7 Manfaat Sedekah Kepada Anak Yatim - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Sedekah Yatim » 7 Manfaat Sedekah Kepada Anak Yatim
7 Manfaat Sedekah Kepada Anak yatim dan Dhuafa

7 Manfaat Sedekah Kepada Anak Yatim

7 Manfaat Sedekah Kepada Anak Yatim. Anak yatim adalah anak belum dewasa yang sudah tidak memiliki ayah. Generasi yang membutuhkan perhatian lebih karena tidak memiliki sosok ayah sebagai pelindung, pengayom, dan pemberi nafkah. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi seorang muslim untuk bersedekah kepada anak yatim.

Namun tahu nggak sih, jika bersedekah kepada anak yatim itu memiliki manfaat yang sangat banyak. Bahkan, ada jaminan surga dan dekat dengan Rasulullah di surga kelak. Bukankah hal ini manfaat yang agung?

Agar lebih jelas apa saja manfaat bersedekah kepada anak yatim, simak penjelasan di bawah ini:

1. Menjadikan Harta Anda Berkah

Keberkahan harta adalah idaman bagi semua kehidupan manusia. Karena dengan memiliki harta yang berkah, segala tindakan dan perilaku kita menjadi diridhoi Allah. Akhirnya, akan menciptakan perasaan hati yang damai dan bahagia.

Keberkahan harta juga akan membawa kebahagiaan keluarga. Maka jangan heran, orang yang selalu mengasihi anak yatim akan diberikan wajah yang cerah dan berseri-seri. Ketika harta Anda menjadi berkah, maka dunia dan seisinya akan menjadi mudah bagi Anda.

Bersedekah itu tidak akan menjadikan harta Anda akan berkurang atau habis. Malah sebaliknya, Allah akan melipat gandakan harta Anda serta diberikan keberkahan di dalamnya. Apalagi jika Anda bersedekah kepada anak yatim yang memang membutuhkan.

2. Terhindar dari Bencana

Bencana adalah satu kejadian yang memilukan. Tidak ada manusia yang ingin merasakan bencana, apalagi bencana dahsyat yang merusak bangunan dan memakan banyak korban. Bencana adalah satu pengingat untuk kita semua, agar kita tidak berbuat kerusakan di muka bumi.

Ternyata Rasulullah pernah bersabda jika sedekah adalah salah satu tindakan yang bisa menolak bala bencana. Sedekah yang bisa anda lakukan kepada fakir miskin, kaum dhuafa, dan orang-orang yang membutuhkan. Termasuk juga anak yatim yang tidak memiliki ayah.

Bahkan Rasulullah juga meneruskan jika bersedekah adalah tindakan baik bisa menutupi 70 kejahatan. Bukankah hal ini sangat bermanfaat bagi sesama dan diri kita sendiri? Bersedekah adalah bukti jika kita memiliki jiwa sosial untuk saling berbagi dan menyayangi.

3. Menjadikan Harta Mengalir

Salah satu penyakit yang tidak bisa dihilangkan dalam otak manusia adalah takut kekurangan harta. Sehingga, karena itu juga mereka akhirnya tidak yakin untuk bersedekah karena takut hartanya akan habis.

Itu adalah salah satu pola pikir yang salah. Karena dengan bersedekah, harta saudara akan semakin bertambah dan mengalir tanpa henti. Allah adalah Dzat yang maha mencukupi, mustahil bagi Dia untuk melupakan hamba yang mau berbagi rezeki.

Derasnya aliran rezeki karena berbagi sudah dirasakan oleh banyak orang. Semakin banyak mereka bersedekah, rezeki itu semakin deras mengalir dari berbagai penjuru. Sebabnya juga seringkali tidak terduga. Itulah salah satu manfaat bersedekah, apalagi sedekah kepada anak yatim.

4. Memperpanjang Umur

Berbagi itu membahagiakan, maka tidak heran jika orang yang hobi berbagi, wajahnya akan awet muda dan berseri-seri. Sehingga, Allah akan menampakkan cahaya dari wajahnya, sehingga nyaman dipandang oleh orang lain.

Maksud dari panjang umur di sini adalah keberkahan umur. Ketika Allah meridhai apa yang kita lakukan, maka semua tindakan kita akan dinilai sebagai ibadah yang akan menjadikan kita terus dekat kepada Allah.

Umur manusia siapa yang tahu, maka dari itu bersedekah adalah cara untuk menjadikan hidup kita berkualitas. Bahkan, ada satu riwayat yang mengatakan jika orang yang sudah meninggal diberi kesempatan hidup, maka ia akan bersedekah.

Hal ini dikarenakan bersedekah adalah tindakan mulia yang sangat besar pahalanya. Apalagi jika kita bersedekah kepada anak yatim. Generasi muda yang dekat dengan Allah serta Rasulnya, mereka membutuhkan perhatian lebih dan kasih sayang dari kita semua.

5. Dekat dengan Rasulullah di Surga

Bukankah sangat membahagiakan, jika kita bisa dekat dengan Rasulullah di surga nanti? Apalagi kedekatan itu hanya berjarak satu jari, sangat dekat sekali. Jangankan dekat dengan rasulullah, dekat dengan kekasih hati aja sudah membahagiakan.

Orang yang suka bersedekah, mereka akan sangat dekat dengan Rasulullah di surga nanti. Bayangkan, betapa bahagianya dekat dengan manusia paling mulia di alam semesta. Tentu suatu nikmat yang tidak terhingga, ketika kita dicintai oleh Rasulullah.

Maka dari itu, marilah kita bersedekah untuk mendapatkan manfaat itu. Sedikit tidaklah masalah, asalkan kita ikhlas mengeluarkannya, Insya Allah harta itu akan membawa kita ke surga di kehidupan setelah dunia ini.

6. Menghilangkan Sifat Sombong

Anak yatim adalah aset besar yang dimiliki umat muslim. Mereka adalah ladang pahala yang terbentang luas. Uluran tangan kita akan menjadikan mereka hidup lebih bahagia, yang pada akhirnya akan berimbas pada kebahagiaan kita sendiri.

Bersedekah pada anak yatim adalah proses menundukkan hati kita. Menghilangkan sifat sombong dan takabbur. Bersedekah menjadikan hidup kita jauh lebih mulia, entah itu di dunia maupun di akhirat.

Satu hal yang perlu kami tekankan adalah, bersedekah adalah tindakan untuk menghilangkan kesombongan kita. Maka dari itu, ketika kita bersedekah, nampaknya tidak perlu diperlihatkan kepada orang lain.

Jangan sampai amalan sedekah kita menjadi hangus disebabkan buruknya niat kita di balik sedekah yang kita berikan. Rasanya, sangat tidak pantas membanggakan sedekah yang kita berikan, apalagi itu sedekah kepada anak yatim.

Anak yatim adalah ladang amal dan pahala untuk kita, bukan ladang pencitraan dan unjuk kekayaan kepada orang lain. Jangan sampai, sedekah yang kita berikan malah menjadi siksa di neraka nantinya.

7. Penutup Aib Manusia

Aib adalah segala hal buruk yang tertutup dalam diri kita. Sering sekali dikatakan oleh banyak muballigh jika manusia adalah makhluk hina yang ditutupi aibnya. Jika aib kita dibuka, maka kemuliaan itu akan sirna dari diri manusia.

Maka dari itu, kita harus sering-sering bersyukur dan terus introspeksi diri. Tidak ada hal yang bisa kita sombongkan. Apalagi ketika kita memberikan sedekah kepada anak yatim, hal itu bukanlah satu hal yang boleh kita sombongkan.

Jangan sampai, aib kita terbuka gara-gara niat kita yang buruk. Bersedekah bisa menutup aib-aib kita, jangan sampai kita salah niat dan malah merusak segalanya. Jadikanlah proses sedekah itu sebagai ajang berdoa, agar Allah memberikan kasih sayang-Nya.

Di zaman modern ini, kita tidak perlu bingung bagaimana bersedekah. Sedekah Online sudah bisa kita lakukan di berbagai platform digital. Dompet-dompet digital bahkan hampir selalu menyediakan fitur sedekah dan infaq.

Maka dari itu, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk mengurungkan niat bersedekah, apalagi kepada anak yatim di seluruh bangsa ini. Sisihkan sebagian harta kita untuk kebahagiaan mereka. Manfaatnya dapat dipastikan akan kembali ke kita juga nantinya.

Penjelasan 7 manfaat bersedekah kepada anak yatim di atas diharapkan bisa menambah motivasi kita untuk bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Selalu ingat wahai saudaraku, di dalam harta yang kita miliki ada sedikit hak yang harus diberikan kepada orang yang membutuhkan.

8 komentar untuk “7 Manfaat Sedekah Kepada Anak Yatim”

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: