Inilah Beragam Keutamaan Sedekah Subuh - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Inilah Beragam Keutamaan Sedekah Subuh
Keutamaan Sedekah waktu Subuh

Inilah Beragam Keutamaan Sedekah Subuh

Inilah Beragam Keutamaan Sedekah Subuh – Sedekah sepertinya bukan lagi kata yang asing bagi kita. Seperti yang sudah sering di bicarakan bahwa sedekah adalah memberikan sesuatu kepada orang yang lebih membutuhkan. Dijelaskan pula bahwa bersedekah dapat dilakukan dengan harta benda maupun bukan harta.

Sehingga dalam bersedekah banyak sekali Keutamaan Sedekah Subuh yang akan membuat seseorang mendapatkan berbagai manfaat dengan menjalankannya. Satu hal yang sering dibicarakan adalah terkait waktu beramal. Memang tidak banyak orang yang tahu bahwa waktu bersedekah juga memiliki keutamaan tersendiri. Sedekah merupakan salah satu cara untuk mengetuk pintu surga agar doanya terkabul.

Salah satu sedekah yang diyakini berkhasiat adalah sedekah sahur. Sedekah adalah salah satu jenis amalan yang bertujuan untuk membersihkan harta benda. Berbeda dengan sholat dan puasa yang berjangka waktu, sedekah bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, baik di lapangan maupun dalam kondisi sempit.

Di antara sekian banyak waktu dalam sehari, fajar adalah waktu paling penting untuk beramal. Sedekah fajar, begitulah orang biasa menyebutnya. Sementara yang lain berdoa “Ya Allah, berikan kerusakan kepada mereka yang memegang hartanya”. Dalam bersedekah tentunya ada saat yang baik dan tepat. Waktu terbaik termasuk, saat sehat.

Sedekah di Waktu Sehat

Waktu terbaik untuk beramal tentunya saat kita masih sehat. Sebab, ketika seseorang sakit, bisa jadi pemberian sedekah ini hanya sebagai upaya untuk menyembuhkannya dari penyakit. Kemudian saat takut miskin, saat takut miskin tentunya bersedekah akan menjadi pengorbanan. Dan pengorbanan ini tentunya bisa dijadikan bukti keimanan.

Kemudian, pada hari Jumat, berdasarkan penjelasannya, bahwa beramal pada hari Jumat memiliki keunggulan di bandingkan hari-hari lainnya. Sedekah pada hari Jumat dibandingkan dengan hari-hari lain dalam seminggu, seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan dengan semua bulan lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa beramal di hari Jumat memiliki keutamaan tersendiri. Saat subuh, ada 2 malaikat datang ke bumi untuk berdoa bagi mereka yang menghabiskan hartanya pada hari itu. Kali ini kita akan membahas keutamaan sedekah saat sahur. Inilah alasan mengapa kita harus bersedekah saat subuh.

Apa Saja Keutamaan Sedekah Subuh?

Diketahui bahwa siapapun yang bersedekah saat subuh, maka Allah SWT akan mudahkan ia dalam mendapatkan rezeki di hari itu. Di sisi lain, para malaikat berdoa untuk kehancuran dan kebangkrutan bagi siapa saja yang tidak mau menyumbangkan dan menyumbangkan sebagian dari hartanya.

Dua Malaikat Akan Berdoa

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bersedekah saat subuh sangatlah baik. Keuntungan yang didapat dengan bersedekah saat subuh adalah akan ada dua malaikat yang mendoakan seorang hamba yang mengeluarkan uang untuk orang yang lebih membutuhkan.

Memperbanyak Harta

Berbagi tidak akan membuat Anda miskin. Begitu juga jika Anda rutin melakukan sedekah di waktu subuh. Membiasakan bersedekah justru akan mendatangkan rezeki dari arah yang tidak terduga, dengan jumlah yang berlipat ganda.

Menolak Bala dan Kematian Su’ul Khotimah

Tidak ada yang mau mati dalam su’ul khotimah. Bahkan setiap orang pasti mendambakan hidup yang penuh ketenangan, kebahagiaan, dan kenyamanan. Namun, musibah dan hal buruk lainnya bisa datang kapan saja. Tentunya bukan hanya harta benda yang bisa kita sumbangkan. Dengan ilmu atau benda lain kita juga bisa melakukan sedekah.

Di sisi lain, mereka yang menahan hartanya juga akan ditahan rejekinya. Salah satu waktu terbaik untuk bersedekah adalah saat kita masih sehat. Saat kita masih sehat, akan lebih mudah bagi kita untuk mencari rezeki dan bisa membagikannya kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Dan bila sehat, bersedekah juga memiliki niat yang lebih ikhlas dan murni dengan niat mendapatkan ridha Allah SWT di sisi lain.

Sedekah Saat Sakit

Ketika kita mulai bersedekah dalam keadaan sakit, mungkin itu upaya untuk merayu Allah SWT. Merayu di sini berarti menginginkan Tuhan memberikan kesembuhan bagi penyakit kita. Jadi itu artinya kita bersedekah dengan tujuan tertentu. Untuk itulah, sangat disarankan untuk bersedekah selagi masih sehat, terutama bersedekah saat waktu sahur.

Kita sudah tidak asing lagi jika mendengar kata sedekah. Sedekah sendiri bertujuan untuk membersihkan kekayaan, dan dapat memperbanyak kekayaan atau rezeki. Jika mereka yang mempraktikkannya mendapat pahala, dan mereka yang tidak melakukannya tidak mendapat dosa. Sedekah juga bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, tanpa memandang waktu dan tempat.

Sedekah subuh adalah waktu yang tepat bagi kita untuk bersedekah, nanti ada dua malaikat yang akan mendoakan kita. Dari sekian waktu untuk beramal, waktu paling istimewa adalah saat subuh. Mengapa Subuh? Mengapa tidak Zuhur atau Ashar?.

Apa Saja Macam-macam Keutamaan Sedekah Subuh?

Kapanpun diperbolehkan memberi sedekah, tidak ada yang melarang dan membatasinya. Tapi sedekah di waktu fajar / subuh ini termasuk sedekah terbaik, waktu paling penting untuk beramal. Keutamaan sedekah di waktu fajar ini ditemukan dalam hadits yang berbunyi, “Tidak ada satupun fajar yang dialami para hamba Allah kecuali ketika dua malaikat turun ke atas mereka. Salah satu dari keduanya berdoa, “Ya Allah berikan santunan kepada yang memiliki donasi”.

Sementara yang lain berdoa, “Ya Allah, berikan kerusakan kepada mereka yang memiliki harta benda.” Makna dalam hadits diatas adalah setiap subuh pasti ada malaikat yang mendoakan agar rezeki kita terus mengalir dan lancar. Namun, malaikat lain berdoa agar kita menjadi miskin karena enggan untuk bersedekah.

Cara Mudah Sedekah di Waktu Subuh

Kita perlu menyediakan satu kaleng atau celengan. Kemudian setiap setelah shalat subuh, kita bersedekah dan memasukkan uang ke dalam kencleng. Tidak ada batasan nominal, tapi tolong buat ini di hatimu. Sampai kencleng atau celengan penuh, berikan kepada anak yatim piatu atau orang miskin. Bagi yang menunaikan shalat subuh di masjid, selalu bisa istiqomah untuk mengisi kotak amal di masjid.

Tidak melihat seberapa banyak atau sedikit kita berdonasi, tapi dilihat dari istiqomahannya. Karena itulah yang terbaik di sisi Allah SWT, ketika kita memiliki niat dan dengan sungguh-sungguh memintanya, Allah pasti mengabulkannya. Niatkan dengan sungguh-sungguh saat kita ingin bersedekah. Sedekah saat sahur berbeda dengan waktu lainnya.

Karena ketika kita bersedekah untuk mendapatkan ridha-Nya, sebagian orang masih tertidur. Malaikat segera menyampaikan doa kita kepada Allah SWT. Sedekah tidak hanya dalam bentuk uang, tapi bisa dilakukan dengan berdzikir, berbagi makan, mengaji dan berbuat kebaikan untuk sesama. Mari kita mulai sedekah fajar. Meski sedikit tapi tetap istiqomah.

Keutamaan bersedekah saat subuh yang tidak banyak di ketahui orang adalah adanya malaikat yang datang ke bumi pada pagi hari. Mereka bertugas mendoakan siapapun yang melakukan sedekah pada hari itu. Salah satu Keutamaan Sedekah Subuh, para malaikat akan berdoa agar orang yang bersedekah di beri rezeki berlipat ganda dan sebaliknya bagi yang menahan hartanya atau tidak bersedekah akan dihancurkan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: