Jus Buah dan Sayur untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan adalah aset berharga pada manusia. Beragam cara dilakukan agar manusia tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari penyakit, diantara cara menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman melalui olahan yang sehat seperti mengkonsumsi jus buah dan sayur.

Kesehatan Itu Penting

Hari ini kita banyak menyaksikan orang-orang rela mengeluarkan banyak harta demi meraih kesehatan karena setelah merasakan sakit manusia baru sadar betapa pentingnya sehat. Dari waktu ke waktu zaman semakin berubah begitu juga pola hidup yang ada semakin berubah mulai dari aktivitas harian yang padat, polusi udara yang kian lama tercemar, makin berjamurnya makanan dan minuman instan yang lambat laun akan membawa dampak bagi kesehatan tubuh.

Menyadari berharganya kesehatan, hendaknya kita mampu mengubah pola hidup sesuai dengan pedoman kesehatan, hal ini bisa dimulai dari mengubah pola makan yakni memilah dan memilih makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan serta pengolahannya juga tetap dalam koridor yang sehat.

Jus Buah dan Sayur untuk Kesehatan Tubuh

Jus Buah dan Sayur untuk Kesehatan Tubuh

Berdasarkan literatur terdahulu, tanaman buah dan sayur sudah sering digunakan sebagai bahan makanan serta bahan obat-obatan untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit, ini karena kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh semua telah tersedia di dalam buah dan sayur. Selain itu, dari penelitian yang dilakukan oleh pakar biologi juga menunjukkan bahwa banyak buah-buahan dan sayur-sayuran tidak hanya mengandung vitamin dan mineral tetapi juga mengandung zat non-gizi yaitu serat dan fitokimia yang bermanfaat menetralkan radikal bebas.

Hippocrates, bapak pengobatan modern mengatakan, “Siapa saja yang meminum satu gelas jus jeruk atau limau sekali seminggu di pagi hari maka ia bisa menjaga dirinya bebas dari penyakit apapun.”

Pemilihan mengonsumsi jus sebagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh juga didasarkan oleh penelitian dari Dr. Louis Kulne dalam bukunya “The New Healing” yang menyatakan, "bahwa akumulasi racun dalam tubuh manusia adalah akar penyebab semua penyakit. Akumulasi semacam ini diserap kembali di dalam aliran darah sehingga itulah yang menyebabkan terjadinya penyakit-penyakit di dalam tubuh. Jadi metode yang tepat untuk tetap bebas dari penyakit adalah dengan membuang racun di seluruh tubuh dengan cara mengonsumsi buah segar atau jus buah dan sayuran di pagi hari.”

Baca Juga Manfaat Buah Mangga

Mengapa Harus Jus?

Buah dan sayuran merupakan suplemen alami untuk tubuh, elemen-elemen alami yang dihasilkan dari buah-buahan dan sayur mayur sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dan sel-sel tubuh lainnya karena di dalamnya tersimpan vitamin, mineral dan enzim. Lalu, mengapa harus diolah dengan cara di-jus?

1. Jus Sebagai Alternatif

Jus Buah dan Sayur

Tubuh manusia dirancang untuk menerima makanan yang masih alami dan segar. Makanan berfungsi sebagai pembangun kesehatan tubuh, oleh karena itu mengkonsumsi bahan makanan segar seperti buah dan sayur akan semakin mendukung terjaganya tubuh dari penyakit. Namun, mengkonsumsi buah dan sayur dalam bentuk utuh terkadang membosankan terlebih bagi mereka yang baru memulai untuk mengkonsumsi makanan sehat akan sangat berat jika harus dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Maka ini bisa diatasi dengan adanya food processor seperti juicer.

Seorang dokter terkenal di swiss yang bernama Bircher Banner membuka pusat perawatan alami di Zurich, swiss. Ia menggunakan terapi jus buah dan sayuran sebagai salah satu terapinya. Dengan begitu, jus bisa dijadikan alternative untuk dapat mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah banyak dan tetap terasa nikmat.

2. Jus Mudah Dicerna

Jus selain sebagai alternatif untuk mengonsumsi buah dalam jumlah banyak, juga sebagai olahan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga zat-zat vitamin akan sangat mudah diserap. Tidak hanya itu, pilihan meminum jus setiap hari setidaknya telah menghemat energy vital dalam tubuh dan memberikan zat gizi yang banyak.

3. Jus adalah Cara Konsumsi Buah dan Sayur yang Menyenangkan

jus buah dan sayur

Mengubah pola hidup sehat tidaklah mudah, diperlukan konsistensi yang kuat. Dan cara yang paling mudah adalah dengan meminum jus. Meminum jus buah dan sayur di pagi hari adalah aktivitas yang menyenangkan karena kita bisa mengkombinasikan buah dan sayur untuk dikonsumsi dalam satu waktu. Tentu ini akan menghemat energy dan waktu sekaligus memberikan bonus kesegaran tubuh dan pikiran serta menyehatkan.

Mengkonsumsi jus buah dan sayur bisa dijadikan pilihan untuk menjalankan hidup sehat yang menyenangkan. Mari tetap jaga kesehatan tubuh untuk hidup yang lebih baik.