Kunci Pendidikan Yang Baik - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Kunci Pendidikan Yang Baik

Kunci Pendidikan Yang Baik

Sekolah merupakan penyedia kebutuhan belajar seorang anak hingga dewasa. Namun, pendidikan bukan hanya tanggung jawab pihak sekolah saja. Untuk mendapat pendidikan yang baik perlu adanya keterlibatan orang tua, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menunjang pendidikan sang anak :

1. Sediakan Waktu Untuk Anak dan Jadilah Teman Terbaik Baginya

Selalu sediakan waktu yang cukup banyak bagi anak Anda. Pada umumnya ketika anak pulang mereka merasa stres akibat beban pelajaran, ulangan, maupun permasalahan disekolah lainnya.

Oleh karena itu sang anak butuh teman untuk meluapkan kejenuhannya selama melakukan aktivitas di sekolah. Melalui cerita yang di sampaikan sang anak, kita dapat mengetahui perkembangan lingkungan sekolah sehingga kita dapat tanggap untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Bekerja Sama Dengan Guru di Sekolah

Selalu jalin komunikasi yang baik dengan pihak guru di sekolah untuk dapat mengetahui perkembangan anak selama di sekolah. Cara terbaik untuk mengetahui kondisi lingkungan sekolah adalah berkunjung secara langsung ke sekolah.

Selalu hadiri acara pertemuan guru dan orang tua murid dengan begitu Anda dapat mengetahui info terkini tentang perkembangan anak.

Anda juga dapat bertanya secara langsung kepada wali kelas, terkait pelajaran, sikap, teman bermain, dan kehadiran sang anak. Hal tersebut dapat berguna jika sang anak bermuka dua, maka penjelasan dari guru tersebut dapat menjadi kunci untuk mengungkap hal-hal yang di sembunyikan sang anak,

3. Ajari Anak Rasa Tanggung Jawab dan Disiplin

Sekolah pada umumnya memberikan tugas kepada siswa dengan tujuan melatih tanggung jawab. Anda juga dapat meniru kegiatan yang dilakukan sekolah, dengan memberikan tugas rumah secara rutin kepada anak untuk melatih tanggung jawabnya.

Tugas yang dapat Anda berikan kepada anak seperti, mencuci piring, membersihkan kamar, membereskan tempat tidur. Kemudian terapkan lah kedisiplinan kepada anak. Berikan pemahaman kepada anak dampak baik dan buruk jika ia mengerjakan tugas rumah yang diberikan kepadanya.

Disiplin diperlukan untuk membantu penyesuaian pribadi dan sosial anak. Melalui disiplin anak dapat belajar berperilaku sesuai dengan cara yang disetujui dan sebagai imbalannya mereka dapat dengan mudah diterima oleh lingkungan sosialnya. Dengan begitu anak akan terbiasa untuk hidup lebih bertanggung jawab.

4. Dukunglah Setiap Kegiatan Positif Yang Anak Lakukan

Totalitas orang tua dalam memperhatikan segala aktivitas anak selama proses belajar sangat diperlukan agar anak mudah dalam menerima materi pelajaran sehingga anak mampu mencapai prestasi belajar yang maksimal. Anda dapat memberikan nasihat positif yang bertujuan memberikan semangat kepada sang anak.

5. Ciptakan Suasana Yang Nyaman Untuk Belajar
Suasana belajar yang tenang, intensif dan kondusif akan membuat anak senang dan bersemangat untuk belajar. Lain halnya dengan suasana belajar yang semrawut tentu akan membuat suasana belajar anak menjadi tidak tenang, tidak kondusif dan kurang efektif dan semua itu baik secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh serta berimbas pada menurunnya prestasi belajar yang dicapai.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top