Manfaat Tanaman Kumis Kucing - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Manfaat Tanaman Kumis Kucing
Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing atau nama lainnya Orthosiphon Aristatus, termasuk tanaman dari famili Lamiaceae. Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai obat alami dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan sampai kecantikan. Bertikut ini manfaat yang terkandung dalam tanaman kumis kucing :

1. Menyembuhkan penyakit infeksi saluran kemih

Kumis kucing bermanfaat untuk membersihkan traktat. Sehingga manfaat kumis kucing sangat efektif dalam melawan infeksi. Seseorang yang terkena penyakit ISK atau Infeksi Saluran Kemih biasanya disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing.

Cara pengolahan kumis kucing ada dua cara. Pertama bisa merebus 4-5 lembar dengan segelas air dan dimasak hingga mendidih. Air rebusan daun kumis kucing bisa diminum 3 kali sehari.

2. Mengatasi rematik

Ekstrak daun kumis kucing juga dapat mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan serta memelihara fungsi persendian. Sifat antiinflamasi dari daun kumis kucing mempercepat penyembuhan radang sendi.

Penyakit rematik kerap muncul dengan gejala peradangan yang memengaruhi struktur penghubung atau pendukung tubuh. Ini paling sering terjadi pada persendian dan kadang pada tendon, ligamen, tulang, dan otot. Beberapa penyakit rematik bahkan memengaruhi organ.

Cara untuk mendapatkan manfaat daun kumis kucing terbilang sangat mudah, hanya dengan merebus 5 lembar daun kumis kucing segar, daun meniran dan 3 gelas air putih hingga berubah warna. Dinginkan dan minum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.

3. Mengobati keputihan

Daun kumis kucing memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Salah satu penyebab keputihan yang paling umum adalah jamur dan bakteri. Bacterial vaginosis adalah infeksi bakteri yang cukup umum yang bisa menyebabkan keputihan. Ini menyebabkan peningkatan keputihan memiliki bau yang kuat. Infeksi jamur dan ragi juga menyebabkan keputihan berlipat ganda di luar kendali dalam situasi tertentu.

Caranya cukup mudah cukup dengan ambil 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun beluntas, 1 sendok jinten hitam, 10 biji kemukus dan air secukupnya. Kemudian rebus semua bahan tadi hingga mendidih. Minum 2 kali sehari secara rutin.

4. Mengobati gangguan ginjal

Daun kumis kucing selain bermanfaat untuk mengobati keputihan juga terkenal menyembuhkan penyakit ginjal. Menurut berbagai penelitian klinis, ramuan daun kumis kucing dapat mengobati berbagai infeksi seperti infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil dan batu kandung kemih.

5. Mencegah hipertensi

Kumis kucing memiliki kandungan Methylripariochromene A (MRC) yang berfungsi membantu merelaksasi otot dan memperbesar pembuluh darah. Rutin mengonsumsi ramuan kumis kucing juga dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, Methylripariochromene A juga diyakini bermanfaat dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium yang tinggi dalam tanaman ini juga bermanfaat untuk mengobati hipertensi, karena kalium membantu mengurangi efek sodium. Orang dewasa perlu mengonsumsi 4.700 miligram (mg) kalium sehari untuk terhindar dari risiko hipertensi.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: