Keutamaan Sedekah Muliakan Anak Yatim - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Sedekah » Keutamaan Sedekah Muliakan Anak Yatim
Sedekah untuk anak Yatim Sekarang

Keutamaan Sedekah Muliakan Anak Yatim

Sahabat Yatim, perlu kita ketahui bahwa banyak dalil Al Quran dan Hadist yang menyatakan & menjelaskan bahwa Sedekah akan menjadikan hidup seseorang menjadi berkah, sehat dan dijauhkan dari segala bahaya. Apakah Sedekah membuat hidup menjadi berkah?, Allah SWT telah menjelaskan dalam Surah Al Baqarah bahwa “ Siapa saja yang bersedekah dengan hartanya maka akan dilipat gandakan sampai 10 kali bahkan sampai 700 kali lipat rezekinya”. Berikut Dalil- dalil dari Al Quran dan Hadist tentang keutamaan Sedekah.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18).

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. 2:261)

Yuk Simak Artikel tentang Keutamaan Sedekah Kepada Anak Yatim

1. Dekat dengan Rasulullah SAW di Surga

Orang yang peduli, memelihara, mendidik dan menyantuni anak yatim itu mendapatkan janji dari Rosulullah bahwa mereka akan Bersama di surga seperti jari tengan dan jari telunjuk ( Sangat dekat dengan Nabi Muhammad SAW). Siapa yang mau sedekah untuk anak yatim?, Berikut hadiah bagi orang yang suka sedekah dan menyantuni anak yatim, piatu dan dhuafa.

“Aku dan orang yang mengasuh atau memelihara anak yatim akan berada di surga begini,” kemudian beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkannya sedikit.” (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad dari Sahl bin Sa’d). (Lihat Shahih Bukhari, Kitab Ath-Thalaq: 4892. Sunan Tirmidzi, Kitab Al-Birr wa Ash-Shilah’an Rasulillah: 1841. Sunan Abi Daud, Kitab Al-Adab:4483)

Semoga kita bisa lebih menyayangi dan menyantuni anak-anak yatim supaya bisa dekat dengan Rosulullah di surga kelak, aminnn...

2. Penyayang Anak Yatim Dijamin Masuk Surga

Siapa yang mau masuk surga? Pasti semua orang ingin dan akan melakukan apapun cara untuk bisa masuk surga, namun keinginan saja belum cukup membuat kita bisa masuk ke sana karena banyak aturan perintah dan larangan yang harus kita patuhi. Allah SWT memberikan beberapa cara yang memudahkan umat Nabi Muhammad SAW bisa mudah masuk surga, salah satunya dengan menyayangi dan memelihara anak yatim.

“Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR. Tirmidzi dari Ibnu Abbas). (Lihat Sunan Tirmidzi, Kitab Al-Birr wa Ash-Shilah’an Rasulillah: 1840).

3. Pemberi Makan Anak Yatim Mendapatkan Gelar Abror

Kabar gembira bagi para pecinta kebajikan yang selalu memberi makan anak yatim dan dhuafa, mereka mendapatkan gelar dari Allah SWT yaitu “Abror”. Apa sih Abror itu ? Yaitu orang orang yang senang berbuat Kebajikan yang minum dari mata air di surga.

“Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan (abror) minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur. Yaitu mata air (dalam surga) yang diminum oleh hamba-hamba Allah dan mereka dapat memancarkannya dengan sebaik-baiknya. Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana. Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan.” (QS. Al-Insan: 5-6).

 

4. Mendapat Pertolongan Allah SWT di Dunia dan Akhirat

Jika sahabat yatim ingin mendapatkan pertolongan Allah SWT di dunia atau di akhirat, sahabat bisa melaksanakan amalan sesuai hadist di bawah ini.

“Barangsiapa yang menghilangkan kesusahan orang mukmin di dunia maka Allah akan menghilangkan kesusahannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang meringankan kesulitan orang mukmin di dunia maka Allah akan meringankan kesulitannya di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa yang menutupi aib orang muslim maka Allah akan menutupi aibnya di akhirat. Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya. (HR. Muslim dan Ashhabus Sunan dari Abu Hurairah). (Lihat Shahih Bukhari, Kitab Al-Adab: 5557).

 

5. Allah SWT Jaga dari Siksa Akhirat yang Pedih

Siapa yang tidak mau sih dijaga dari siksa akhirat yang pedih? Pasti semua orang menginginkan hal ini. Berikut salah satu cara supaya kita bisa selamat dari siksa yang pedih di Akhirat yaitu dengan menyayangi anak yatim. Sesuai isi dalil menyayangi anak yatim dibawah ini :

“Demi Yang Mengutusku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa pada hari kiamat nanti orang yang menyayangi anak yatim, lemah lembut pembicaraan dengannya, menyayangi keyatiman dan kelemahannya. (HR. Thabrani dari Abu Hurairah). (Imam Ath-Thabrani, Al-Mu’jam Al-Ausath, VIII/346. Hadist no. 8828).

6. Pahalanya Terus Mengalir Walau Kita Sudah Tiada

Selama di dunia orang – orang berlomba untuk bisa berbuat baik dengan harapan mendapatkan nilai pahala dari Allah SWT, ada beberapa amal yang membuat pahalanya itu terus mengalir bagi yang melakukan amalan tersebut. Seperti dalam hadist berikut.

“Jika manusia mati maka terputus lah amalnya, kecuali tiga perkara: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang selalu mendoakannya.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

7. Sedekah Dapat Menjauhkan Diri Dari Bala Musibah

Bersedekah kepada anak yatim dan dhuafa dapat menghindarkan diri dari bala bencana dan mara bahaya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam yang mengatakan bahwa tidak ada musibah serta bencana yang dapat mendahului sedekah. Di waktu yang sama, beliau juga mengungkapkan kalau sedekah mampu menutup 70 pintu kejahatan, (H.R Imam Baihaqi).

8. Meraih Keberuntungan dan Menjadi yang Terbaik

Memelihara dan memuliakan anak yatim merupakan salah satu bentuk ibadah sosial dalam rangka amar makruf (mengajak kebaikan) dan nahi mungkar (melarang berbuat maksiat).

Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut ini:

“Siapa saja yang menyeru kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya itu.” (HR. Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud dari Abu Mas’ud).

Dengan memuliakan anak yatim, InsyaAllah kita akan diberikan keutamaan-keutamaan besar, antara lain dekat dengan Rasulullah di surga, melunakkan hati yang keras, terpenuhinya kebutuhan hidup, dan memperoleh perlindungan di hari kiamat. Wallahu a’lam.

Jangan Takut Kehabisan Harta Ketika Sedekah

Jangan takut miskin untuk mengeluarkan sebagian harta kita di jalan Allah. Justru dengan bersedekah rezeki kita akan tambah berlimpah. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya bersedekah tidak mengurangi hartamu” (HR. Muslim).

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan barang apa saja yang kamu nafkah kan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” (QS.Saba’ : 39).

Mengingat banyaknya manfaat sedekah, Imam Samarqandi mengatakan:

“Biasakanlah kamu untuk terus bersedekah, baik dalam jumlah kecil maupun jumlah yang besar karena dalam sedekah ada sepuluh manfaat. Lima manfaat yang akan kamu peroleh ketika di dunia dan lima manfaat ketika di akhirat kelak. ”

Sahabat yatim berikut penjelasan Keutamaan Sedekah kepada Anak Yatim, Yuk budayakan gemar sedekah dalam kondisi apapun. Karena di antara ciri orang yang bertakwa adalah orang yang tetap bersedekah ketika sempit atau lapang, ketika suka maupun duka.

Anda dapat bersedekah untuk yatim dan dhuafa dengan cara klik tombol sedekah dibawah ini :

10 komentar untuk “Keutamaan Sedekah Muliakan Anak Yatim”

    1. Ternyata banyak ya keutamaan sedekah,
      Alhamdulillah.. bisa bersedekah kepada anak yatim di pondok yatim & dhu`afa
      Semoga bermanfaat di dunia dan akhirat.. Aamiin

  1. Masyallah tabarakallah Semoga kita serta anak keturunan semuanya dijadikan hamba yang dilapangkan rizkinya agar senantiasa melaksanakan zakat,infaq maupun shodaqoh aamiin ya rabbal alamin 😇🙏

  2. Syukrpn Lillah pak sudah mengingatkan tentang Keutamaan Sedekah dengan Muliakan Anak Yatim, Doakan Saya dan Keluarga Menjadi Orang² yg termasuk kedalam golongan Hamba Allah yg Gemar Bersedekah..

    Aamiiiin Allahumma Aamiiiinnnn… 😇😇😇

  3. Alhamdulillah Makasih Kak selalu memberikan Postingan² islami Terbaik Pada kami, Semoga Pondok Yatim dan Dhuafa Semakin Berkembang dan bisa Memuliakan Semua anakanak Yatim, Piatu maupun Dhua’fa …

    Insyaallah gajian Saya ajak teman² untuk bersedekah ke panti yah, Semoga bisa selalu mengajak kepada kebaikan dengan saling mengingatkan pentingnya Bersedekah, infaq, Zakat dan yg lainya..

  4. Wah alhamdulillah, postingannya bermanfaat bgt min. Buat orang awam kaya saya, baru tau jg ternyata manfaat sedekah banyak yaaa. Thanks for sharing min, semoga berkah ilmunya 👍

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top