Sedekah di Kala Lapang & Sempit - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Sedekah di Kala Lapang & Sempit
Sedekah di waktu sempit dan lapang

Sedekah di Kala Lapang & Sempit

Sedekah selalu identik dengan orang-orang berkecukupan, yang selalu membagikan hartanya kepada kaum dhuafa. Kenyataannya setiap orang bisa bersedekah. Tidak hanya mesti dengan harta sedekah bisa dilakukan dengan apa saja, senyumpun bisa menjadi amalan sedekah. Rasulullah SAW bersabda :

senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah bernilai sesekah

H.R Abu Dzar

kita juga telah mengetahu kapan waktu terbaik untuk melakukan sedekah. Salah satunya adalah disaat waktu lapang dan sempit. Namun apa hikmah yang akan di dapat ketika kita melakukan sedekah dalam keadaan lapang maupun sempit? Mari kita bahas.

Sedekah yang terbaik

Sama-sama kita ketahui sedekah merupakan amalan yang mengandung pahala yang berlimpah, namun terdapat waktu yang paling terbaik (utama) yaitu ketika kita dalam kondisi sehat dan sangat berhasrat terhadap harta, lantas kita merelakannya untuk orang lain demi membantu sesama atau tegaknya agama Allah.

Rasulullah SAW bersabda :

Dari Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda :

Datang seorang laki-laki dan berkata kepada Nabi, Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling utama (terbaik)?”

Nabi SAW bersabda, “Engkau bersedekah dan engkau dalam keadaan sehat dan sangat menginginkan, engkau takut kefakiran dan menginginkan kekayaan, dan janganlah engkau lalai. Hingga apabila (napas) telah sampai di kerongkongan, engkau berkata: Untuk fulan sekian dan untuk Fulan sekian, dan telah menjadi milik Fulan!

H.R Bukhari

Jadi, dengan bersedekah, kita mengantisipasi diri dari sifat sombong dan boros. Sehingga rezeki yang kita dapatkan akan berlipat ganda.

Sedekah di waktu lapang

Bersedekah di waktu lapang sama artinya dengan sedekah saat kaya atau memiliki harta yang berlebih, ataupun dalam keadaan tuduh masih dalam kondisi sehat.

Dengan bersedekah pada saat tersebut harta kita akan dibersihkan, karena di setiap harta yang kita miliki terdapat hak dari orang lain atas hak kita. Allah SWT berfirman :

Dan pada harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.

(Q.S. Az-Zariyat [51] : 19)

Berdasarkan ayat diatas bahwasanya Allah SWT memerintahkan kita untuk saling peduli kepada sesama dengan cara berbagi lewat sedekah. Untuk itu, disarankan agar seseorang hendaknya melakukan sedekah di waktu lapang sehingga dapat bersedekah secara maksimal. Tentu untuk melakukan sedekah pada saat kondisi lapang bukanlah suatu hal yang susah.

Sedekah di waktu sempit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya sedekah adalah salah satu ibadah yang dapat dilakukan dengan cara apa pun, dan tidak terikat dalam bentuk apa pun.

Sedekah itu ada dua macam, yakni; sedekah biasa dan luar biasa. Sedekah biasa diberikan pada saat lapang dan rutin dilakukan. Adapun sedekah luar biasa, justru diberikan pada waktu susah atau kekurangan. Inilah sedekah yang paling tinggi ganjarannya.

Alquran menyebutkan bahwa tanda orang bertakwa itu mampu berinfak di waktu lapang dan sempit. Orang yang bersedekah di waktu lapang itu biasa. Tetapi, bersedekah di waktu susah itu luar biasa.

Allah SWT berfirman :

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

(Q.S. Ali-Imran [3] : 134)

Tidak ada kata “tidak bisa” untuk bersedekah. Jikalau tidak memiliki harta untuk di sedekahkan, maka sedekahkanlah ilmu yang bermanfaat, dengan mengajarkannya kepada anak yatim & dhuafa. jikalau tidak memiliki apapun untuk di sedekahkan, maka sedekahkanlah senyuman yang hangat kepada saudara sesama muslim

Hikmah sedekah di waktu lapang dan sempit

Dari pembahasan di atas, telah di jelaskan waktu terbaik untuk melakukan sedekah. Allah sangat mencintai seseorang yang ketika dalam keadaan lapang dan memiliki banyak harta lebih, ia rajin dalam menyedekahkan hartanya. Dan meskipun orang tersebut tidak lagi kaya atau dalam keadaan yang sempit, hal tersebut tidak menghentikannya dari melakukan sedekah.

Oleh karena itu, Orang yang bersedekah dalam waktu lapang dan sempit adalah orang yang istimewa bagi Allah SWT. Karena dengan bersedekah akan menghilangkan sifat sombong yang kita miliki serta membuktikan keimanan yang kita miliki.

Baca Juga : Keutamaan Sedekah untuk Anak Yatim & Dhuafa

Sedekah yang diberikan kepada anak yatim di panti asuhan tidak akan membuat harta berkurang. Sebaliknya, sedekah itu bakal membuka pintu rezeki lain yang bisa membuat harta semakin bertambah.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top