Manfaat Daun Binahong - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Manfaat Daun Binahong
Manfaat Daun Binahong merah

Manfaat Daun Binahong

Daun binahong dikenal dengan nama Madeira vine dalam bahasa Inggris, dengan nama ilmiah Anredera cordifolia. Daun ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dan kawasan tropis di Amerika Serikat. Selain mudah ditemukan, manfaat daun binahong juga melimpah untuk kesehatan sampai kecantikan. Berikut adalah manfaat yang terkandung dalam daun binahong :

1. Mengobati luka bakar

Daun binahong Anredera cardifolia (sinonim Boussingaultia cordifolia) terbukti mujarab mengatasi luka bakar. Masyarakat  memang memanfaatkan daun binahong untuk membalurkan di atas luka bakar karena mengandungan saponin. Saponin bersifat  antibakteri sehingga cocok untuk pembasuh luka. Selain itu saponin binahong juga memacu pembentukan kolagen, protein yang berperan dalam penyembuhan luka.

2. Memulihkan stamina

Daun binahong juga memiliki kandungan cathecin, dapat membantu mengurangi efek peradangan otot setelah latihan. Daun ini cocok dikonsumsi oleh Anda yang sering menjalani aktivitas yang berat. Anda cukup merebus 1 daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih dan mengonsumsinya secara berkala.

3. Mengatasi asam urat

Daun binahong memiliki kandungan senyawa aktif yaitu flavonoid dan alkoloid yang dapat menangkal pekristalan asam urat didalam tubuh selain itu daun binahong juga memiliki kandungan anti inflamsi dan analgesik yang akan mencegah peradangan dan rasa nyeri.

Adapun isi kandungan yang lain dari daun binahong ini yaitu jenis alkoloid dan kholkisin selain untuk mencegah penyakit asam urat senyawa itu juga dapat mencegah terjadinya pembengkakan merah pada persendian dan juga radang persendian.

4. Mencegah kulit dari radikal bebas

 

Daun binahong mengandung antioksidan tinggi. Ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas, serta mengatasi kerusakan kulit. Untuk mendapat khasiatnya, konsumsi air rebusan daun binahong secara rutin. Kulit pun akan tampak lebih sehat dan bersinar. Untuk mendapat khasiat yang maksimal, disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin. Kulit pun akan tampak lebih sehat dan bersinar.

5. Mencegah kanker

Penyakit kanker menjadi salah satu momok paling mengkhawatirkan di dunia. Rata-rata kematian di dunia akibat kanker pada tahun 2018 mencapai 17 orang per 100.000 penduduk. Data dari Riskesdas, prevalensi kanker di Indonesia mencapai 1.79 per 1000 penduduk.

Daun binahong sebagai tanaman herbal yang mudah tumbuh di wilayah Indonesia, bisa dikonsumsi sebagai bentuk pencegahan terhadap berbagai jenis kanker. Daun binahong tinggi akan antioksidan pigmen karotenoid esensial, seperti betakaroten, zeaxanthin, dan lutein.

6. Mencegah penuaan dini

Daun binahong memiliki kandungan antioksidan, seperti lutein, Vitamin A, C, betakaroten, dan zeaxanthin yang berguna memberi perlindungan pada organ dan kulit Anda dari serangan radikal bebas.

Daun binahong juga dapat menjadi sumber vitamin A dan C yang baik. Vitamin A dan C sendiri memang dikenal dapat menjaga kulit agar tetap sehat. Kedua vitamin ini akan membantu kulit Anda menjadi lebih elastis, meremajakan kulit secara alami, dan tentunya mencegah penuaan dini.

7. Meningkatkan daya ingat

Kandungan akan folat dan vitamin B-kompleks yang terdapat dalam daun binahong dapat mendukung fungsi mental dan membuat otak tetap tajam. Kandungan lainnya yang berupa tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B lainnya juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12 sudah dihubungkan dengan munculnya risiko depresi, kelelahan, anemia, dan paranoia yang lebih tinggi.

Obati Segala Penyakit dengan Banyak Bersedekah

Silahkan Kunjungi Panti Asuhan Yatim & Dhuafa Terdekat dengan lokasi anda, Pondok Yatim & Dhuafa kini membuka Asrama untuk Anak Yatim & Dhuafa di  4 Kota Besar seperti Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Share Website Panti Asuhan ke Saudara, Sahabat dan Teman, Semoga menjadi Pahala Amal Jariya untuk Sahabat Yatim & Dhuafa.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: