Manfaat Zakat Fitrah dari Berbagai Sisi - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Manfaat Zakat Fitrah dari Berbagai Sisi
Manfaat Zakat Fitrah

Manfaat Zakat Fitrah dari Berbagai Sisi

Manfaat Zakat Fitrah dari Berbagai Sisi – Zakat fitrah ternyata membawa manfaat dan hikmah yang luar biasa. Berikut beberapa manfaat dan hikmah Zakat fitrah yang wajib diketahui umat Islam. Melalui hadits, kita tahu bahwa Islam mengenal lima rukun. Salah satu dari lima rukun yang harus dipraktikkan umat Islam adalah Zakat fitrah. Zakat fitrah memang wajib bagi umat Islam yang cakap.

Manfaat Aspek Keagamaan dalam Membayar Zakat fitrah

Menyempurnakan Iman. Persepuluhan kepada mereka yang membutuhkan adalah salah satu rukun Islam. Setiap muslim harus berusaha melaksanakan amalan ini dengan tujuan menunaikan kewajiban yang diamanatkan agamanya dan Zakat Fitrah adalah adalah keajiban bagi umat muslim.

Bukti Iman dan Kepatuhan

Manusia membutuhkan dan mencintai uang sebagai sesuatu yang bisa dimiliki. Oleh karena itu, terkadang orang tidak mau menyerahkan apa yang mereka cintai. Dengan membayar Zakat fitrah atau bisa disebut dengan shadaqah berarti Anda sudah menunjukkan keimanan kepada sang pencipta.

Bersihkan Hati dan Diri

Dengan membayar Zakat fitrah, umat Islam telah masuk dalam kelompok orang yang dermawan dan memisahkan diri dari kelompok kikir. Pasalnya, jika seseorang terbiasa memberi dalam bentuk apapun, seperti ilmu, uang, atau kebaikan, ia akan merasa lebih “lengkap”.

Mencapai Iman Sempurna

Rasul bersabda, “Salah satu dari kalian tidak beriman (dengan iman yang sempurna) sampai dia mencintai saudaranya seperti dia mencintai dirinya sendiri.” Terkait Zakat fitrah, tanpa disadari, Anda juga menyempurnakan keimanan dengan tidak hanya mementingkan diri sendiri.

Tiket ke Surga

Muslim pasti percaya pada surga dan mencoba masuk surga pada akhir hidup mereka. Terkait surga, manfaat Zakat fitrah selanjutnya adalah pahala yang didapat bisa menjadi “tiket” yang memudahkan dan menjamin perjalanan Anda ke Surga.

Apa Saja Manfaat Zakat Fitrah dari Berbagai Sisi?

Pelindung Bagi Umat Muslim

Apa yang telah Anda latih akan menjadi tempat berlindung dari panas yang tak tertahankan. Sebagaimana diriwayatkan. Tentang salah satu dari tujuh jenis orang yang akan berada di bawah naungan sang pencipta pada saat kiamat adalah: “orang-orang yang beramal dan menyembunyikannya sedemikian rupa sehingga tangan kiri mereka melakukannya.

Manfaat Aspek Sosial dalam Membayar Zakat fitrah

Terbiasa Membantu Orang Lain

Manfaat Zakat fitrah selanjutnya adalah menjadikan umat Islam sebagai satu keluarga besar yang saling membantu. Sang pencipta berfirman: “Dan berbuat baik (kepada orang lain), sebagaimana sang pencipta telah berbuat baik kepadamu.”

Menghilangkan Iri hati dan Prasangka

Beberapa orang memang memiliki keberuntungan yang lebih sedikit dari yang lain, jadi tidak ada salahnya membantu mereka yang kurang beruntung. Dengan begitu, Anda akan mengurangi kecemburuan atau prasangka yang ada pada diri mereka. Mereka mengira bahwa orang yang memiliki kekayaan adalah saudara yang bersedia membantu di saat-saat sulit.

Mencegah Kejahatan

Manfaat Zakat fitrah lainnya adalah ikut serta mencegah kejahatan seperti perampokan atau pencurian. Sekadar informasi, beberapa kejahatan muncul karena kebutuhan dasar masyarakat yang kurang mampu tidak tercukupi. Jadi, dengan memberikan Zakat fitrah Anda bisa berkontribusi untuk mengurangi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar.

Hati yang rendah hati

Zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus dilakukan, tetapi tidak secara terbuka. Sungguh sang pencipta tidak menyukai hambanya yang berhati tinggi. Seperti yang dikatakan rasul: “Dermawan yang diberikan secara sembunyi-sembunyi bisa memadamkan murka sang pencipta.”

Manfaat Aspek Keuangan dari Membayar Zakat fitrah

Meningkatkan rezeki

Zakat fitrah yang kamu berikan juga bermanfaat untuk menambah dan memurnikan kekayaan, lho. Sebab, orang yang kikir dalam hidupnya akan dilanda kesulitan yang akan merugikan dirinya sendiri. Jika seseorang mengamalkan hartanya maka ia akan terhindar dari penyakit.

Tingkatkan Berkat Aset

Zakat Fitrah adalah kunci agar harta kita menjadi berkah. Harta karun yang diberkati akan membuat pemiliknya tenang. Berkah tidak selalu harus banyak, selalu ada saat dibutuhkan, dan menjaga ketenangan pemiliknya. Rasul bersabda: Harta tidak akan berkurang karena sedekah (Zakat fitrah) dan sang pencipta tidak menambah hamba yang pemaaf.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: