Pengertian Panti Asuhan dan Macam-Macamnya - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Pengertian Panti Asuhan dan Macam-Macamnya

Pengertian Panti Asuhan dan Macam-Macamnya

Pengertian dan Macam-Macam Panti Asuhan – Pasti kalian sudah tahu panti asuhan atau panti sosial yang banyak kita temui di sekitar kita dalam kehidupan masyarakat. Sebagian besar dari kita hanya mengetahui jenis panti asuhan, panti asuhan miskin atau panti asuhan sosial.

Padahal, masih banyak jenis Panti Asuhan lain di Indonesia yang berbeda menurut jenis pelayanan yang diberikan kepada anak angkatnya. Tetapi panti asuhan terutama memiliki tanggung jawab untuk memberikan perlindungan dan pengasuhan bagi anak-anak asuhnya.

Pengertian Panti Asuhan

Pengertian Panti Asuhan merupakan lembaga sosial nirlaba yang berfungsi menampung, mendidik dan mengasuh anak yatim, yatim piatu, fakir miskin dan anak-anak terlantar. Jadi panti asuhan merupakan tempat bagi anak-anak Indonesia yang masih membutuhkan pertolongan dalam hidupnya. Nah, selain panti asuhan dan fakir miskin, masih banyak jenis panti asuhan yang ada di Indonesia.

Panti Asuhan Sosial Anak

Panti asuhan sosial untuk anak merupakan panti asuhan yang banyak kita temukan. Dimana Panti Asuhan Sosial merupakan panti sosial yang bertanggung jawab untuk mengasuh, memberikan perlindungan dan pembinaan. Ada juga yang menyerap anak terlantar, panti asuhan di Jogja yang menampung banyak anak yatim dan dhuafa.

Panti Asuhan Sosial Petirahan

Panti Asuhan Sosial Petirahan merupakan lembaga atau lembaga yang menampung anak-anak dengan kesulitan belajar. Bisa karena faktor ekonomi, faktor sosial, atau lainnya. Misi dari Panti Asuhan Sosial Petirahan adalah memberikan bimbingan dan pelayanan terbaik kepada anak-anak tersebut.

Apa Saja Pengertian dan Macam-Macam Panti Asuhan?

Panti Asuhan Pina Rimag

Jenis panti asuhan selanjutnya adalah Panti Asuhan Pina Rimag. Panti Asuhan Bina Rimaga mengasuh dan mengarahkan anak-anak yang putus sekolah. Karena pendidikan adalah aset yang sangat berharga, dengan menjaga anak putus sekolah kami berharap mereka memiliki masa depan yang lebih baik.

Panti Asuhan Bina Remaja

  • Anak-anak di rumah Bina Remaja mendapatkan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang dan melatih kemandiriannya.

Panti Asuhan Pina Kariya

  • Panti Asuhan Pina Kariya merupakan panti asuhan yang menampung orang-orang yang memiliki kriteria tertentu, seperti pengemis, tuna wisma atau pengungsi.

Panti Sosial Bina Daksha

Bagi penyandang disabilitas di Indonesia, tidak perlu berkecil hati. Saat ini Panti Sosial Bina Daksha banyak tersedia di berbagai wilayah Indonesia untuk memberikan fasilitas berupa pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas.

Yayasan Sosial Bina Grahita

  • Bagi masyarakat Indonesia tunagrahita yang tidak memiliki keluarga atau kerabat yang mampu mengasuh mereka dapat mengajukannya ke Yayasan Sosial Bina Grahita. Hanya untuk mendapatkan pelayanan dan bimbingan yang terbaik.

Yayasan Sosial Pina Nitra

Kadang-kadang orang tunanetra merasa putus asa, tetapi ketika mereka diarahkan dan didukung, mereka pasti akan kembali merasa bahagia dan energik. Nah, inilah salah satu tugas Yayasan Sosial Bina Nitra yaitu memberikan rehabilitasi, pelayanan dan konseling kepada para penyandang tunanetra.

Yayasan Sosial Bina Netra

Hampir seperti Yayasan Sosial Bina Netra, Panti Sosial Bina Netra adalah wirausaha sosial yang menampung anak tunarungu. Misi Dar Al Hadith for the Deaf adalah memberikan bimbingan dan pelatihan untuk mengasuh anak agar lebih mandiri dan semangat untuk terus belajar.

Panti Sosial Tresna Werdha

Tidak jarang ditemukan banyak orang tua atau lansia tanpa rumah, kerabat atau dengan kata lain hidup terpinggirkan. Memiliki Panti Sosial Tresna Werdha sangat bermanfaat bagi para lansia yang tidak memiliki tempat tinggal. Memiliki Panti Asuhan Sosial Tresna Werdha sangat bermanfaat bagi para lansia yang tinggal sendiri dan tidak mempunyai tempat tinggal.

Mungkin ada beberapa jenis panti asuhan di atas yang belum Anda ketahui. Namun selain sembilan jenis panti asuhan tersebut, terdapat pula jenis panti asuhan lainnya. Seperti Panti Asuhan Indonesia, Panti Asuhan Islami dan masih banyak lagi.

Panti Asuhan Islam di Indonesia

Menurut filosofi Islam, setiap anak yatim piatu yang ditinggalkan oleh ayahnya memiliki kewajiban kepada kakek, paman, atau kakak laki-lakinya untuk menjaga dan merawat hartanya. Sehingga tidak ada Panti Asuhan Islam atau panti jompo di negara Islam. Apalagi Al-Qur’an mengutuk keras mereka yang tidak memperhatikan anak yatim. Padahal, Nabi Muhammad, semoga Tuhan memberkatinya.

Kemudian memberinya kedamaian, bersabda: “Setiap rumah tangga adalah yatim piatu dan dirawat dengan baik, Tuhan memberkatinya. Anak yatim piatu yang diurus oleh keluarganya, mereka juga dibawa pergi. Pemerintah kolonial kemudian mengeluarkan peraturan mengenai anak-anak yang keturunannya diabaikan oleh ayahnya dan masih di bawah umur. Itu akan dikenakan pajak 15 persen.

Peraturan ini membuat properti anak yatim tidak terlindungi. Selain itu, poligami yang berkembang secara sembunyi-sembunyi tidak terekam sampai lahirnya anak dari istri kedua dan seterusnya. Dalam situasi yang menyedihkan bagi anak yatim piatu ini.

Kekuatan Sedekah Yatim

Islam menempatkan anak yatim di tempat yang sangat istimewa. Yatim piatu adalah anak-anak yang orang tuanya telah meninggal dunia dan belum dewasa. Bukti keistimewaan anak yatim dalam Islam dibuktikan dengan menyebut anak yatim dalam 22 ayat Alquran. Dengan posisi istimewa ini, tidak mengherankan jika umat Islam didorong untuk bersedekah kepada anak yatim piatu.

Cara pemberian Sedekah Yatim dapat dilakukan dengan mudah melalui panti asuhan. Apalagi panti asuhan akan membagikan sedekah dari donatur secara adil dan setara. Banyak pelajaran zakat untuk anak yatim piatu. Di antara banyak manfaatnya adalah amal pahala yang terus mengalir. Saat bersedekah untuk anak yatim piatu, pahala akan terus mengalir.

Rasulullah SAW, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya damai, mengatakan bahwa ada tiga amalan yang gajinya tidak akan dipotong bahkan jika seseorang meninggal. Tiga amalan tersebut adalah sedekah, doa untuk anak-anak yang saleh, dan ilmu yang berguna. Sedekah anak yatim piatu di panti asuhan tidak akan mengurangi harta benda tapi malah dapat membantu.

Di satu sisi, zakat akan membuka pintu sumber mata pencaharian lain yang dapat menambah kekayaan. Selain itu, Tuhan Yang Maha Esa menjelaskan dalam Saba ayat 39 bahwa itu adalah rezeki yang terbaik. Zakat untuk anak yatim piatu juga menjadi salah satu cara bagi seorang muslim untuk keluar dari panasnya neraka.

Nabi Muhammad, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian. Amal panti asuhan anak yatim dengan nilai berapa pun dapat melindungi seseorang dari Neraka. Semakin banyak jumlah sedekah, semakin jauh jaraknya dari gerbang Neraka. Tuhan juga menjanjikan pintu surga khusus bagi umat Islam yang mencintai sedekah.

Disebutkan dalam hadits bahwa siapa pun yang berasal dari sekelompok orang yang mencintai amal akan dipanggil ke Surga sebagai masalah amal. Itu saja yang dapat kami jelaskan mengenai Panti Asuhan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: