Perbanyak Sedekah di Bulan Muharram - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Perbanyak Sedekah di Bulan Muharram
Perbanyak Sedekah Di Bulan Muharram

Perbanyak Sedekah di Bulan Muharram

Bulan Muharram adalah salah satu bulan yang istimewa dan dimuliakan oleh Allah SWT. Pada bulan ini banyak umat islam yang berlomba-lomba meraih kemuliaan pada bulan Muharram. Salah satu ibadah yang paling sering dilakukan pada saat bulan Muharram adalah bersedekah.

Ganjaran untuk orang yang bersedekah dengan ikhlas di bulan Muharam, Allah akan memberi kelapangan rezeki kepadanya dan keluarganya, lebih dari hari-hari biasanya dan bersedekah juga merupakan wujud rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT.

Allah SWT Berfirman :

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

Q.S Al-Baqarah [2] : 245

Dari ayat di atas dapat diambil kesimpulan bahwa, jika kita bersedekah maka Allah akan membalas berlipat ganda. Dilain ayat Q.S. Al-Baqarah [2] : 265 Allah SWT juga menyebutkan akan membalas orang yang bersedekah sebanyak dua kali (2x) lipat.

Sungguh Allah SWT adalah zat Yang Maha Baik. Mengapa demikian? Allah SWT memberikan kepada kita gambaran tentang balasan yang akan kita terima ketika kita bersedekah. Allah SWT berfirman:

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Q.S. Al-Baqarah [2] : 261

Sungguh dari semua pernyataan-pernyataan tersebut, pantas saja banyak sekali umat muslim yang berlomba-lomba dalam bersedekah terutama pada bulan Muharram. Bersedekah saja sudah memiliki balasan yang berlimpah yaitu dilipatgandakan sebanyak 700x lipat, apalagi pada bulan yang di berkahi seperti bulan Muharram ini.

Baca Juga : Seputar Zakat Profesi dan Cara Menghitungnya

Nilai ganjaran dari sedekah juga bisa bertambah jika bersedekah kepada anak yatim. Rasulullah SAW bersabda :

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim, (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.

(H.R Bukhari)

Dengan kedudukan istimewanya itu, ditambah dengan ganjaran yang akan di dapat ketika bersedekah, dan terakhir melakukan amal kebaikan pada bulan yang muliya, yaitu bulan Muharram. Tidak heran kalau umat Islam sangat bersemangat untuk melakukannya.

Dari semua pemaparan diatas dan penjelasan tentang manfaat bersedekah di bulan Muharram, tentu sangatlah sayang jika terlewat begitu saja. Apalagi bersedekah untuk anak yatim kini bisa dilakukan dengan mudah, seperti mendatangi panti asuhan secara langsung, ataupun bisa bersedekah online lewat  website resmi Pondok Yatim & Dhuafa 

Lengkapi amalan dan ibadah kalian dengan bersedekah online lewan Pondok Yatim & Dhuafa. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top