Sedekah Kepada Anak Yatim - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Sedekah » Sedekah Kepada Anak Yatim
Sedekah Kepada Anak Yatim

Sedekah Kepada Anak Yatim

Sedekah kepada anak yatim – Bersedekah atau memberikan sebagian harta yang kita miliki kepada orang lain sangat dianjurkan dalam Islam karena akan mendapat pahala yang berlimpah. Salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan adalah dengan memberi sedekah kepada anak yatim.

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata:

“Aku dan orang-orang yang menyantuni anak yatim (kedudukannya) di dalam surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.

H.R. Bukhari

Dengan jaminan kedudukan yang mulia tersebut, tidak heran kalau Rasul menganjurkan untuk memperbanyak sedekah kepada anak yatim. Ketika memberikan sedekah untuk anak yatim, pahala akan terus mengalir. Anak yatim tentu perlu uluran tangan kita sebab tidak ada yang menjamin bagaimana akan masa depan mereka.

Anak yatim adalah seorang anak yang telah di tinggal mati oleh ayahnya dan tak mampu secara material serta sangat membutuhkan bantuan untuk dapat menjalani hidup mereka. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang berkecukupan hendaknya mengasihi serta mengayomi anak yatim.

Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya).” Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya

(QS. Saba’: 39).

Bagaimana Cara Memberikan Sedekah Kepada Anak Yatim?

1. Lihat di sekitar tempat kita tinggal

Bersedekah tidak harus jauh-jauh. Hal yang bisa di lakukan pertama kali adalah melihat lingkungan di sekitar rumah. Anda bisa meminta bantuan warga setempat ataupun ketua RT untuk memberi tahu dimana anak tersebut tinggal. Jika ada anak yatim dan dhuafa di sekitar Anda, maka santunilah mereka.

2. Mencari Panti Asuhan atau Yayasan Yatim dan Dhuafa Terpercaya

Cara berikutnya yang Anda dapat lakukan adalah mencari panti asuhan ataupun yayasan yatim dan dhuafa yang dapat dipercaya. Mengapa demikian? Karena pengelolaan dan pengumpulan harta akan dikelola dengan luas, baik zakat, infak ataupun sedekah akan disalurkan kepada yang berhak dan membutuhkan akan terdata lebih jelas.

Salah satu panti asuhan terpercaya adalah Pondok Yatim dan Dhuafa. Pondok Yatim & Dhuafa adalah sebuah Lembaga sosial ( Panti Asuhan / Rumah / Griya Yatim Piatu & Dhuafa ) yang berusaha memberikan pelayanan dan pengasuhan terbaik untuk anak – anak yatim , piatu dan dhuafa agar mereka tidak kehilangan kawalan dalam meraih masa depan cemerlang, sehingga kelak mereka menjadi generasi bangsa yang mandiri, bertaqwa dan memiliki akhlakul karimah.

Serta memberdayakan kaum dhuafa yang berfokus pada program pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kemanusiaan dengan dana ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf).

Kami akan terus berupaya untuk menjadi lembaga yang profesional dan dinamis karena kami sadar segala bentuk bantuan dan dukungan dari para dermawan adalah amanah yang tidak ringan harus kami emban dan kami pertanggung jawabkan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Cara bersedekah atau berdonasi di Pondok Yatim & Dhuafa sangat mudah dan bisa di lakukan secara online. Caranya, Anda bisa mengunjungi situs resmi kami, lalu salurkan dana bantuan Anda. Dana sekecil apapun sangat membantu bagi mereka yang membutuhkan khususnya anak yatim/piatu dan dhuafa.

18 komentar untuk “Sedekah Kepada Anak Yatim”

  1. Semoga tetap istiqomah ber ZIS disini. Dan mudah²an relawan/tinya dan anak² panti dimudahkan rizkinya serta diberikan kesehatan untuk keluarga besar ini. Sukses terus buat pondok yatim dhuafa.

  2. Peduli kpd anak yatim adalah kewajiban kits.maka mari menyayangi mereka dgn bijak….inshaa alloh kami akan berkunjung kembali di pyd berbagi kebahagiaan bersama anak2 yatim dhuafa

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top