Inilah Keutamaan dan Bentuk Sedekah yang Perlu Anda Ketahui - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Inilah Keutamaan dan Bentuk Sedekah yang Perlu Anda Ketahui
Keutamaan Sedekah dan Bentuk Sedekah dalam Islam

Inilah Keutamaan dan Bentuk Sedekah yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Keutamaan dan Bentuk Sedekah yang Perlu Anda Ketahui – Sedekah atau yang juga dikenal dengan nama shadaqah adalah kegiatan beramal atau menginfaqkan sebagian harta di jalan Allah. Perlu anda ketahui bahwa shadaqah sendiri bukan hanya sekedar menyisihkan harta benda kita. Melainkan mencakup seluruh hal yang berkaitan dengan amalan baik. Ayat mengenai shadaqah ini juga dijelaskan dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah : 245.

Dalam ayat tersebut dijelaskan jika sedekah mempunyai artian menyisihkan atau mendermakan harta ke jalan Allah. Misalnya saja seperti mendermakan harta pada anak yatim, mengikuti lebaran anak yatim agar bahagia, dan sebagainya. Tujuan shadaqah ini tidak lain hanyalah untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT. Bershadaqah sendiri memiliki banyak keutamaan jika dilandasi keikhlasan tanpa mengharapkan imbalan.

Keutamaan Sedekah dalam Islam

  1. Mereka yang bershadaqah secara ikhlas tanpa mengharapkan imbalan akan memperoleh perlindungan dan juga naungan dari Allah SWT kelak saat hari kiamat.
  2. Mampu menjadi obat untuk beragam penyakit jasmani dan juga penyakit rohani yang dialami.
  3. Pahala orang yang bershadaqah akan dilipatgandakan oleh Allah SWT sebagaimana yang tertera pada QS. Al-Baqarah : 245
  4. Bershadaqah menjadi indikasi kebenaran dan tolak ukur iman
  5. Membersihkan dan mensucikan harta benda yang dimiliki dari hal-hal yang kotor
  6. Sebagai tanda ketaqwaan sebagaimana yang ada dalam QS. Al-Baqarah: 2 – 3
  7. Sebagai perisai dari siksa api neraka
  8. Pelindung umat saat berada di Padang Mahsyar
  9. Masuk ke dalam golongan 7 orang yang dinaungi dan mendapat perlindungan saat hari akhir

Itulah tadi beberapa keutamaan dari bersedekah yang perlu anda ketahui. Maka dari itu, selalu bersedekahlah dengan dilandasi rasa penuh keikhlasan agar mendapatkan balasan dari Allah SWT. Utamakan niat bersedekah hanya untuk membantu sesama umat, tanpa mengharapkan timbal balik, pujian, ataupun harta dari sesama manusia.

Bentuk Shadaqah yang mudah Dilakukan

1. Shadaqah Tenaga

Begitu banyak amalan baik yang bisa anda lakukan dengan menyumbangkan tenaga, di antaranya seperti membantu tetangga yang memiliki hajat, mengikuti kerja bakti bersama, mempersiapkan acara di RT/RW, dan lain sebagainya. Sedekah dalam bentuk pikiran pastinya akan sangat membantu orang lain, terutama mereka yang membutuhkan partisipasi orang lain.

2. Shadaqah Pikiran

Pikiran merupakan aset seseorang yang memiliki nilai mahal dan sangat penting, bahkan kegunaannya tidak bisa tergantikan oleh harta benda. Shadaqah berupa pikiran ini pun beragam, misalnya membantu adik belajar, menyumbangkan ide dan pendapat yang positif, dan lain-lain.

3. Menyingkirkan halangan saat di jalan

Mungkin anda pernah menemui halangan yang bisa menyebabkan gangguan saat berada di jalan. Seperti halnya paku, pecahan kaca, ataupun kulit pisang yang berserakan di jalan. Ternyata adanya gangguan ini bisa menjadi sarana bagi anda untuk bersedekah. Anda bisa menyingkirkan gangguan tersebut agar menghindarkan orang lain dari musibah. Hal ini seperti yang tertuang dalam hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim.

4. Shadaqah Ilmu

Bagi umat Islam pastinya sudah tahu bahwa ilmu menjadi amal jariyah yang pahalanya tidak akan putus ketika umat telah meninggal dunia. Membagi ilmu ini tidak harus menjadi seorang guru atau ustadz, melainkan bisa dimulai dari hal sederhana. Misalnya saja mengajari cara mengaji, membaca, cara memasak, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sedekahkan setiap ilmu yang anda miliki supaya kelak bermanfaat di hari akhir.

5. Shadaqah doa

Shadaqah doa perlu dilandasi rasa keikhlasan dengan niat yang baik untuk meminta pada Allah SWT. Seperti halnya memintakan kesembuhan bagi mereka yang menderita sakit, rizki yang cukup, selamat hingga tujuan, mengucapkan salam dan berbagai doa lain.

6. Shadaqah infaq

Infaq adalah menyisihkan harta pokok bagi mereka yang membutuhkan, baik itu zakat ataupun non zakat. Infaq bisa dilakukan dengan tujuan membantu sesama umat manusia, seperti infaq bencana alam, fakir miskin, anak yatim, dan amalan baik lain.

Demikianlah tadi bentuk sedekah yang bisa anda lakukan untuk menambah pahala dan keimanan pada Allah SWT. Bersedekah tidak hanya berupa harta benda saja, melainkan seluruh hal baik yang kita miliki dan bermanfaat bagi orang lain. Namun pastikan anda bersedekah dengan dilandasi rasa ikhlas, dan mengharap imbalan dari sesama manusia.

Baca Juga : Manfaat Sedekah

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: