PYD - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » PYD
Bantu-Asrama-Untuk-Anak-Yatim-Piatu-Dhuafa

PYD

Pondok Yatim & Dhu’afa (PYD) merupakan Panti Asuhan / Lembaga Filantropi yang senantiasa berusaha memberikan pelayanan dan pengasuhan terbaik untuk anak-anak yatim, piatu dan dhuafa agar mereka tidak kehilangan kawalan dalam meraih masa depan cemerlang sehingga kelak mereka menjadi generasi bangsa yang mandiri, bertaqwa dan memiliki akhlakul karimah.

Berikut ini upaya yang dilakukan oleh PYD sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak yatim, piatu, & dhuafa :

1. Memberikan tempat tinggal yang nyaman

Bantu-Asrama-Untuk-Anak-Yatim-Piatu-Dhuafa

Rumah merupakan sebuah tempat manusia untuk tinggal dan melangsungkan kehidupannya berupa sebuah bangunan. Disamping itu juga rumah ialah tempat berlangsungnya proses pengenalan seorang anak tentang norma dan adat yang berlaku dalam suatu tatanan masyarakat.

Rumah juga difungsikan sebagai  tempat untuk beristirahat, berlindung, serta tempat untuk menikmati hidup. Dengan terciptanya rumah yang ideal maka secara otomatis penghuninya akan merasa nyaman dan betah, terutama untuk anak yatim, piatu & dhuafa.

Oleh karenanya kami menyiapkan tempat terbaik berupa asrama untuk anak-anak yatim, piatu & dhuafa yang kami asuh, agar merasa layaknya rumah sendiri.

2. Memberikan pengasuh yang berkualitas

Layaknya sebuah keluarga pada umumnya anak-anak asuh akan memiliki sosok seorang ayah dan ibu  yang akan merawat mereka selagi mereka tinggal di asrama. Sosok ayah dan ibu (pengasuh panti) itulah yang berperan penuh dalam pemenuhan kebutuhan fisik maupun psikologis anak.

Setiap pengasuh yang ditugaskan pasti memiliki pengetahuan tentang tahapan perkembangan anak, mengenali dan memahami gejala KDRT dan dapat memberi solusi, mencontohkan perilaku positif. Berkomunikasi dan bekerja bersama anak asuh baik secara individual maupun kelompok.

Memberikan saran dan semangat kepada anak asuh untuk berani memilih dan berpartisipasi dalam berbagai aspek kehidupannya, melakukan pengawasan dalam bentuk positif terhadap perilaku anak, menghargai setiap martabat anak serta menyediakan kebutuhan fisik anak.

Sebagai pengganti peran orangtua bagi anak asuh, mereka akan mengupayakan membangun relasi dan kedekatan dengan anak secara optimal, mendiskusikan isu dan masalah yang dihadapi anak, mencari solusinya, dan memberikan dukungan individual kepada anak.

3. Mencukupi kebutuhan gizi

Gizi seimbang merupakan faktor terpenting dalam pertumbuhan anak. Seorang anak akan tanggap dalam menyerap ilmu pengetahun juga merupakan pengaruh dari gizi yang seimbang. Jika anak-anak kekurangan asupan gizi, maka mereka akan mengalami sakit ataupun mereka dapat berujung pada kematian.

Kelebihan gizi juga merupakan hal yang kurang baik, justru akan menimbulkan obesitas untuk anak. Kondisi tersebut disebut juga malnutrisi. Kondisi malnutrisi dapat mengakibatkan keterbelakangan mental dan memberikan efek jangka panjang pada anak-anak.

Keadaan gizi yang baik merupakan salah satu faktor penting dalam upaya mencapai derajat kesehatan yang optimal. Diikuti dengan lingkungan asrama yang higenis, asupan makanan bergizi, dan pelayanan medical check up akan membuat anak asuh menjadi sehat.

4. Memberikan pendidikan yang berkualitas

Pendidikan mempunyai tugas untuk menghasilkan generasi yang baik, manusia-manusia yang lebih berbudaya, manusia sebagai individu yang memiliki kepribadian yang lebih baik. Dengan diberikannya pendidikan maka seorang anak akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Saat seorang anak telah terdaftar kedalam daftar anak asuh PYD mereka dapat menikmati pendidikan yang berkualias, mulai dari pendidikan karakter dan agama yang dibina di asrama hingga jenjang perguruan tinggi, sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki anak asuh.

5. Memberikan pelatihan life skill

Life skill adalah kemampuan dan keberanian untuk menghadapi problema kehidupan kemudian secara proaktif juga kreatif mencari serta menemukan solusi untuk dapat mengatasinya.

Life skills bukan hanya tentang menguasai suatu bidang melainkan harus memiliki kemampuan dasar pendukungnya secara fungsional seperti mambaca, menghitung, merumuskan, dan memecahkan masalah, mengelolah sumber daya, bekerja dalam tim, terus belajar mempergunakan teknologi.

Dengan demikian pembekalan life skills yang diberikan untuk anak asuh kami di setiap asrama adalah sebagai bekal dalam menghadapi dan memecahkan problema kehidupan, baik sebagai kehidupan pribadi yang mandiri, warga masyarakat, maupun sebagai warga negara dengan outputnya adalah mencapai apa yang menjadi tujuan hidupnya.

Maka melalui program PYD diharapkan dapat meningkatkan komponen perkembangan positif bagi anak asuh dalam hal kecakapan (skill), sikap kesopanan (attitudes), hubungan (relationships) dan identitas diri, serta berperan aktif dalam lingkungan sosial.

Silahkan Kunjungi Panti Asuhan Yatim & Dhuafa Terdekat dengan lokasi anda, Pondok Yatim & Dhuafa kini membuka Asrama untuk Anak Yatim & Dhuafa di  4 Kota Besar seperti Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Share Website Panti Asuhan ke Saudara, Sahabat dan Teman, Semoga menjadi Pahala Amal Jariya untuk Sahabat Yatim & Dhuafa.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: