Amalan di 10 Hari bulan Dzulhijjah - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Amalan di 10 Hari bulan Dzulhijjah

Amalan di 10 Hari bulan Dzulhijjah

 

Terdapat sejumlah amalan yang dapat dilakukan ketika menjelang Idul Adha, terlebih pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Mari kita bahas :

1. Puasa Sunnah

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis kudsi :

Semua amal anak manusia untuk dirinya sendiri, kecuali shaum, karena sesungguhnya shaum itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya.

H.R. Bukhari dan Muslim

Dalam hadis yang lain Rasulullah SAW juga menjelaskan keutamaan berpuasa pada hari Arafah yaitu terdapat pada hari ke 9 di bulan dzulhijjah  yang artinya :

Shaum hari Arafah, aku mengharap Allah menghapuskan dengannya dosa satu tahun sebelumnya dan dosa satu tahun sesudahnya.

H.R. Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah

2. Haji dan umrah

Ibadah Haji dan umrah memiliki kedudukan penting dalam Islam. Namun dalam pelaksanaanya hanya di khususkan bagi siapa saja yang mampu, baik dari kondisi fisik ataupun kondisi hartanya. Rasulullah SAW bersabda :

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata :

Rasulullah SAW bersabda :

dari satu umrah ke umrah yang lainnya menjadi penghapus dosa di antara keduanya. Dan haji yang mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga.

H.R. Bukhari dan Muslim

Baca Juga : Yuk Qurban di Pondok Yatim & Dhuafa

3. Berqurban

Diantara salah satu sedekah yang paling baik ialah berqurban. Dengan berqurban teman-teman sekalian telah berpartisipasi dalam membantu pemerintah mengatasi kekurangan gizi. Rasulullah SAW bersabda:

Tidaklah seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang paling dicintai Allah pada hari Nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan qurban).

Hewan itu nanti pada hari Kiamat akan datang dengan tanduk, rambut dan bulunya. Dan pahala qurban itu di sisi Allah Ta’ala lebih dahulu dari pada darah yang menetes pada suatu tempat sebelum menetes ke tanah. Maka hiasilah dirimu dengan ibadah qurban.

H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah

4. Perbanyak sedekah

Sedekah ialah amalan yang penuh dengan keberkahan. Dengan bersedekah secara tidak lansung teman-teman sekaligus membagikan kebahagian yang dimiliki dalam bentuk apapun, sehingga orang lain merasakan kebahagiaan yang sedang kita rasakan. Rasulullah SAW bersabda :

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.

HR. Tirmidzi

Dengan bersedekah teman-teman sekalian akan dapat balasan dari Allah SWT berkali-kali lipat. Allah SWT berfirman :

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.

(Q.S. Al-Hadid [57] : 18)

5. Perbanyak sholat sunnah dan berdzikir

Aktivitas utama seorang muslim akan menjadi semakin mulia jika aktivitas tersebut bertemu dengan suatu momentum yang penuh dengan segala keutamaan (kemuliaan). Tepat pada 10 hari pertama pada bulan Dzulhijjah umat Muslim di seluruh penjuru dunia sangat dianjurkan untuk memperbanyak menunaikan sholat sunnah dan berdzikir.

Pada hari kesepuluh terdapat salat sunah yang sangat di anjurkan untuk melaksanakannya, yakni salat Idul Adha. Allah SWT berfirman :

Dirikanlah shalat dan berqurbanlah

(Q.S Al-Kautsar [108] : 2)

Baca Juga : Cegah Kerumunan, Masyarakat Dihimbau Qurban Via Online

Rasulullah SAW juga secara tegas memerintahkan kita memperbanyak dzikir. Rasulullah SAW bersabda :

Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah), karenanya perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di dalamnya,

H.R. Ahmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top