Pintu Surga Khusus! Berikut 10 Keutamaan Bersedekah - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Pintu Surga Khusus! Berikut 10 Keutamaan Bersedekah

Pintu Surga Khusus! Berikut 10 Keutamaan Bersedekah

Sedekah atau yang juga disebut dengan shodaqoh adalah sebuah kegiatan untuk memberikan sesuatu terhadap kaum fakir miskin dan juga orang-orang yang berhak mendapatkannya. Kegiatan memberi ini tidak termasuk saat kita berzakat. Dengan bersedekah tentunya anda akan mendapatkan begitu banyak manfaat. Berikut adalah beberapa keutamaan bersedekah bagi hidup anda dan orang lain.

Berbagai Macam Manfaat atau Keutamaan Melakukan Sedekah

1. Sebagai Penghapus Dosa

Manfaat pertama yang bisa anda peroleh dari bersedekah adalah sebagai penghapus dosa-dosa yang telah diperbuat baik sengaja maupun tidak. Tentu saja sebagai manusia yang hidup di bumi ini tidak akan luput dari kesalahan dan dosa. Oleh karena itu, anda harus rajin-rajin untuk melakukan sedekah.

Disamping itu, anda tidak dianjurkan bersedekah dengan niatan agar dilihat dan dipuji orang lain. Akan tetapi, anda harus menjalankannya secara bersamaan dengan niatan yang ikhlas dan niatan bertaubat atas salah dan dosa yang pernah dilakukan. Dengan begitu, kegiatan bersedekah ini akan bisa lebih diterima dengan baik oleh Allah SWT.

2. Diberikan Pahala dan Imbalan Berlipat Ganda

Keutamaan bersedekah yang berikutnya adalah anda akan diberikan pahala dan juga imbalan yang berlipat ganda oleh sang pencipta. Tidak ada salahnya jika anda melaksanakan sedekah dengan niatan agar mendapatkan manfaat yang satu ini. Hal ini karena Allah SWT telah menjanjikan keutamaan tersebut kepada umatnya yang suka menjalankan amalan ini.

Oleh sebab itu, anda tidak perlu takut dan khawatir akan kehabisan harta saat mengamalkan sedekah ini. Dengan sedekah tersebut, anda bisa memperoleh rezeki yang sangat melimpah dan juga rezeki yang lebih besar lagi sesuai dengan janji Allah SWT. Tidak cukup sampai disana saja, anda juga akan mendapatkan pahala yang bisa membantu anda nanti ketika telah tiada.

3. Menghindarkan dari Segala Malapetaka

Terhindarnya dari segala macam mara bahaya atau malapetaka juga merupakan salah satu keutamaan memberi sedekah. Hal ini telah diutarakan Nabi Muhammad SAW sendiri secara jelas yaitu bagi orang-orang yang telah melakukan sedekah dengan ikhlas akan bisa menutup sebanyak 70 pintu bencana, musibah, dan juga kejahatan.

Terlepas dari sedekah tersebut, anda tentunya juga harus selalu berdoa kepada Allah SWT agar selalu dilindungi dan juga diberi keselamatan kapanpun dan dimanapun anda berada. Melakukan sedekah dengan dibarengi doa sungguh-sungguh kepada sang pencipta tentunya akan lebih baik karena tidak semua yang anda inginkan akan terkabul saat itu juga.

4. Membuat Perasaan Senang dan Tenang

Dengan melakukan kegiatan bersedekah, sebagian orang biasanya akan bisa merasa senang dan juga tenang setelahnya. Keutamaan bersedekah yang satu ini juga dianggap oleh banyak orang apabila sedekah adalah hal yang candu sehingga membuat mereka ingin terus berbuat lebih baik lagi.

Perasaan yang senang dan tenang dari sedekah tersebut merupakan hal yang sangat lazim. Hal ini karena memang kebanyakan orang akan berpikir bahwasannya mereka telah hidup secara bermanfaat bagi dirinya sendiri dan juga orang lain. Inilah yang membuat para penyuka sedekah kecanduan akan terus melaksanakan amalan tersebut.

5. Mendapatkan Jaminan di Hari Akhir

Seperti yang telah anda ketahui, jika dengan melakukan sedekah maka anda akan bisa mendapatkan pahala atau ganjaran yang berlipat ganda dari Allah SWT. Tentu saja, pahala-pahala tersebut akan bisa menjamin kehidupan anda di hari akhir nantinya. Pahala yang telah terkumpul akan menolong anda agar ditempatkan di surga yang khusus bagi orang-orang yang bersedekah.

Dengan keutamaan bersedekah ini, akan bisa menyelamatkan anda juga dari panasnya terik matahari pada akhir zaman kelak. Orang-orang yang sangat sering atau rajin melaksanakan sedekah maka jiwanya akan selalu sejuk dan juga nyaman. Maka dari itu, lakukanlah amalan tersebut mulai dari sekarang.

6. Terbebas dari Siksa Kubur

Umat Islam yang selalu menyisihkan hartanya untuk disedekahkan kepada para fakir miskin yang berhak menerimanya maka akan bisa terhindar dari kejamnya siksaan di dalam kubur. Siksa kubur sendiri ditujukan sebagai tempat untuk mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang telah diperbuat semasa hidupnya.

Karena sedekah juga merupakan penghapus salah dan dosa, maka orang yang telah melaksanakan amalan tersebut akan bisa terbebas dari siksa kubur. Hal ini tentunya karena amalan-amalan atau pahala yang diperolehnya dari bersedekah akan menghapuskan segala dosa yang pernah dilakukannya.

7. Meringankan Beban Orang Lain

Untuk orang-orang yang telah memberikan sedekah terhadap orang lain akan bisa membuat jiwa dan hatinya tenang. Sedangkan, bagi para penerima sedekah tersebut sendiri, tentunya akan membuat mereka sedikit merasa terbantu dalam hal meringankan beban hidup yang diderita.

Anda bisa memperoleh keutamaan bersedekah ini dengan mencoba selalu membantu orang-orang sekitar yang sedang membutuhkan dan juga tidak mampu secara finansialnya. Misalnya saja adalah memberi sedekah kepada orang sakit yang kekurangan dana untuk menyembuhkan penyakitnya, maka anda bisa memberikan bantuan berupa uang untuk pengobatannya dan penyakitnya juga akan segera sembuh.

8. Memperpanjang Usia Orang

Secara tidak langsung, dengan melakukan amalan sedekah tersebut akan bisa membuat usia seseorang akan lebih panjang. Mengapa bisa begitu? Karena, memang kualitas hidup seseorang yang selalu rajin bersedekah akan lebih baik dibandingkan dengan yang tidak melakukannya.

Hal ini dikarenakan oleh kebahagiaan dan ketenangan yang selalu didapatkan pemberi sedekah tersebut. Dengan begitu, mereka tidak akan merasa tertekan dalam menjalani hidupnya hingga ia tiada. Orang yang jarang sekali melakukan sedekah biasanya hidupnya akan terasa berat dan juga penuh dengan tekanan.

9. Memperbanyak Warisan di Dunia dan Akhirat

Manfaat atau keutamaan bersedekah yang bisa anda peroleh selanjutnya adalah banyaknya warisan dunia dan juga akhirat. Warisan dunia biasanya berupa harta benda yang anda tinggalkan ketika anda sudah wafat. Sedangkan untuk warisan akhirat sendiri berupa amalan-amalan yang telah anda pupuk untuk hari kiamat nanti.

Hal ini sesuai dengan sebuah hadist riwayat Muhamahammad SAW yakni “Tidaklah seseorang yang telah malakukan sedekah dengan ikhlas dan baik kecuali Allah SWT akan menjanjikan kelangsungan warisan untuknya”. Dengan amalan akhirat yang telah anda pupuk, maka anda akan bisa mendapatkan ganjaran berupa surga yang dikhususkan untuk para pemberi sedekah.

10. Meningkatkan Keimanan Kepada Allah SWT

Manfaat terakhir yang didapatkan dari bersedekah adalah meningkatnya iman seseorang terhadap sang pencipta yaitu Allah SWT. Apabila jiwa kita lebih beriman terhadapnya maka segala urusan anda akan dimudahkan baik urusan dunia maupun akhirat. Tentu saja anda juga harus melakukannya secara ikhlas agar sedekah anda tidak sia-sia dan anda bisa menempati sebuah surga khusus nantinya.

Banyak sekali manfaat yang akan anda peroleh jika senantiasa melakukan sedekah terhadap orang-orang yang kurang mampu. Mulai dari masalah duniawi hingga masalah akhirat pastinya akan lebih dimudahkan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, anda bisa menerapkan kegiatan bersedekah ini sejak dini agar anda terbiasa seterusnya.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: