Santunan Anak Yatim di Momen Lebaran Yatim - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Santunan Anak Yatim di Momen Lebaran Yatim
santunan anak yatim

Santunan Anak Yatim di Momen Lebaran Yatim

Muharam adalah bulan tarbiyah dan merupakan satu di antara empat bulan yang Allah SWT mewajibkan hamba-Nya untuk menghormatinya. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap tanggal 10 Muharram adalah hari yang khusus untuk anak yatim.

Pada bulan ini masyarakat Indonesia mengenal tanggal 10 Muharram atau hari Asyura dengan sebutan hari Yatama atau Lebaran Anak Yatim. Hari Yatama bukan berarti seperti lebaran Idul Adha ataupun Idul Fitri, melainkan bentuk rasa bahagian dan ungkapan syukur kepada Allah SWT dengan menyantuni anak-anak yatim & dhuafa.

Dalam Islam orang-orang yang menyantuni anak yatim akan mendapatkan posisi yang yang istimewa, Rasulullah SAW bersabda :

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini,”

kemudian beliau SAW mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau, serta agak merenggangkan keduanya

(HR. Bukhari, Shahih Bukhari, Sahl bin Sa’ad As-Sa’idiy: 5304).

Berdasarkan hadis di atas jelas sekali, pada bulan Muharram ini banyak sekali masyarakat yang berusaha mendapatkan pahala yang berlimpah salah satunya dengan menyantuni anak yatim. Menyantuni anak yatim dapat berupa apa saja, seperti memberi kado lebaran yatim yang berisi kebutuhan sekolah anak-anak.

Anda juga bisa memberikan santunan kepada anak yatim secara langsung ke panti asuhan terdekat, dengan begitu Anda dapat sekaligus bersilaturahmi kepada anak-anak yatim, piatu, maupun dhuafa. Dengan bersilaturahmi, Anda dapat melapangkan rezeki.

Mengunjungi panti asuhan juga bisa menumbuhakan rasa kekeluargaan. Setiap kali Anda berkunjung ke panti asuhan anak-anak akan merasa sangat senang, Dengan berkunjung ke panti asuhan juga, merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat waktu dan usia yang dimiliki sekaligus momen yang tepat untuk saling mendoakan serta memberi santunan kepada anak yatim.

Baca Juga : Bantu Panti Asuhan Yatim & Dhuafa

Silahkan Kunjungi Panti Asuhan Yatim & Dhuafa Terdekat dengan lokasi anda, Pondok Yatim & Dhuafa kini membuka Asrama untuk Anak Yatim & Dhuafa di  4 Kota Besar seperti Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Share Website Panti Asuhan ke Saudara, Sahabat dan Teman, Semoga menjadi Pahala Amal Jariya untuk Sahabat Yatim & Dhuafa.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top