Tempat Bayar Zakat di Kota Jakarta - Pondok Yatim & Dhuafa
Home » Blog » Tempat Bayar Zakat di Kota Jakarta

Tempat Bayar Zakat di Kota Jakarta

Membayar zakat adalah salah satu rukun Islam. Diriwayatkan dari Abdullah, bahwa Rasulullah bersabda, “Islam dibangun di atas lima dasar, yakni bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah, mendirikan salat, menunaikan zakat, mengerjakan haji, dan berpuasa pada bulan Ramadan.” (H.R. Muslim).

Setiap Ramadan tiba hingga menjelang salat id di Idul Fitri, seorang muslim yang masih hidup, wajib untuk membayar zakat fitrah. Dalam sebuah hadis, disebutkan Rasulullah mewajibkan zakat fitrah di bulan Ramadan kepada manusia yaitu satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum kepada setiap orang merdeka, budak laki-laki atau orang perempuan dari kaum Muslimin.” (H.R. Bukhari)

Tempat Bayar Zakat di Kota Jakarta / Provinsi Dki Jakarta

Bagi umat muslim di Kota Jakarta / Dki Jakarta pembayaran zakat dapat dilakukan di Kantor Badan Amil Zakat (Baznas) atau Lembaga Penerima Zakat resmi dengan cara datang secara langsung atau via online.

Ketentuan, Perhitungan, dan Cara Bayar Zakat Fitrah dan Mal Zakat dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu zakat nafs (jiwa) atau zakat fitrah, dan zakat mal. Masing-masing zakat memiliki ketentuan dan penghitungan berbeda.

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah wajib ditunaikan seorang muslim dan muslimah ketika Ramadan hingga menjelang salat hari raya Idul fitri. Jika zakat fitrah dibayarkan setelah salat id, maka zakat tersebut tidak dianggap sebagai zakat, melainkan sedekah semata. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw telah mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan diri orang yang berpuasa dari perkataan yang sia-sia dan kotor serta untuk memberi makan kepada orang-orang miskin.

Barangsiapa yang menunaikannya sebelum salat id, maka itu adalah zakat yang diterima, dan barang siapa yang menunaikannya sesudah shalat id, maka itu hanyalah sekadar sedekah. ” (H.R. Abu Dawud)

Besaran satu sha’ untuk zakat fitrah adalah empat kali tangkupan dua tangan. Oleh karenanya, besaran tersebut sulit dikonversikan ke dalam ukuran berat. Namun, menurut Badan Amal Zakat Nasional (Baznas), besaran zakat fitrah adalah 2,5 kg atau 3,5 liter makanan pokok setiap jiwa. Selain itu, jenis dan kualitas makanan pokok yang dizakatkan sama dengan makanan pokok yang biasa dimakan sehari-hari. Makanan pokok ini dapat diganti dengan uang yang jumlahnya setara.

2. Zakat Mal

Zakat mal adalah zakat yang dibayarkan atas kepemilikan harta ketika sudah mencapai nishab. Zakat ini meliputi zakat penghasilan, pertanian, perniagaan, pertambangan, hasil ternak, emas, perak, dan sebagainya. Berbeda dengan zakat fitrah, pembayaran zakat mal ini harus segera dilaksanakan, dan tidak ditunda-tunda ketika syarat wajib zakat sudah terpenuhi. Dikutip dari Baznas, untuk zakat penghasilan, nishabnya adalah 524 kilogram atau dalam kisaran Rp 5.240.000,00.

Sementara itu, zakat emas diterapkan ketika muzakki memiliki nishab 85 gram emas, jika perak dengan nishab 595 gram. Zakat yang dibayarkan adalah 2,5 persen dari emas/perak yang dimiliki. Untuk zakat perdagangan, nishabnya adalah 85 gram emas, dengan tarif zakat 2,5 persen dan sudah mencapai setahun. Cara menghitung zakatnya adalah dengan mengalikan tarif zakat itu dari aset lancar dikurangi utang jangka pendek.

Baca juga artikel terkait : Bayar Zakat Penghasilan

 

Sumber : Tirto. id

Share Artikel ” Bayar Zakat di Jakarta ” kepada keluarga, sahabat dan teman. Semoga menjadi Amal Jariyah Sahabat Yatim di manapun kalian berada.

Bayar Zakat Profesi, Zakat Penghasilan, Zakat Mal, Infaq dan Sedekah. Anda Bisa Kunjungi Kantor Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah terdekat.

41 komentar untuk “Tempat Bayar Zakat di Kota Jakarta”

  1. Alhamdulillah setiap bulan bisa bayar zakat di pondok yatim dhuafa. Mohon doanya semoga covid-19 bisa segera berakhir dan usaha saya bisa pulih kembali. Aamiin

  2. wah terimakasih pondok yatim buat penjelasan ttg zakatnya. bahasanya gampang dimengerti buat org awam kaya saya yg baru tau apa itu zakat dari artikel ini. smoga makin berkah 👍👍

  3. Pondok yatim dhuafa lembaga amil zakat yang amanah menyalurkan donasi dari para donatur. Insya Allah. Sejak saya masih kuliah sampai sekarang kerja di lembaga pemerintahan anak anak asuhnya terus mendoakan saya dan keluarga

  4. Insya Allah pulang kerja saya sempetin mampir ke asrama pondok yatim dhuafa. Mohon doanya semoga saya bisa terus bersedekah untuk anak yatim di sini

    1. ada ka..silahkan kunjungi asrama tanjung barat yg berlokasi di
      jln nangka 16a rt004/05 jagakarsa tanjung barat jsksel Bang

  5. MasyaAllah jadi lebih faham makna dan manfaat dari zakat . Jazzakumullah khairan katsir pondok yatim & dhuafa atas ilmunya .:)

  6. Masyaallah Alhamdulillah Aku jadi tau tempat Panti yatim di Daerah Jaksel Jagakarsa deket rumahku, jadi gak jauh² lagi dan Penyalurannya akan Tepat sasaran 😍😍😍

    Jazakillah Khairan Katsir kak 🙏

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: