Dahsyatnya Istighfar - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Dahsyatnya Istighfar

Dahsyatnya Istighfar

Dalam Islam Astaghfirullah berarti “Aku memohon ampunan kepada Allah”. Membaca Istighfar merupakan salah satu cara umat Islam agar terhindar dari perbuatan dosa. Tidak ada batasan kapan dan dimana umat Islam harus membaca Istighfar, Kapanpun kalimat Astaghfirullah bisa dibaca agar terhindar dari segala hal yang berbuntut dosa.

Tahukah Anda dahsyatnya sebuah kalimat istighfar hingga mampu mendatangkan banyak keutamaan dan manfaat, di antaranya sebagai berikut :

1. Diampuni dosanya

Allah SWT berfirman :

Dan mohonlah ampunan kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

QS Al Muzzammil [73]: 20

Sebab, setiap dosa meninggalkan noda hitam pada hati dan noda hitam itu bisa lenyap dengan istighfar.

2. Orang yang beristighfar dicintai Allah SWT

Istighfar bagi umat muslim adalah bertaubat kepada Allah SWT. Dan Allah SWT mencintai orang-orang yang bertaubat kepadanya. Rasulullah bersabda :

Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah SWT. Orang yang bertaubat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak mempunyai dosa.

(HR. Ibnu Majah).

Allah SWT juga berfirman dalam Al-Quran:

Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang menyucikan diri.

(QS. Al-Baqoroh : 222).

3. Dimudahkan segala urusannya

Rasulullah SAW bersabda :

Barangsiapa membiasakan diri untuk beristighfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

(HR Abu Daud no. 1520 dan Ibnu Majah no. 3951, dan di-dha’if-kan oleh Albani).

4. Dihapus kejelekannya dan diangkat derajatnya

Allah berfirman :

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

(QS An-Nisa’ [4]: 110).

5. Dibersihkan hatinya

Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

Seorang hamba apabila melakukan suatu kesalahan, maka dititikkan dalam hatinya sebuah titik hitam. Apabila ia meninggalkannya dan meminta ampun serta bertaubat, hatinya dibersihkan.

Apabila ia kembali (berbuat maksiat), maka ditambahkan titik hitam tersebut hingga menutupi hatinya. Itulah yang diistilahkan “ar raan” yang Allah sebutkan dalam firman-Nya (yang artinya), ‘Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka’.

6. Diturunkan hujan dan ditambahkan kekuatan

Allah SWT berfirman :

Dan (dia berkata): ‘Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa,’

(QS Hud [11]: 52).

Silahkan Kunjungi Panti Asuhan Yatim & Dhuafa Terdekat dengan lokasi anda, Pondok Yatim & Dhuafa kini membuka Asrama untuk Anak Yatim & Dhuafa di  4 Kota Besar seperti Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Share Website Panti Asuhan ke Saudara, Sahabat dan Teman, Semoga menjadi Pahala Amal Jariya untuk Sahabat Yatim & Dhuafa.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top