Siapkan Kurban Terbaik di Idul Adha 2020 - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Siapkan Kurban Terbaik di Idul Adha 2020

Siapkan Kurban Terbaik di Idul Adha 2020

Tak terasa Lebaran Idul Adha 2020 akan tiba sebentar lagi,  Sahabat Yatim sudah siapkah qurban terbaik anda? Dalam Artikel kali ini, akan dijelaskan tentang hewan qurban yang disunnahkan oleh Rasulullah dan tips untuk memilih hewan qurban terbaik. Yuk siapkan kurban anda dengan qurban yang terbaik.

Qurban yang disunnahkan Rasulullah

Hewan qurban atau dalam bahasa Arab disebut udhiyah merupakan hewan ternak yang disembelih pada saat hari raya Idul Adha dan hari tasyriq. Hal ini dilakukan semata-mata hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Lalu bagaimana qurbann yang Rasulullah lakukan?

Diriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah bahwasanya dia berkata, “Saya menghadiri shalat idul-Adha bersama Rasulullah di mushalla (tanah lapang). Setelah beliau berkhutbah, beliau turun dari mimbarnya dan didatangkan kepadanya seekor kambing. Kemudian Rasulullah menyembelihnya dengan tangannya, sambil mengatakan: Dengan nama Allah. Allah Maha Besar. Kambing ini dariku dan dari orang-orang yang belum menyembelih di kalangan umatku” (HR. Ahmad)

Hewan yang dibolehkan untuk berqurban

Hewan yang dibolehkan sebagai hewan qurban atau udhiyah adalah hewan tertentu, yaitu sapi atau kerbau, kambing atau domba, ataupun unta, dan tidak boleh dari selain itu. Allah berfirman : “Dan bagi setiap umat Kami berikan tuntunan berqurban agar kalian mengingat nama Allah atas rezeki yang dilimpahkan kepada kalian berupa hewan-hewan ternak (bahiimatul an’aam).” (QS. Al Hajj : 34).

Para ahli tafsir, menafsirkan bahimatul an’am adalah hewan-hewan ternak yang sudah disebutkan diatas. Hal itu bukanlah persoalan harganya. Seorang ulama menegaskan hal tersebut dengan berkata, “Bahkan jika seandainya ada orang yang berqurban dengan jenis hewan lain yang lebih mahal dari pada jenis ternak tersebut maka qurbannya tidak sah. Andaikan dia lebih memilih untuk berqurban seekor kuda seharga 10.000 real sedangkan seekor kambing harganya hanya 300 real maka qurbannya (dengan kuda) itu tidak sah…” (Syarhul Mumti’, III/409).

Tips untuk memilih hewan qurban terbaik

Jika kita berqurban, maka berqurbanlah dengan qurban terbaik yang bisa kita dapatkan. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara untuk memilih hewan qurban terbaik. Inilah Tips untuk memilih hewan qurban terbaik.

1.       Pilih jenis hewan qurban

Yang pertama kali perlu dipastikan adalah jenis hewannya, seperti unta, kambing, domba, sapi, atau kerbau. Dari keutamaannya, 1 kambing atau domba itu hanya untuk 1 nama, 1 sapi atau kerbau itu bisa untuk 7 nama, sedangkan 1 unta itu bisa untuk 10 nama.

2.       Usia hewan qurban

Tips yang selanjutnya adalah hewan tersebut sudah cukup usia untuk dijadikan hewan qurban. Untuk kambing atau domba, usia cukupnya yaitu 12 hingga 18 bulan. Sedangkan sapi atau kerbau adalah 22 bulan. Kita bisa mengetahui usia hewan qurban dari jumlah giginya. Yaitu, giginya terlihat lebih gelap, artinya gigi hewan tersebut bukanlah gigi susu lagi, yang menandakan bahwa hewan tersebut sudah cukup umurnya.

3.       Hewan qurban tidak memiliki cacat

Salah satu syarat wajib hewan qurban adalah tidak memiliki cacat. Maka dari itu, harus betul-betul diperhatikan keadaan hewan tersebut. Pertama dilihat dari matanya yaitu tidak buta, dan kakinya tidak pincang.

4.       Pilihlah hewan qurban yang sehat

Terdapat cara untuk membedakan hewan qurban yang sehat dan tidak sehat. Pertama adalah matanya terlihat cerah, tidak merah dan juga tidak berair. Kedua, pada bagian hidungnya terlihat basah dan berair. ketiga, bulunya bersih dan tidak kusam. Lalu keempat, hewan tidak terlihat lemas dan tidak nafsu makan. kelima, hewan tidak diare. Keenam, nafasnya tidak melengking atau terdengar sesak. 

5.       Cari tempat peternakan yang bersih dan berkualitas

Hewan qurban yang diternak di peternakan yang bersih lebih terjaga dari penyakit-penyakit. Selain itu, makanan yang dikonsumsi oleh hewan tersebut juga baik. Sehingga di dalam daging hewan tersebut tidak terdapat hal yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Baca Juga : Ibadah Qurban 2020

Jika Sahabat bingung untuk mencari tempat yang terpercaya untuk berqurban, Pondok Yatim & Dhuafa akan menyalurkan donasi qurban Sahabat Yatim & Dhuafa. InsyaaAllah semoga berkah.

Berikut hal-hal seputar hewan qurban yang mesti kita ketahui sebelum membeli hewan qurban. Semoga hari raya Idul Adha ini kita dapat Berqurbanlah dengan Qurban Terbaik, dan qurban yang Sahabat berikan akan menghadirkan keberkahan di dunia dan di akhirat. Aamiin…

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top