Pengertian Shadaqah, Keutamaan, dan Jenisnya - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Sedekah » Pengertian Shadaqah, Keutamaan, dan Jenisnya
Pengertian Shadaqah, Keutamaaan dan Jenis Shadaqah

Pengertian Shadaqah, Keutamaan, dan Jenisnya

Shadaqah atau sedekah adalah mengamalkan atau menginfakan harta di jalan Allah. Namun, kegiatan ini bukan hanya semata-mata menginfakan harta di jalan Allah atau menyisihkan sebagian uang pada fakir miskin, tetapi shadaqah juga mencakup segala macam dzikir (tasbih, tahmid, dan tahlil) dan segala macam perbuatan baik lainnya.

Pengertian Sedekah atau Shadaqah

Pengertian Sedekah Atau Shadaqah
Pengertian Sedekah Atau Shadaqah

Sedekah menurut KBBI berarti pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi. Pengertian secara umum shadaqah atau sedekah adalah mengamalkan harta di jalan Allah dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, dan semata-mata mengharapkan ridha-Nya sebagai bukti kebenaran iman seseorang.  Istilah lain sedekah adalah derma dan donasi.

Dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah Ayat 245 disebutkan:

“Barang siapa yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepda-Nya-lah kamu dikembalikan.”

Ayat tersebut menggambarkan bahwa shadaqah memiliki makna mendermakan atau menyisihkan uang di jalan Allah swt. Memberi sedekah kepada fakir miskin, kerabat, atau orang lain yang dilakukan hanya untuk mengaharap ridha Allah maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, baik di dunia maupun di akhirat.

Selain sebagai bentuk amalan dan kebenaran iman seseorang terhadap perintah Allah swt, shadaqah memiliki banyak keutamaan dalam pelaksanaannya antara lain:

Orang yang bersedekah denga ikhlas akan mendapatkan perlindungan dan naungan Arsy di hari kiamat.

Sebagai obat bagi berbagai macam penyakit, baik penyakit jasmani maupun rohani.

Allah akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah, (QS. Al-Baqarah: 245)

Shadaqah merupakan indikasi kebenaran iman seseorang.

Sebagai penghapus kesalahan

Shadaqah merupakan pembersih harta dan mensucikannya dari kotoran.

Shadaqah juga merupakan tanda ketaqwaan, (QS. Al-Baqarah: 2-3)

Shadaah adalah perisai dari neraka

Sebagai pelindung di Padang Mahsyar

Orang yang bersedekah termasuk kedalam tujuh orang yang dinaungi di akhirat nanti

Jenis-jenis Sedekah atau Shadaqah
Jenis-jenis Sedekah atau Shadaqah

Jenis-jenis Sedekah atau Shadaqah

Berikut merupakan beberapa jenis sedekah yang bisa kita amalkan sehari-hari:

Tasbih, Tahlil, dan Tahmid

Sedekah Sebagai Tasbih, Tahlil, dan Tahmid
Sedekah Sebagai Tasbih, Tahlil, dan Tahmid

Dari Aisyah r.a, bahwasanya Rasulullah SAW. Berkata, “Bahwasanya diciptakan dari setiap anak cucu Adam tiga ratus enam puluh persendian. Maka barang siapa yang bertakbir, bertahmid, bertasbih, beristighfar, menyingkirkan batu, duri, atau tulang dari jalanan, amar ma’ruf nahi mungkar, maka akan dihitung sejumlah tiga ratus enam puluh persendian. Dan ia sedang berjalan pada hari itu, sedangkan ia dibebaskan dirinya dari api neraka.” (HR. Muslim)

Bekerja dan Memberi Nafkah pada Sanak Keluarganya

Bekerja dan Memberi Nafkah pada Sanak Keluarganya

Sebagaimana diungkapkan dalam sebuah hadits: Dari Al-Miqdan bin Ma’dikarib Al-Zubaidi ra, dari Rasulullah saw. Berkata, “Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya terhadap diri, keluarga, anak dan pembantunya melainkan akan menjadi shadaqah.” (HR. Ibnu Majah)

Shadaqah Harta (Materi)

Shadaqah Harta atau Sedekah Harta
Shadaqah Harta atau Sedekah Harta

Sedekah tidaklah mengurangi harta. Sebagaimana Rasulullah SAW. Bersabda, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim). Meskipun secara bentuk harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak seperti dalam firman Allah dalam Surah Saba: “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

Sedekah harta salah satunya bisa kamu lakukan untuk membantu pembangunan asrama untuk anak yatim, piatu & dhuafa, salah satunya adalah Asrama Yatim & Dhuafa di Kembang Kerep. Program ini merupakan sarana tempat tinggal, tempat belajar anak yatim & dhuafa binaan Pondok Yatim & Dhuafa. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah membantu anak yatim & dhuafa supaya bisa merasakan tempat tinggal yang layak, merasa mempunyai kedua orang tua, bisa makan makanan yang bergizi dan bisa merasakan sekolah.

4 komentar untuk “Pengertian Shadaqah, Keutamaan, dan Jenisnya”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top