Bayar Zakat Online - Zakat Maal - Zakat Profesi - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Bayar Zakat » Bayar Zakat Online
Bayar Zakat

Bayar Zakat Online

Sebagai umat muslim tentunya mengetahui jika Bayar Zakat menjadi salah satu bagian dari rukun Islam. Zakat sendiri memiliki beberapa jenis, mulai dari zakat fitrah di bulan Ramadhan hingga zakat maal. Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, bayar zakat bukanlah hal yang rumit dan ribet. Sebab anda bisa memanfaatkan zakat online yang banyak ditemukan. Simak ulasannya.

Mengapa Harus Membayar Zakat?

Zakat atau mengeluarkan sebagian harta kepada yang berhak merupakan sebuah kewajiban. Terutama bagi anda yang mampu, yang ternyata juga memiliki artian sebagai suci, bersih, subur, berkat, berkembang jika dilihat dari sisi bahasanya. Zakat ini juga akan membersihkan harta kita.

Zakat yang mudah untuk anda lakukan setiap bulannya adalah Zakat Maal. Karena memang zakat ini akan dibayarkan setiap bulan dengan penghitungan sebanyak 85 gram emas setiap tahunnya dari kadar penghasilan 2,5%. Penghasilan ini bisa meliputi gaji, honor, upah yang didapatkan dari pekerjaan. Zakat ini juga sering dikenal dengan zakat profesi.

Sebenarnya selain mampu membersihkan harta, apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan? Ada banyak manfaat yang bisa anda rasakan jika rutin untuk menunaikan zakat. Salah satunya yang paling terlihat adalah mampu untuk menyempurnakan iman. Seperti yang disinggung sebelumnya jika bayar zakat adalah rukun iman ke empat yang wajib dilakukan bagi yang mampu.

Sebagai seorang muslim tentunya semua berlomba untuk bisa memenuhi semua pilar agama tersebut. Zakat juga sebagai sedekah yang menjadi bukti dari keimanan serta ketaatan anda. Dimana sedekah ini juga sebagai tanda jika anda sudah menunjukkan keimanan anda kepada Allah SWT. Karena anda tidak mengharapkan imbalan dari menunaikan zakat ini.

Manfaat Lain Melakukan Zakat

Selain itu, zakat juga bisa sebagai ajang untuk membersihkan diri dan juga jiwa. Membuat hati menjadi lebih tenang juga menjadi manfaat lainnya. Mengingat dalam melakukan zakat ini anda dilatih untuk menjadi pribadi yang tulus dan ikhlas. Dengan begitu wajar jika ada yang menyebutkan jika zakat akan membawa banyak keselamatan pada kita.

Bukan hanya mendapatkan manfaat yang terkait dengan hubungan Anda dan Allah SWT, anda juga bisa mengambil manfaat dari sesama. Berzakat menjadi cara untuk membiasakan membantu sesama. Bahkan hal ini sudah di jelaskan dalam Al Quran 28 :77, Allah berfirman Dan berbuat baiklah kepada Orang lain, sebagaimana Allah telah berbuat baik padamu.

Hal ini akan semakin terpupuk dan menjadikan anda sebagai orang yang rendah hati. Jika dari segi finansial, bayar zakat akan mampu untuk meningkatkan rezeki anda. Disebutkan dalam sebuah Hadist jika kekayaan tidak akan berkurang jika dikeluarkan untuk amal. Harta yang anda miliki juga akan lebih bersih serta berkah.

Kini Menunaikan Zakat Bisa Melalui Zakat Online

Banyaknya manfaat dari zakat tersebut, saat ini juga sangat mudah untuk anda raih. Perkembangan teknologi memberikan sumbangsih mengapa sekarang semuanya semakin mudah. Karena anda bisa menunaikan zakat dengan memanfaatkan banyak aplikasi atau lembaga penyalur secara online.

Dengan begitu anda tidak perlu lagi bingung, jika memang tidak memiliki banyak waktu untuk menyalurkan zakat anda. Zakat secara online lebih mudah dilakukan kapan saja tanpa ribet. Jika anda masih ragu akan hukum menunaikan zakat secara online ini, maka harus dihapuskan. Karena di dalam zakat yang menjadi poin utamanya adalah niat dari sang muzaki.

Apabila sudah melakukan hal ini, maka zakat yang anda tunaikan sudah sah. Akad jabat tangan bukanlah menjadi syarat sah yang harus anda penuhi. Bahkan anda bisa mentransfer sejumlah dana tanpa harus membicarakan kepada sang penerima juga sudah termasuk zakat. Asalkan anda memang sudah berniat untuk bayar zakat.

Bahkan anda akan mendapatkan kemudahan untuk menentukan siapa yang akan menerima zakat tersebut. berbeda jika anda berzakat sendiri, anda harus benar benar menemukan orang yang tepat untuk menerima zakat tersebut. Apalagi saat ini sudah banyak sekali lembaga Amil zakat yang bisa anda percaya untuk penyalur zakat tiap bulannya.

Tips Memilih Lembaga Amil Zakat Terpercaya

Untuk menyalurkan zakat anda, tentunya anda membutuhkan Amil yang sudah terpercaya. Jika anda memilih jalur zakat online, saat ini sudah banyak bermunculan Amil yang bisa membantu anda. Bahkan beberapa sudah dalam bentuk aplikasi sehingga begitu mudah untuk digunakan. Transfer dana bisa Anda lakukan kapan pun dan di mana pun untuk zakat.

Kendati demikian, anda tetap harus memperhatikan beberapa hal agar mendapatkan yang terbaik. Amil zakat yang terbaik dan terpercaya umumnya sudah memiliki banyak jaringan. Sehingga zakat yang anda keluarkan segera sampai kepada anak yatim, dhuafa hingga yang membutuhkan. Bahkan beberapa penyaluran juga berupa program program inovatif yang menarik.

Seperti membantu anak anak untuk kembali bersekolah dan lain sebagainya. Selain memilih banyak jaringan, anda juga harus memastikan jika lembaga tersebut memiliki izin resmi dari Kementerian Agama. Dengan begitu anda tak perlu ragu lagi untuk menyalurkan zakat anda, melalui lembaga yang memiliki izin dan sudah terverifikasi.

Anda juga bisa mencari banyak informasi dari website resmi yang bersangkutan. Informasi ini tetap harus anda kroscek kebenarannya dan sesuai dengan informasi yang ada di lapangan. Jika telah menggunakan aplikasi, maka penting bagi anda untuk mengecek keasliannya. Pasalnya, beberapa oknum justru menduplikasi aplikasi yang tak jauh berbeda jauh.

Keaslian Aplikasi Zakat

Asli atau tidaknya aplikasi ini bisa anda lihat melalui review atau ulasan yang ada di aplikasi tersebut. Apabila anda menemukan banyak ulasan negatif, ada baiknya anda mencari yang lainnya. Aplikasi zakat yang asli akan memiliki banyak ulasan yang positif. Tidak ketinggalan, anda juga harus mengecek jika rekening penghimpun zakat ini merupakan nama lembaga tersebut.

Hal ini akan semakin membuktikan jika tidak ada orang yang berniat mencari keuntungan pribadi. Risiko penipuan akan lebih mudah untuk anda minimalisir jika melakukan pengecekan rekeningnya. Yang tidak kalah penting, anda juga harus tahu bagaimana cara mereka untuk menyalurkan zakat yang telah terkumpul.

Bagaimana anda bisa mengetahuinya? Anda bisa menyimak akun media sosial hingga websitenya. Umumnya mereka akan membuat dokumentasi khusus dalam unggahan di media sosial atau websitenya. Dokumentasi dalam bentuk foto atau video, misalnya saat mereka menggelar acara santunan anak yatim.

Apabila di dalam website atau media sosialnya tidak mencantumkan informasi tersebut, maka wajar jika anda mencurigainya. Dengan menerapkan beberapa tips tersebut, maka anda bisa memilih amil zakat yang memang terpercaya dan juga yang terbaik. Hal ini akan membuat anda untuk lebih berhati hati.

Kemudahan teknologi akan membantu anda untuk menyempurnakan keimanan melalui zakat secara online. Kini telah hadir Pondok Yatim & Dhuafa yang akan menyalurkan zakat anda dengan amanah. Sudah melakukan berbagai program yang membantu banyak orang, anda tidak perlu lagi khawatir akan keamanan ataupun penipuan yang kerap terjadi.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: