hati akan segera dingin dan tenang, berpikir pun menjadi lebih jernih.

Sedekah di bulan Ramadhan juga membuat hati serta jiwa anda bahagia dan damai. Ketenangan ini berasal dari rasa ikhlas setelah membantu orang lain yang sedang membutuhkan. Hari-hari yang dilalui pun terasa ringan dan menyenangkan, serta tidak lagi dirundung rasa sedih. Manfaat yang anda dapatkan ini berasal dari doa dan kebahagiaan orang yang pernah dibantu.

6. Harta Lebih Berkah

Ketika karir berada di puncak maka jumlah penghasilan akan mengikuti besarnya. Di masa-masa ini terkadang anda lupa untuk bersedekah. Padahal dalam harta yang dititipkan oleh Allah terdapat bagian untuk mereka yang membutuhkan. Akibatnya harta seolah tak cukup untuk memenuhi segala kebutuhan dan terus merasa kurang, bahkan harta bisa habis hanya untuk berfoya-foya.

Oleh sebab itu, Allah menganjurkan sebagian harta untuk disedekahkan. Tujuannya agar harta yang anda miliki saat ini menjadi suatu berkah, untuk anda sendiri juga semua keturunan. Apalagi bila sedekah di bulan Ramadhan nilai pahalanya justru berkali lipat lebih mulia. Bahkan segala hal baik yang anda kerjakan akan membawa berkah, baik untuk diri sendiri maupun sekitar.

7. Rezeki Semakin Lancar

Hikmah Sedekah di Bulan Ramadhan
Hikmah Sedekah di Bulan Ramadhan

Bekerja mencari nafkah di bulan Ramadhan dihitung sebagai pahala oleh Allah SWT. Asalkan kriteria pekerjaannya adalah jenis pekerjaan yang diperbolehkan oleh aturan Islam. Jika bekerja menjadi pahala, begitupun dengan sedekah yang menempati salah satu nilai pahala tertinggi. Jadi tidak ada yang perlu diragukan dari bersedekah, justru mengundang banyak berkah.

Mengeluarkan sedikit harta untuk sedekah tidak akan mengurangi sepeserpun harta yang anda miliki. Justru rezeki anda semakin lancar layaknya air mengalir, tak akan ada habisnya. Tidak harus diganti dengan rezeki berupa materi, badan sehat dan bisa menghirup udara bebas termasuk dari rezeki. Segala kebaikan yang anda lakukan akan diganti oleh Allah SWT, hingga anda tak mampu untuk menampungnya.

8. Terhindar dari Hal-Hal Buruk

Sebagai manusia biasa, anda tak luput dari godaan syaitan yang mengarah pada hal-hal kurang baik. Khilaf terkadang bisa terjadi kapan saja dan dimanapun, tergantung dari kekuatan iman. Maka dari itu anda perlu benteng untuk menghalau godaan dunia yang merusak. Bersedekah menjadi salah satu cara untuk membuat benteng tersebut lebih tinggi.

Ketika amalan baik tersebut dilakukan di bulan Ramadhan, maka anda akan terhindar dari hal-hal yang membatalkan puasa. Tidak usah khawatir dengan nominal atau apa yang menjadi sedekah, sedikit pun jika ikhlas akan menjadi ladang pahala. Apalagi saat bulan Ramadhan nilai pahala justru berkali lipat, dan akan menjadi penyelamat di kala ujian datang serta menghimpit.

Islam mengajarkan umatnya untuk bersedekah sebagai salah satu amalan baik. Yang mana apabila dilakukan saat bulan Ramadhan, pahalanya menjadi berlipat ganda. Tidak harus materi, senyuman pun jika dilakukan secara ikhlas akan menjadi berkah di kemudian hari. Lewat sedekah anda berbagi kebahagiaan kepada sesama muslim, yang membuat hati kian tentram dan damai.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: