4 Amalan Yang Mendatangkan Rezeki - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » 4 Amalan Yang Mendatangkan Rezeki

4 Amalan Yang Mendatangkan Rezeki

Rezeki ialah segala hal bermanfaat yang diberikan oleh Allah SWT untuk menjalani kehidupan di muka bumi. Rezeki juga bisa diartikan segala sesuatu yang dapat menunjang kelangsungan hidup manusia dan mengantarkan kepada kehidupan yang lebih baik lagi.

Nahh sahabat, berikut ini 4 amalan yang dapat mendatangkan rezeki :

1. Perbanyak sholat sunnah

Sholat sunnah yang dianjurkan untuk memperlancar rezeki adalah sholat sunnah dhuha dan sholat sunnah tahajud.

Waktu melaksanakan sholat sunnah dhuha adalah ketika matahari terbit hingga menjelang siang (antara pukul 06.30-10.00). Rasulullah SAW bersabda :

Wahai anak Adam, rukuklah (salatlah) karena Aku pada awal siang (salat Dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari

H.R. Trimidzi

Sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang sangat di anjurkan berikutnya. Secara etimologi kata tahajud berasal dari kata al-Hujud, yang berarti bangun dari tidur pada malam hari.

Sholat tahajud juga merupakan watu yang tepat untuk bermunajab mengharap ridho Allah SWT, karena pada waktu tersebut Allah SWT turun ke langit bumi untuk mencari hambanya yang berdoa kepadanya. Rasulullah SAW bersabda :

Rabb kita yang Maha Agung dan Maha Tinggi turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir.

Allah berfirman :

“Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni”

H.R. Bukhari dan Muslim

Dari hadis yang lain juga menjelaskan, Rasulullah SAW bersabda :

Amru Ibn ‘Abasah berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah Saw, “Ya Rasulullah! Malam apakah yang paling di dengar?”,

Rasulullah Saw menjawab, “Tengah malam terakhir, maka shalat lah sebanyak yang engkau inginkan, sesungguhnya shalat waktu tersebut adalah maktubah masyudah (waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoa maka didengar doanya)”

H.R. Abu Daud

2. Perbanyak istighfar di waktu sahur

Sahur merupaha salah satu waktu yang istimewa. Di waktu tersebut terdapat saat-saat istimewa untuk mohon ampun (istighfar) dan doa. Kesempurnaan istighfar di waktu ini diawali dengan kegiatan shalat malam. Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala,

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air. 

mereka mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik.

Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. 

Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).

Q.S. Az-Dzariyaat [51] : 15-18

3. Selalu bersedekah

Bersedekah pada dasarnya tak akan membuat kita miskin. Malah bisa jadi ada banyak keberkahan dan keajaiban yang terjadi di hidup kita kalau kita bersedekah.

Sedekah dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Sedekah juga tidak mengenal tempat maupun waktu, tidak pula harus selalu dalam bentuk uang ataupun barang. 

Sedekah dapat berupa apa saja, seperti membantu kerja bakti membersihkan lingkungan, mengajarkan anak yatim & dhuafa belajar ataupun yang paling ringan adalah memberi senyuman kepada saudara sesama muslim yang dalam kondisi sedih.

Oleh karena itu menjelang bulan muharram yang tak lama lagi tiba, mari kita perbanyak sedekah. Pada bulan tersebut segala amal perbuatan baik akan dilipatgandakan oleh Allah SWT

Terlebih lagi bersedekah kepada anak yatim. Rasulullah SAW bersabda : 

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim, (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.

(H.R Bukhari)

Berdasarkan hadis di atas, kedudukan orang yang menanggung atau yang menyantuni anak yatim, memiliki kedudukan yang mulia di sisi Rasulullah. Apalagi bersedekah kepada anak yatim pada bulan Muharram.

4. Dzikir pagi dan petang

Dzikir adalah bentuk amal ibadah yang senantiasa perlu dilakukan oleh seorang muslim. Karena makna dzikir sendiri adalah sebuah aktivitas ibadah umat Islam untuk mengingat Allah. Salah satu waktu dzikir yang disunnahkan adalah dzikir pagi dan petang.

Allah SWT berfirman :

Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.

Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.

Q.S. Al-Ahzab [33] : 41-42

Salah satu doa yang terkandung dzikir pagi dan petang untuk melapangkan rezeki adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Ya Allah, aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyyib dan amalan yang diterima

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top